Teknodaim

    Mengenal Layanan iCloud iPhone untuk Menyimpan Data

    Bagi para pengguna iPhone, mereka mungkin sudah mengenal dengan baik layanan iCloud. Tapi untuk user Apple baru, mungkin artikel ini bisa menambah pemahaman baru.

    Menurut penjelasan dari Apple, iCloud adalah sebuah layanan penyimpanan yang Apple sediakan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan foto, video, file, dan informasi penting lainnya secara online, dan dapat terakses dari berbagai perangkat.

    Bagi mereka yang belum terbiasa dengan sistem operasi iOS, penggunaan iCloud mungkin terasa membingungkan. Namun, apa saja keunggulan yang iCloud tawarkan?

    Jangan perlu cemas, berikut ini penjelasan mengenai manfaat-mafaat dari iCloud.

    Baca Juga: Apakah Indonesia Punya Kesempatan Bangun Apple Store Resmi?

    Fungsi Layanan iCloud

    Mengenal Layanan iCloud iPhone untuk Menyimpan Data

    iCloud memiliki beragam fungsi dan fitur yang dapat kamu gunakan untuk berbagai keperluan.

    1. iCloud Drive

    Seperti halnya layanan penyimpanan online lainnya, iCloud Drive memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengatur file di dalam drive yang dapat kamu akses dari berbagai perangkat dan melalui web.

    Pemilik file dapat membagikan file yang tersimpan di iCloud Drive kepada orang lain. Pemilik file memiliki kontrol atas apakah file tersebut dapat diedit oleh orang lain atau hanya dapat diakses.

    BACA JUGA:  5 Fitur Tersembunyi di iPhone yang Jarang Diketahui Orang

    2. iCloud Photos

    Layanan iCloud Photos memungkinkan pengguna untuk menyimpan foto dan video secara aman dalam bentuk digital. Pengguna dapat mengakses foto dan video tersebut dari berbagai perangkat dan melalui situs web iCloud.com.

    Selain itu, iCloud Photos mempunyai fitur Album Bersama yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video dengan orang-orang yang mereka undang. Orang lain juga dapat menambahkan foto dan video ke dalam album bersama.

    Pengguna dapat mengundang hingga 100 orang untuk menambahkan foto, namun mereka tidak dapat mengedit atau menghapus foto dalam album.

    Selain Shared Albums, iCloud Photos juga memiliki fitur Shared Photo Library yang sedikit berbeda. Menurut Apple Insider, pengguna library dapat mengundang hingga 5 orang lainnya untuk ikut serta dalam menambah, mengedit, dan menghapus foto dalam sebuah library.

    3. iCloud Private Relay

    iCloud Private Relay merupakan sebuah layanan keamanan privasi di internet yang bertujuan untuk melindungi alamat IP, lokasi, dan aktivitas pencarian pengguna Safari agar tidak dapat terlacak.

    Layanan ini hanya dapat terakses oleh pengguna iCloud+.

    4. iCloud Family Sharing

    Dengan Family Sharing, pengguna dan hingga 5 orang lainnya dapat berbagi akses ke berbagai layanan Apple, seperti Apple Music, Apple TV+, Apple Fitness+, dan Apple News+.

    Setiap anggota grup dapat berkontribusi dalam transaksi di iTunes, App Store, Apple Books, penyimpanan iCloud, dan lain-lain.

    BACA JUGA:  50+ Negara Kena Ancaman Spyware Bayaran Pengguna iPhone

    Dengan menggunakan fitur Family Sharing, setiap individu dalam kelompok juga memiliki kemampuan untuk membantu menemukan perangkat yang hilang milik anggota lainnya.

    5. iCloud Keychain

    iCloud Keychain merupakan fitur yang dapat mengingat semua password dan informasi pribadi, termasuk nomor kartu kredit yang telah pengguna masukkan sebelumnya, sehingga tidak perlu memasukkan ulang di masa mendatang.

    Bahkan jika pengguna menggunakan perangkat yang berbeda, iCloud Keychain akan tetap mengingat password yang pernah pengguna gunakan di berbagai situs web.

    Anda juga dapat menggunakan iCloud Keychain untuk berbagi kata sandi dengan orang-orang yang Anda percayai.

    6. iCloud Storage

    Media seperti foto, video, dan file dapat kamu simpan di iCloud Storage. Setiap pengguna iCloud mendapat 5 GB penyimpanan gratis.

    Anda tidak perlu khawatir, ruang penyimpanan iCloud Storage tidak akan terpakai untuk aplikasi dan pembelian di iTunes Store.

    7. Hide My Email

    Hide My Email adalah sebuah fitur untuk melindungi privasi alamat email pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat alamat email yang acak dan tidak terkait dengan identitas mereka.

    Dengan menggunakan alamat email ini, pengguna dapat menerima email dari orang lain yang akan otomatis diteruskan ke alamat email pribadi mereka. Dengan demikian, tidak perlu lagi untuk membagikan alamat email pribadi yang terkait dengan Apple ID kepada orang lain.

    BACA JUGA:  Daftar Harga Resmi iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max

    8. HomeKit Secure Video

    Fitur HomeKit Secure Video sangat bermanfaat bagi pemilik CCTV di dalam atau di luar rumah. Video dari CCTV dapat direkam dan disimpan di iCloud. Rekaman ini dapat diakses dari berbagai perangkat.

    Fitur HomeKit Secure Video hanya dapat terakses oleh pengguna yang menggunakan layanan iCloud+.

    Baca Juga: Apple dan Baidu Jalin Kemitraan AI untuk iPhone 16 Series di China

    Berapa Kapasitas Penyimpanan Layanan iCloud yang Tersedia?

    Setiap orang yang menggunakan iPhone akan mendapatkan 5 GB ruang penyimpanan iCloud secara gratis. Jika ingin memiliki lebih banyak ruang penyimpanan, pengguna dapat meng-upgrade ke layanan iCloud+.

    iCloud+ adalah layanan langganan cloud eksklusif dari Apple yang menawarkan ruang penyimpanan yang lebih besar dan fitur-fitur tambahan kepada pengguna.

    iCloud dengan Storage 50 GB

    Harga: Rp 15.000 per bulan

    Yang didapatkan:

    • Ruang penyimpanan 50 GB
    • iCloud Private Relay
    • Hide My Email
    • Domain email khusus
    • HomeKit Secure Video untuk 1 kamera.

    iCloud dengan Storage 200 GB

    Harga: Rp 45.000 per bulan

    Yang didapatkan:

    • Ruang penyimpanan 200 GB
    • iCloud Private Relay
    • Hide My Email
    • Domain email khusus
    • HomeKit Secure Video untuk 5 kamera.

    iCloud dengan Storage 2 TB, 6 TB, dan 12 TB

    Harga:

    • Untuk penyimpanan 2 TB: Rp 149.000 per bulan
    • Untuk penyimpanan 6 TB: Rp 449.000 per bulan
    • Untuk penyimpanan 12 TB: Rp 899.000 per bulan.

    Yang didapatkan:

    • Ruang penyimpanan 2 TB, 6 TB, atau 12 TB
    • iCloud Private Relay
    • Hide My Email
    • Domain email khusus
    • HomeKit Secure Video untuk jumlah kamera yang tidak terbatas.

    Baca Juga: Penyimpanan 128GB di iPhone Sudah Mencukupi Menurut Apple, Kok Bisa?

    AppleiCloudlayanan icloud

    Related Posts