Berikut Syarat dan Cara Meminjam Uang di Bank

in , , ,
Cara meminjam uang di bank dan syarat pinjam uang di bank by teknodaim

Dalam Usaha atau bisnis, salah satu kendala kita yang paling sering terjadi adalah kekurangan modal uang. Kondisi tersebut tak jarang memaksa kita harus memilih jalan pinjam uang ke keluarga. Jika tidak dapat, alternatif lainnya adalah cara meminjam uang di Bank dan apa syarat pinjam uang di bank? Mari kita bahas.

Cara Pinjam Uang di Bank

Selain kekurangan dana untuk modal usaha, faktor lainnya yang harus mendorong kita memilih jalan pinjam uang adalah karena terkena musibah, ataupun kebutuhan pribadi penting lainnya. Sebelum pinjam, pahami ini:

Apa itu bank? Menurut Undang-undang nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, bank adalah lembaga badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakatnya dalam bentuk kredit dan atau dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Cara meminjam uang di bank dan syarat pinjam uang di bank by teknodaim 1
Gambar: Kredivo ID

Lebih disarankan untuk lebih memilih pinjaman di bank karena lebih aman di bandingkan dengan meminjam ke lembaga keuangan lainnya. Apalagi Rentenir.


Hal yang Perlu Diperhatikan:

Sebelum mulai menyiapkan diri untuk melakukan pinjaman di bank, cek terlebih dahulu status finansial kamu. Ada dua jenis produk kredit dari pihak bank, diantaranya KMB atau Kredit Multiguna dan KTA atau Kredit Tanpa Agunan.

Kredit Multiguna adalah produk kredit yang membutuhkan jaminan seperti sertifikat rumah, surat tanah, surat kendaraan bermotor, dan aset lainnya.

Sedangkan Kredit Tanpa Agunan adalah produk kredit yang tidak membutuhkan jaminan atau agunan untuk meminjam uang di bank.

Bedanya, KMB adalah jenis pinjaman untuk dana dalam jumlah atau nominal yang besar, serta wajib mempunyai aset sebagai jaminan. Sedangkan KTA adalah sebaliknya, kita hanya bisa meminjam dana dalam jumlah kecil dan terbatas.


Bunga Pinjaman

Cara meminjam uang di bank dan syarat pinjam uang di bank by teknodaim 2
Gambar: Line Today

Kemudian bunga akan hutang dari pinjaman. Ketahuilah, setiap bank punya ketentuan dan ketetapan bunga atau biaya berbeda masing-masing. Maka dari itu sebelum masuk ke syarat pinjam uang di bank, kenali bunganya terlebih dahulu.

Saat meminjam uang, kamu harus mematuhi dan menjalankan Kolektibilitas Kredit dengan baik. Ada 5 kualitas Kolektibilitas bank, masing-masing meliputi:

  • #1 Status Lancar: Debitur membayar tagihan dengan lancar dan tepat waktu.
  • #2 Status Dalam Perhatian Khusus (DPK): Debitur menunggak pembayaran atau tagihan selama 1 hingga 90 hari.
  • #3: Status Kredit Kurang Lancar: Debitur menunggak pembayaran atau tagihan selama 91 hingga 120 hari.
  • #4 Status Diragukan: Debitur menunggak pembayaran selama 121 hingga 180 hari.
  • #5 Status Macet: Debitur menunggak pembayaran tagihan selama lebih dari 180 hari.

Syarat yang Dibutuhkan:

Setelah memahami poin-poin sebelumnya, sekarang kita masuk ke persayaratan yang dibutuhkan sebagai cara meminjam uang di bank. Pinjam uang di bank bisa secara offline maupun online. Dokumen dan syarat yang diwajibkan meliputi:

  • Berstatus Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia Minimal 21 tahun.
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Fotokopi Buku Tabungan atau Rekening Koran
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Fotokopi Slip Gaji (beberapa bank menetapkan jumlah minimal gaji yang diperbolehkan meminjam uang di bank)
  • Fotokopi Akta Nikah
  • Surat Keterangan Domisili
  • Dokumen penyerahan agunan/jaminan (khusus produk KMG)

Jika persyaratan dan dokumen yang diperlukan sudah ada. Kamu sebagai calon debitur dapat mengajukan pinjaman dengan datang langsung ke kantor bank dan menemui Customer Service atau bisa melalui layanan online resmi yang tersedia.


Baca Juga: Cara Mendaftar Jadi Driver Gojek Online (Grab)


Untuk meminjam uang secara online, kamu bisa melakukannya melalui Financial Aggregator. Jika syarat dan ketetapan dari bank terasa sulit atau tidak dapat kamu penuhi, mungkin kamu bisa memilih opsi kedua yaitu pinjam uang ke lembaga non-bank seperti Koperasi. Itulah cara pinjam uang di bank, sekian dan semoga bermanfaat,


Referensi: Mas Tekno

What do you think?