5 Software Penghalau Blue Light Layar Laptop, Cegah Berkacamata dan Mata Berair!

in
Software pencegah blue light by teknodaim

Software Anti Blue Light – Blue Light atau sinar biru merupakan sebuah efek radiasi akibat pancaran dari layar laptop dan cukup berbahaya karena dapat memicu mata penggunanya menjadi terganggu, merah bahkan berair.

Dalam kehidupan sehari-hari, sinar biru adalah bentuk lain dari sinar cahaya matahari yang sangat berbahaya bagi mata bila dilihat dalam waktu yang lama.

Sama halnya, sinar biru dari layar laptop juga berdampak menimbulkan rasa kurang nyaman dan dapat membuat mendatakang kesulitan untuk tidur.

Teknodaim kali ini merangkum 5 software untuk masalah sinar biru tersebut, yang hampir semuanya support di semua versi Windows.


Siapin 5 Software Ini Kalau Tidak Mau Berkacamata atau Terkena Insomnia

Perangkat-perangkat lunak atau aplikasi pihak ketiga berikut direkomendasikan untuk kalian yang hobi menghabiskan waktu lama di depan laptop apalagi sampai malam hari. Jangan pernah lupa untuk menjaga kesehatan mata sendiri ya.

1. F.lux

Sofware anti Blue Light untuk pengguna Windows yang pertama adalah sebuah aplikasi yang dapat mengubah layar laptopmu menjadi orange senja. Kamu bisa mengatur kapan aplikasi ini berjalan dan juga mengatur manual tingkat warna senja aplikasi gratis bernama F.lux ini.

Keunggulan utama fitur ini adalah menyediakan opsi untuk pengguna memasukkan lokasi berada dan membuat aplikasi ini otomatis mendeteksi dan menyesuaikan warna serta menghalau Blue Light yang menganggu kamu.


2. Sunsetscreen

Software pencegah blue light by teknodaim
Gambar: Skytopia.com

Dengan tampilan simpel dari yang software sebelumnya, Sunsetscreen yang berukuran kurang dari 1 MB ini dapat digunakan untuk mengurangi intensitas pancara Blue Light layar perangkat yang sedang kamu gunakan.

Kita bisa mengatur kapan dia aktif, waktu transisi preset sekaligus intensitas warnanya dapat diatur sesuai kebutuhan. Software penghalau cahaya biru laptop sederhana ini tuh rekomended pokoknya.


3. Iris

Berikutnya adalah software yang punya pengaturan presset warna mulai dari mode reading, khusus programming, biohacker, health dan lainnya. Pengguna bisa memilih jenis preset sesuai kebutuhan aktivitas atau Advanced Option.


4. Redshift

Software berikutnya adalah sebuah perangkat lunak bersifat open source yang memungkinkan penggunanya dapat memperoleh source code gratis di situs Github. Secara tak langsung kita bisa membantu Developer mengembangkannya.


5. Pango Bright

Software pencegah blue light by teknodaim 2
Gambar: Skytopia.com

Keunggulan dari Pango Bright adalah dapat digunakan pada dua layar monitor sekaligus dan juga bisa dipakai pada lampu sorot. Selain itu, Pango Bright bisa dimanfaatkan saat pertunjukan laser, planetarium dan di ruangan gelap gulita.


Beberapa software yang direkomendasikan tadi tuh semuanya mudah dipahami dan memiliki konsol simpel yang tak mencabang-cabang kerumitan fitur. Software anti Blue Light sederhana namun sangat bermanfaat bagi kita.

  • Software Penghalau Cahaya Biru Laptop

Referensi: IDNTimes Tech

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *