10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Animasi 3D dan 2D Terbaik

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Berikut rekomendasi aplikasi pembuat animasi 3D dan 2D terbaik untuk belajar bikin animasi. Yuk, simak penjelasannya!

Aplikasi Pembuat Animasi 3d (universitas Multimedia Nusantara)

Aplikasi Pembuat Animasi 3d (universitas Multimedia Nusantara)

Menciptakan animasi 2D atau 3D tentunya akan sangat sulit jika tidak memiliki dukungan dari aplikasi atau software-software khusus untuk aktivitas tersebut. Di saat inilah aplikasi pembuat Animasi 3D kita butuhkan, kalau penasaran lanjut simak.

Software atau program yang dirancang untuk fungsi demikian sebenarnya bisa dibilang sangat banyak, hanya saja tidak semua fiturnya sama dan cocok dengan kamu. Teknodaim merangkum yang sekiranya bisa memenuhi kebutuhan kamu.

10 Aplikasi Build Animasi Terbaik

Dari sekian banyak sekali software Building Animation atau program pembuat animasi yang ada di luar sana dengan Developer yang berbeda-beda pula. Berikut adalah aplikasi dan software kompleks yang punya banyak fitur, hampir lengkap:

1. Blender

Kita buka dengan sebuah software 3D bernama Blender, software yang satu ini bisa kamu gunakan secara gratis dan juga bersifat Open Source. Jadi untuk editor atau kreator Profesional maupun pemula, bisa belajar animasi 3D dengan tenang.

Ada banyak sekali keunggulan atau fitur yang ada di software PC yang satu ini, salah satunya adalah kaya akan Tools Modelling, meliputi retopology, sculpting, modelling, curve dan lain-lain. Untuk renderingnya sendiri menggunakan cycles.

Selain itu Blender merupakan aplikasi pembuat animasi 3D yang mendukung hampir semua format file, terdapat alat simulasi dan juga punya sistem baca yang baik. Terakhir, Blender kompitabel untuk OS Linux, Windows dan juga Mac.

BACA JUGA:  SimSimi, Teknologi AI Menuju Transformasi Hubungan Romantis

Download Blender: Klik Di Sini


2. KeyShot

KeyShot juga merupakan software gratis yang dirancang untuk pembuatan animasi 3D kelas Profesional dan juga pemula. Salah satu yang spesial mungkin adalah Rendering Real Time, sehingga menampakan hasil instan alias lebih cepat.

Sebenarnya mau KeyShot atau Blender sama-sama rekomended, namun mungkin ada beda sedikit serta penempatan fitur yang dibuat berbeda. KeyShot cocok loh Untuk kamu yang hobi mengedit dengan Touch Screen, dan ini bisa jadi pilihan.


3. OpenToonz

Aplikasi pembuat animasi 3D berikutnya adalah OpenToonz, program yang turut tergolong Open Source serta memudahkan modifikasi kod software. Cocok untuk belajar bikin animasi 2D, kita bisa mengubah gaya gambar dan memodifikasinya.

Sebagai informasi, software inilah yang sering studio animasi Jepang gunakan. Contohnya seperti Studio Gibli, Studio Ponoc, Studio Madhouse, dan Kamikaze Douga. Dengan begitu dapat gambaran bukan, kalau bikin konten anime bisa menggunakan ini.


4. Toon Boom Harmony (Aplikasi Build Animasi Terbaik)

Aplikasi build animasi 2D yang ramah dan cocok untuk pemula berikutnya adalah Toon Boom Harmony, software yang cukup mudah pengguna pahami dengan fitur yang tak kalah lengkap. Bahkan software ini juga banyak perusahaan yang menggunakannya.

Kalau kamu pernah menonton animasi dari Cartoon Network, mereka juga menggunakan Toon Boom untuk membuat animasi mereka. Di sini kita akan mendapati fitur yang cukup lengkap seperti Tools Brush, dan Palette warna untuk bitmap.


