Inilah Perbedaan SSD NVME dan SSD Sata, Buat Gaming Bagus Mana?

in ,
Perbedaan ssd nvme dan ssd sata by teknodaim

Perbedaan SSD NVME dan SSD Sata, Apa itu SSD – Storage atau penyimpanan internal tentunya sangat diperlukan karena merupakan bagian dari kebutuhan utama untuk menyimpan data serta membuat perangkat laptop atau PC agar bekerja dengan baik.

Apa Sih Itu SSD, Apa Kelebihan SSD dan Apa Manfaat SSD Itu?

Kita wajib bahas dulu poin utama ini. Solid State Drive atau yang disingkat SSD ini adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi.

Jika ditanya apa kelebihan SSD, maka jawabannya adalah Hardware ini memiliki performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Hard Disk atau HDD.

Perbedaan SSD dan HDD – SSD memiliki kontrol atau kendali elektronik penuh atas komponennya, tak seperti HDD yang berputar dan berpindah. Dan yang utama, SSD memiliki kecepatan membaca atau menulis data yang jauh lebih tinggi dibanding HDD karena faktor yang disebutkan tadi.

Bagi kamu yang belum kenal SSD, