Pengertian VPS (Virtual Private Server), Keunggulan dan Fungsinya dalam Web Hosting

Neli Rahmawati

Neli Rahmawati

Bagi kamu yang memiliki website dengan banyak pengunjung, ada baiknya untuk mempertimbangkan dan beralih dari shared hosting yang harganya murah ke VPS (Virtual Private Server).

Pengertian VPS (Virtual Private Server): Manfaat dan Keunggulannya

VPS adalah sebuah istilah yang akrab bagi kita semua, terutama bagi pengguna internet yang aktif. Ketika kita menggunakan internet untuk mencari informasi, kita sering mengunjungi berbagai website yang muncul dalam hasil pencarian Google hingga kita menemukan informasi yang kita inginkan.

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan dunia internet, istilah “website” mungkin sudah sangat akrab. Terutama bagi mereka yang kuliah atau bekerja di bidang IT. Tidak hanya sering mengunjungi berbagai website, mereka juga belajar untuk membuatnya.

Membuat suatu situs web tidaklah sederhana. Bagi orang yang tidak terbiasa, minimal harus mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Selain itu, umumnya sebuah situs web menggunakan beberapa bahasa pemrograman seperti HTML, PHP, dan JavaScript yang terlihat membingungkan bagi orang yang belum terbiasa atau baru belajar.

Setelah selesai membuat website, pekerjaan kita belum selesai. Langkah selanjutnya adalah membuat website tersebut dapat terakses secara online. Untuk melakukannya, kita perlu melakukan hosting.

Banyak orang biasanya memilih shared hosting yang harganya terjangkau, hanya beberapa ratus ribu rupiah. Namun, karena harganya murah, shared hosting memiliki batasan, seperti jumlah pengunjung website dalam jumlah tertentu.

Bagi kamu yang memiliki website dengan banyak pengunjung, ada baiknya untuk mempertimbangkan untuk beralih dari shared hosting yang harganya murah ke VPS. Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sebenarnya VPS itu? Berikut ini adalah penjelasan mengenai VPS yang perlu kamu ketahui!

Baca Juga: Mau Tau 3 Cara Membuka Situs Diblokir Tanpa VPN? Begini Caranya

Pengertian VPS

Pengertian VPS (Virtual Private Server), Keunggulan dan Fungsinya dalam Web Hosting

Pada prinsipnya, Virtual Private Server (VPS) adalah salah satu bentuk layanan web hosting yang memungkinkan pembuatan sebuah website yang dapat terakses secara online oleh banyak pengguna. Namun, VPS memiliki perbedaan dengan shared hosting karena VPS adalah server pribadi yang hanya digunakan oleh satu pengguna saja.

Web hosting ini memberikan keleluasaan yang lebih dan juga lebih aman karena semua sumber daya hanya akan terpakai oleh situs web kamu sendiri tanpa perlu berbagi dengan orang lain. Walaupun demikian, VPS sebenarnya tidak sepenuhnya pribadi. Hal ini karena meskipun kamu memiliki sumber daya pribadi, namun server fisiknya tetap berbagi dengan orang lain. Pembagian ini dilakukan oleh penyedia VPS menggunakan perangkat lunak.

Server fisik bisa dibandingkan dengan sebuah rumah, sedangkan VPS adalah kamar-kamar di dalam rumah tersebut. Ketika menggunakan VPS, artinya kita menyewa satu kamar untuk keperluan pribadi. Karena kamar tersebut adalah milik pribadi, kita memiliki privasi dan bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan kita.

Umumnya, orang yang baru memulai hosting sebuah website akan cenderung memilih shared hosting. Alasan utamanya adalah karena shared hosting memiliki harga yang lebih terjangkau.

Namun, seiring berjalannya waktu, jumlah traffic website akan meningkat sehingga shared hosting tidak lagi mampu menampungnya. Pada saat seperti ini, VPS menjadi pilihan yang kamu butuhkan, terutama untuk website populer yang memiliki banyak pengunjung.