5. Synfig

Masih di software 2D yang juga rekomended, Synfig turut menjadi software gratis dan bersifat Open Source. Meski dibentuk dengandesain yang sederhana atau terlihat simpel saja, tapi tools atau fitur yang ada di dalamnya tak kalah bagus loh.

BACA JUGA:  Cara Download Lagu di MP3Juice Tanpa Aplikasi

Layer yang bisa dibuat untuk menyusun kerangka dalam satu Project nya bisa mencapai 50 layer, kemudian cocok untuk mengurus vector dan bitmap. Selain itu ada fitur pendukung seperti link parameter dan bone. Aplikasi build animasi 2D. Download softwarenya lewat link berikut ini.



Baca Juga:


6. Moho Pro 12

Moho Pro 12 dulunya bernama Anime Studio Pro, dan digunakan oleh beberapa kreator dalam menciptakan animasi yang bisa bersaing di ajang OSCAR. Buat para pemula maupun yang sudah tergolong Pro sekalian, Moho Pro 12 bisa jadi pilihan.

Fitur-fitur keren yang ada di sana meliputi Smart Bones, Smart Warp, Bezier, Motion tracking, dan masih banyak lainnya. Buat pemula, kita bisa belajar dengan metode lama alias tradisional karena di sini kita akan mendapati fitur frame by frame. Download Software Moho Pro lewat link yang sudah Teknodaim sediakan di bawah ini.


7. Pencil 2D (Aplikasi Build Animasi Terbaik)

Satu lagi software di PC yang menyediakan proses animasi frame by frame, yaitu software sederhana bernama Pencil 2D. Software ini dirancang dengan bentukan desain yang mudah dipahami, karena minimalis saja. Buat belajar? Rekomended.

BACA JUGA:  Hapus Segera 151 Aplikasi Sedot Pulsa Diam-Diam Ini di HP Android Kamu

Software yang satu ini juga hampir kompatibel untuk semua OS Desktop, meliputi Windows, Mac, Linux, dan Free BSD. Yang terpenting, Pencil 2D gratis dan Open Source. Download softwarenya melalui link berikut ini:



8. Animate It!

Sekarang kita beralih ke program build animasi untuk para pengguna ponsel smartphone alias Android. Di daftar pertama kita merekomendasikan aplikasi bernama Animate It, yang dibuat sederhana dengan tampilan yang minimalis.

Untuk masalah fitur, pemula bisa mendapatkan Experience yang cukup baik. Mulai dari fitur UI yang sudah bisa membuat kita membuat animasi 3D simpel serta bisa membuatnya dengan 32 frame. Buat belajar-belajar, boleh sekali untuk kamu coba.


9. Animate Me!

Aplikasi build animasi terbaik di jajaran terakhir salah satunya ada Animate Me! Yang sederhana dan terbilang mudah dipahami. Disini kita sudah disediakan karakter animasi yang bisa dimodifikasi dan digerakan melompat dan lain-lain.


10. Boomoji (Aplikasi Build Animasi Terbaik)

Boomoji penutup daftar Listicle kali ini, aplikasi yang satu ini cocok untuk semua kalangan, termasuk juga untuk semua gender mau itu cowok atau cewek. Satu hal yang unik, wajah kita bisa berubah menjadi karakter 3D foto dari hasil jepretan sendiri.

Kemudian kita bisa memodifikasinya menggunakan Boomoji, selain itu animasi tersebut bisa kita buat bergerak sesuai keinginan, Jadi belajar pun pasti akan terasa menyenangkan. Sebenarnya aplikasi malah lebih sering digunakan buat hiburan.


Itulah beberapa rekomendasi aplikasi pembuat animasi 3D yang bisa Teknodaim bagikan. Mungkin kamu punya software atau aplikasi lain yang juga tak kalah bagus? Boleh tulis di kolom komentar. Subscribe juga Channel YouTube kita ya!


Referensi: Carisinyal.com

AnimasiAplikasi AndroidAplikasi Build AnimasiBlenderSoftware Edit

Related Posts