Teknodaim

    Penyimpanan 128GB di iPhone Sudah Mencukupi Menurut Apple, Kok Bisa?

    Selain baterai, keluhan pengguna iPhone yaitu kapasitas penyimpanan. Namun, Apple menyatakan dalam iklan terbaru mereka bahwa kapasitas 128GB sudah cukup memadai.

    Apple berpendapat bahwa kapasitas penyimpanan 128GB pada iPhone sudah memadai.

    Jika membandingkan dengan produsen lain, Apple sebagai salah satu yang paling konservatif dalam memberikan ruang penyimpanan untuk ponsel mereka. Hingga saat ini, mereka masih mempertahankan kapasitas penyimpanan 128GB untuk varian ponsel terkecil mereka.

    Selama tiga tahun terakhir, Apple telah mempertahankan kapasitas 64GB untuk produk mereka. Namun, Apple menyatakan dalam iklan terbaru mereka bahwa kapasitas 128GB sudah cukup memadai.

    Dalam video iklan yang berdurasi 30 detik, terlihat seorang pria sedang berpikir apakah akan menghapus foto-foto di iPhone miliknya. Namun, foto-foto tersebut terlihat sedih dan menyanyikan “don’t let go” sesuai dengan judul video tersebut.

    Lalu, pria itu tampak mengubah pikirannya untuk tidak menghapus foto-foto tersebut. Lalu, pesan yang ingin ia sampaikan adalah bahwa iPhone 15 memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk banyak foto.

    BACA JUGA:  Apple Perkenalkan Perangkat Mixed Reality Vision Pro dengan Harga Rp51 Juta: Apa Keistimewaannya?

    Baca Juga: Daftar Fitur Tersembunyi di iPhone yang Wajib Diketahui dan Dicoba

    Keluhan Pengguna iPhone Selain Baterai, Penyimpanan yang Kurang

    Penyimpanan 128GB di iPhone Sudah Mencukupi Menurut Apple, Kok Bisa?

    Salah satu keluhan utama dari pengguna iPhone, selain masalah daya baterai, adalah keterbatasan kapasitas penyimpanan pada varian paling murah.

    Baru-baru ini, Apple meningkatkan kapasitas minimal dari 64GB menjadi 128GB ketika mereka merilis iPhone 13 pada tahun 2021. Sebelumnya, peningkatan serupa terjadi saat iPhone X rilis pada tahun 2018, dari 32GB menjadi 64GB.

    Apabila melihat periode tiga tahun ini, seharusnya kapasitas penyimpanan terendah untuk iPhone 16 akan ditingkatkan menjadi 256GB. Namun, Apple justru mengeluarkan kampanye yang menyatakan bahwa 128GB sudah cukup besar.

    Untuk pengguna biasa, kemungkinan 128GB di iPhone telah mereka gunakan setengahnya untuk aplikasi. Sehingga hanya tersisa setengahnya lagi untuk menyimpan foto dan video.

    Baca Juga: iPhone 15 Pro Rilis dengan Desain Headset AR Apple Vision Pro

    BACA JUGA:  Setelah Lompat ke iPhone 10 dan 11, Apple Umumkan iPhone 9?

    Untuk mengatasi hal ini, Apple menyediakan solusi melalui iCloud, yang juga menjadi sumber pendapatan bagi perusahaan.

    Apple memberikan layanan iCloud secara gratis dengan kapasitas sebesar 5GB, namun ukurannya jelas tidak mencukupi.

    Oleh karena itu, pengguna harus membayar untuk mendapatkan kapasitas iCloud yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika mereka tidak ingin membayar, alternatif lainnya adalah menghapus aplikasi yang tidak mereka gunakan atau foto-foto yang sudah lama.

    Memang benar tidak semua iPhone memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, tetapi ada beberapa iPhone yang memiliki kapasitas 1TB.

    Namun, harganya tentu sangat tinggi, setidaknya USD 700 lebih mahal daripada varian yang paling murah. Mungkin lebih baik menggunakan USD 700 tersebut untuk membayar langganan iCloud+ dengan kapasitas 2TB selama hampir enam tahun.

    Baca Juga: Tips Membeli iPhone Bekas dengan Bijak dan Tepat

    BACA JUGA:  Cerai dengan Prosesor Intel, Apple Akan Tendang AMD Juga?
    AppleiPhonepenyimpanan iphone

    Related Posts