BACA JUGA:  Mengenal VPS yang yang Lebih Legit dari Cloud Server Biasa!

Baca Juga: Begini Cara Membuka Situs Diblokir Tanpa VPN

Fungsi Utama VPS

Setelah membaca penjelasan di atas, pasti kamu sudah memahami tentang apa itu VPS. Secara dasarnya, VPS adalah jenis web hosting yang mirip dengan shared hosting, yang memungkinkan website kamu tampil secara online dan dapat terakses oleh siapa pun. Perbedaannya hanya terletak pada sumber daya dan tingkat keamanan yang kamu miliki.

Tidak hanya untuk menampilkan website secara online, Virtual Private Server atau VPS memiliki berbagai fungsi lain yang tak kalah penting. Beberapa fungsi VPS yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut!

Shared Hosting

Mari kita mulai dengan menjelaskan fungsi utama dari VPS. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, VPS sebenarnya adalah bentuk web hosting. Namun, yang membedakan jenis web hosting ini dari shared hosting yang biasanya adalah layanan yang tersedia.

VPS memiliki keunggulan daripada dengan shared hosting karena memberikan sumber daya yang eksklusif bagi penggunanya. Selain itu, VPS juga dapat menangani jumlah pengunjung yang lebih besar daripada shared hosting biasa. Namun, karena pelayanannya yang khusus, harga yang ditawarkan juga lebih tinggi.

Tingkat Keamanan Tinggi

Biaya untuk menggunakan Virtual Private Server memang lebih tinggi daripada shared hosting. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika web hosting ini lebih sering terpakai oleh website dengan jumlah pengunjung yang mencapai ratusan ribu hingga jutaan.

Namun, di sisi lain, layanan yang diberikan oleh VPS sepadan dengan harganya. Terlebih lagi, jika website yang Anda miliki sudah memiliki banyak pengunjung, maka VPS bisa menjadi pilihan yang tepat untuk web hosting.

Biasanya, jenis web hosting yang sering menggunakan seperti shared hosting tidak cocok untuk melakukan file hosting. Hal ini karena file hosting akan memakan banyak ruang penyimpanan pada server. Namun, jika Anda menggunakan web hosting berupa VPS, hal tersebut tidak akan menjadi masalah.

Layanan File Hosting

Selain memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dan mampu menampung banyak pengunjung, Virtual Private Server (VPS) juga memiliki keunggulan dalam menyediakan layanan file hosting. Namun, kapasitas penyimpanan yang dapat digunakan tentu ditentukan oleh jenis VPS yang Anda gunakan.

Umumnya, penyedia web hosting VPS menawarkan berbagai pilihan paket. Semakin tinggi biayanya, semakin banyak fasilitas yang dapat kamu gunakan, termasuk ruang penyimpanan yang lebih besar.

Layanan VPN, selain VPS, juga terkenal luas di negara kita. Tidak hanya terkenal oleh mereka yang berkecimpung di dunia IT, tetapi juga oleh mereka yang awam dan hanya menggunakan internet untuk kebutuhan sehari-hari.

Istilah VPN tidak asing karena banyak dari kita yang sering menggunakannya untuk mengakses media sosial atau website yang pemerintah blokir. Cara paling sederhana untuk menggunakan VPN adalah dengan mengunduh aplikasi VPN yang tersedia di Google Play.

Dengan menggunakan Virtual Private Server, kamu juga bisa memanfaatkan layanan VPN. Tidak hanya untuk membuka situs atau media sosial yang diblokir pemerintah, VPN juga berguna untuk menjaga keamanan koneksi pribadi agar sulit dibajak oleh orang lain.

Backup Server

Keuntungan lain dalam menggunakan layanan Virtual Private Server adalah kemampuan untuk menggunakan server tersebut sebagai back up server. Seperti yang kita ketahui, meskipun server untuk website kita baik atau hebat, ancaman hacking tetap ada.

BACA JUGA:  5 Tips Memilih Web Hosting Indonesia yang Disarankan Sebelum Mantap Menggunakannya!

Terutama jika situs yang berjalan sudah besar dan memiliki banyak pengunjung, maka ancaman terhadap keamanan website juga semakin besar.

Agar data tidak hilang, Anda dapat menggunakan VPS sebagai server cadangan. Anda dapat menggunakannya sebagai cadangan server saat memperbarui data sementara server utama sedang diperbaiki. Bahkan jika data di server utama hilang, Anda memiliki cadangan dan dapat mengembalikan data yang hilang.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi VPN Terbaik Untuk Android

Manfaat VPS

Web hosting seperti VPS memiliki harga yang sedikit lebih mahal daripada dengan shared hosting. Namun, VPS juga memiliki beberapa keunggulan yang tidak shared hosting milliki. Apa saja keunggulan tersebut?

Jika kita menggunakan shared hosting, kita akan berbagi resource dengan pengguna lain. Tetapi dengan menggunakan Virtual Private Server (VPS), meskipun server fisiknya terpakai oleh pengguna lain, tetapi resource yang kita gunakan adalah milik pribadi. Ini lebih aman daripada berbagi resource yang sama dengan pengguna lain karena dapat mempengaruhi performa website yang kita jalankan.

Kinerja sebuah website sangatlah penting, baik bagi pemiliknya maupun bagi pengunjungnya. Bagi pengunjung, informasi yang terdapat di website tersebut adalah segalanya. Namun, jika website tersebut memuat dengan lambat, pengunjung akan merasa frustrasi dan akhirnya meninggalkan website tersebut.

Apabila hanya satu individu yang mengalami hal tersebut, mungkin tidak menjadi masalah. Namun, jika terdapat seratus orang yang mengalaminya, lama kelamaan pengunjung akan meninggalkan website yang kamu kelola. Dengan menggunakan VPS, kamu tidak perlu khawatir menghadapi situasi tersebut. Pasalnya, VPS mampu menghasilkan performa server yang lebih cepat daripada dengan jenis web hosting lainnya.

Skalabilitas

Skalabilitas adalah salah satu kelebihan utama yang dimiliki oleh jenis web hosting Virtual Private Server. Berbeda dengan shared hosting, penggunaan Virtual Private Server memungkinkan kamu hanya membayar sesuai dengan kapasitas server yang kamu gunakan. Hal ini sangat menguntungkan.

Namun yang menarik adalah, ketika situs web Anda tumbuh dan memerlukan lebih banyak sumber daya, Anda dapat dengan mudah meningkatkan ruang disk, skalabilitas bandwidth, dan sumber daya lainnya yang dapat menjaga stabilitas situs web Anda.

VPS membagikan server fisik kepada beberapa pengguna, tetapi setiap pengguna memiliki resource mereka sendiri. Dengan resource pribadi ini, kamu dapat memiliki kendali penuh terhadap akses root ke server dan akses SSH.

Salah satu manfaat lain dari memiliki kontrol penuh atas sumber daya pribadi adalah kemampuan untuk memilih sistem operasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Server fisik dapat digunakan oleh beberapa pengguna, tetapi keamanan dan privasi pengguna VPS tetap terjamin.

Tidak hanya orang lain, tetapi pengguna lain yang menggunakan server yang sama denganmu juga tidak dapat melihat data milikmu. Demikian pula, kamu juga tidak dapat mengakses data milik pengguna lain.

Keuntungan lainnya adalah fitur cadangan data yang tidak ada di shared hosting. Dengan menggunakan fitur ini, file dan data kamu akan aman. Bahkan jika ada masalah keamanan dan data kamu hilang, dengan fitur cadangan data, kamu dapat mengembalikannya dengan cepat.

BACA JUGA:  Mengenal VPS yang yang Lebih Legit dari Cloud Server Biasa!

Baca Juga: Warning! Ini Nih 5 Bahaya Menggunakan VPN Gratis

Pertimbangkanlah Beberapa Hal Sebelum Menggunakan VPS

Tidak dapat disangkal bahwa menggunakan Virtual Private Server (VPS) sebagai web hosting memiliki banyak keunggulan. Namun, hal tersebut tidak berarti Anda dapat dengan segera beralih ke VPS begitu saja. Untuk menghindari penyesalan, sebelum beralih dari shared hosting ke VPS, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut ini!

