Tips Untuk Memilih VGA Card Gaming yang Baik dan Cocok Untuk Kebutuhanmu

in , , ,
Cara memilih vga gaming terbaik by teknodaim

Sebagai salah satu komponen yang penting, VGA Card atau kartu grafis memang sangat perlu diperhatikan. Mulai dari performa, kualitas serta kuantitasnya. Apalagi bagi para penggiat game, tentu memerlukan VGA Card yang menghasilkan gambar tajam serta FPS tinggi. Lalu gimana cara memilih VGA gaming yang baik?

Tips Memilih VGA Card yang Berkualitas Buat Aktivitas Game

VGA Card bukan hanya berdampak pada kualitas gambar yang dihasilkan, tapi juga menentukan apakah sebuah game sanggup dimainkan atau tidak di PC.

Jika sebuah VGA yang terpasang pada komputer tidak cocok dengan minimum spesifikasi game yang akan dimainkan, maka akan terjadi hang dan resiko kerusakan pada komputer. Berikut tips-tips cara memilih VGA gaming yang baik:


Pilih Tipe Memori Versi Terbaru

Cara memilih vga gaming terbaik by teknodaim 1

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kinerja dan kecocok VGA Card pada motherboard serta prosesor adalah tipe memori VGA. Yaitu tipe DDR atau GDDR dari suatu VGA. Berbagai varian menjadi bahan pertimbangan pengguna PC.

Setiap tipe memori akan punya pengaruh kecepatan transfer prosesor ke motherboard kemudian ke VGA yang berbeda-beda. Tipe memori pada VGA Card sendiri antara lain adalah DDR1, DDR2, DDR3, DDR4, dan DDR5.

Sedangkan untuk GDDR, yang paling terbaru adalah level GDDR5. Nah bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman gaming yang super, direkomendasikan untuk memilih tipe terbaru saat ini yaitu GDDR5. Tapi pastikan GPU memadai.

Cara memilih vga gaming terbaik by teknodaim 2
Gambar: VGA Card yang Berkualitas dari ASUS

GPU bagian dari VGA Card yang bisa dibilang sebagai prosesor atau otaknya VGA Card itu sendiri. GPU memanajemen hampir seluruh proses yang ada dalam VGA. Saat ini GPU yang memiliki banyak peminat ada seperti AMD Radeon dan Nvidia.

Untuk kelas game di era saat ini. VGA Card terbaik yang direkomendasikan salah satunya adalah GTX 1050 dengan Core Speed 500MHz dan boost speed 980MHz. Atau jika punya budget yang sedikit lebih, mungkin bisa pilih RTX 2060 series.


Baca Juga:


Core Speed dan Memory Clock Speed

Core speed juga sangat memengaruhi performa sebuah VGA Card. Maka dari itu, dalam memilih VGA Card! Cobalah untuk mengecek berapa maksimul core speed GPU dari VGA itu. Core Speed ada 2 jenis, diantaranya base mode dan bost mode.

Kemudian memory clock speed yang mirip dengan core speed. Namun memory clock speed lebih ke tingkat kecepatan pada memori VGA dalam membaca data dan informasi. Semakin cepat clock speed, maka akan semakin bagus hasilnya.

Memori clock speed menggunakan satuan yang sama yaitu MHz.


Jangan Terpaku dengan Bit Pada VGA Card

Bagi yang salah kaprah, akan beranggapan kalau Bit yang besar memengaruhi performa VGA, padahal hal tersebut tidaklah benar. Sebuah uji coba dari ahli menggunakan beberapa varian VGA antara DDR5 bus 64bit dengan DDR3 128bit.

Hasilnya uji coba tersebut ternyata menunjukan malah lebih cepat DDR5 64bit dibanding DDR3 128bit karena menggunakan teknologi yang lebih maju. Intinya, semua kembali ke apakah sebuah VGA Card itu produk versi baru atau bukan.


Jangan Terpaku Besarnya Memori

Besarnya kapasitas memori pada VGA Card juga bisa dikatakan bukan karena besarnya memori, tetapi tipe memori VGA pada PC. Apakah DDR5 atau DDR3.

Kapasitas memori VGA hanya digunakan untuk buffering saat GPU merender gambar. Semakin tinggi resolusi tampilan atau semakin banyak tekstur dalam game, maka kapasitas memori yang dibutuhkan akan semakin banyak.


Sesuaikan dengan Budget

Jika kamu memang menginginkan VGA Card yang mampu mengangkat game favorit yang ingin kamu mainkan, sesuaikan dengan rekomended spesifikasi dari game tersebut. Jika hanya untuk aktivitas ringan, maka sebaiknya tunda saja dulu.

Selain itul, jangan hanya fokus untuk memilih Brand A dan Brand B. Tetapi lihat perbandingannya secara garis besar. Spesifikasi dan versi varian terbaru VGA Card baru yang mereka keluarkan. Sekian saja tentang cara memilih VGA Gaming.


Saat ini, Vendor berbagai terkenal terus menghadirkan terobosan terbaru untuk komponen atau hardware para gamers seperti Prosesor dan VGA Card. Kalau mau dapat VGA Card berkualitas dan worth it pada waktu ya lama, coba RTX 2060 deh.


Referensi: Mas Tekno

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *