Google Podcast Akan Ditutup, Pengguna Diminta Beralih ke YouTube Music

Neli Rahmawati

Neli Rahmawati

Layanan Google Podcast akan segera dihentikan dan pengguna disarankan untuk beralih ke YouTube Music.

Berita yang tidak menggembirakan muncul dari Google yang akan menghentikan layanan Google Podcast di Amerika Serikat dalam beberapa hari mendatang.

Berita ini muncul setelah perusahaan memberi peringatan kepada pengguna GPodcast agar beralih langganan ke YouTube Music paling lambat pada tanggal 2 April 2024. Hal ini bertujuan agar pengguna dapat mengikuti dan streaming acara favorit mereka di masa depan.

Google telah mengumumkan bahwa pengguna yang tidak segera memindahkan langganan mereka hingga tanggal 2 April akan kehilangan kemampuan untuk melakukan streaming dari aplikasi Google Podcast.

Baca Juga: YouTube Music Kini Bisa Unduh Musik Offline di Situs Web Dekstopnya

Sekilas tentang Google Podcast

Google Podcast Akan Ditutup, Pengguna Diminta Beralih ke YouTube Music

Selama lebih dari lima belas tahun, Google Podcast telah menjadi pilihan lebih dari 500 juta pengguna perangkat Android di seluruh dunia.

Aplikasi ini menyediakan antarmuka yang mudah kamu gunakan dan efisien untuk menemukan, mengikuti, dan mendengarkan podcast, serta menyediakan alat untuk menambahkan podcast melalui umpan RSS.

BACA JUGA:  Cara Melihat Alamat Email Saya? Mudah Banget, Begini Caranya!

Namun, perusahaan teknologi besar tersebut mengumumkan bulan September lalu bahwa mereka berencana untuk menghentikan penggunaan aplikasi Podcasts pada awal tahun 2024.

Hal ini mereka lakukan sebagai bagian dari strategi mereka untuk memusatkan layanan audio di bawah platform YouTube.

Pada tahun 2020, YouTube Music mengadopsi sebuah strategi yang mirip untuk memindahkan pengguna musik dari Google Play Musik sebelum layanan tersebut tutup pada tahun yang sama.

Baca Juga: Spotify Rilis Fitur Playlist AI, Simak Penjelasannya!

YouTube Music

Meskipun YouTube Music belum dapat mendukung podcast, aplikasi Google Podcasts tetap dipertahankan selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2023 nanti, YouTube Music akan dapat mendukung podcast di seluruh dunia. Selain itu, pada bulan Februari, mereka akan memperbolehkan pengguna mengunggah RSS feed mereka.

Mengubah format podcasting ke YouTube dapat membantu Google dalam menguatkan posisinya sebagai pemain utama. Selain itu, hal ini juga didorong oleh meningkatnya minat terhadap podcast berbasis video.

BACA JUGA:  5 Fakta Menarik Google yang Jarang Diketahui

Baca Juga:

GoogleGoogle PodcastYouTube Music

Related Posts