1. Harga Terjangkau

Salah satu alasan utama mengapa banyak orang memilih shared hosting adalah karena harganya yang lebih terjangkau. Namun, sebenarnya jika dibandingkan dengan shared hosting, harga web hosting seperti VPS juga tidak terlalu tinggi.

Namun, jumlah uang yang kamu keluarkan akan sebanding dengan berbagai keuntungan yang akan kamu peroleh. Terlebih lagi, penyedia VPS juga menawarkan beberapa pilihan paket yang sesuai dengan tingkat biaya yang kamu miliki.

Namun, sebelum beralih ke VPS, disarankan untuk melakukan pencarian yang banyak mengenai penyedia layanan web hosting lainnya agar tidak menyesal di masa depan.

2. Menyimpan File Hosting

Keuntungan menggunakan VPS sebagai web hosting adalah kemampuan untuk menyimpan file hosting. Namun, sebelumnya, pastikan untuk memeriksa ruang penyimpanan yang disediakan oleh penyedia VPS tersebut.

Apakah kapasitas yang Anda miliki sudah sesuai dengan kebutuhan Anda? Selain memperhatikan masalah ruang penyimpanan yang harus disesuaikan, Anda juga perlu memperhatikan sistem ruang penyimpanan yang digunakan karena hal ini akan berdampak pada performa server dan website yang akan Anda jalankan.

3. Mengurangi Risiko Kehilangan Data

Sistem cadangan sangat penting untuk diperhatikan saat mengoperasikan sebuah situs web besar dengan banyak pengunjung. Meskipun menggunakan server yang bagus, masalah keamanan sistem tetap dapat muncul. Oleh karena itu, kita perlu waspada dan menjaga keamanan situs web kita.

Agar dapat mengurangi risiko kehilangan data, penyedia layanan web hosting seperti VPS juga menawarkan layanan cadangan data. Sebenarnya, Anda dapat mengatur sendiri, tetapi sebaiknya Anda tanyakan terlebih dahulu kepada penyedia VPS apakah mereka menyediakan layanan cadangan data atau tidak.

Selain itu, mintalah informasi apakah semua data akan disimpan sebagai back up atau hanya data terbaru saja? Terakhir, tanyakan apakah proses back up dilakukan secara real time atau hanya dilakukan beberapa kali dalam periode tertentu?

Seringkali orang-orang, terutama yang masih pemula, sering melupakan pertanyaan-pertanyaan seperti ini. Akibatnya, ketika ada masalah keamanan dan data di website hilang, mereka akan merasa kebingungan sendiri.

4. Pemilihan Lokasi

Ketika memilih VPS, penting untuk mempertimbangkan lokasinya berdasarkan hubungannya dengan server. Kamu harus mempertimbangkan apakah menggunakan server lokal akan lebih baik ataukah lebih baik menggunakan server dari luar negeri.

Namun, pilihan server yang Anda buat akan memiliki dampak besar pada situs web Anda. Jika Anda salah memilih server, kinerja situs web yang Anda bangun akan menjadi buruk dan ini tentu akan membuat pengunjung frustrasi dan enggan untuk kembali mengunjungi situs web Anda.

Bagi mereka yang baru saja memulai atau mengembangkan sebuah website dengan jumlah pengunjung yang sedikit, menggunakan Virtual Private Server atau VPS bukanlah pilihan yang ideal.

Pada awalnya, lebih baik menggunakan shared hosting seperti kebanyakan orang. Namun, ketika website yang dibangun sudah semakin besar, beralih ke VPS akan menjadi langkah yang tepat. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, tetapi harganya sebanding dengan manfaat yang akan diperoleh.

Baca Juga: Begini Perbedaan Software Engineer dan Software Developer

virtual private serverVPSWeb Hosting

Related Posts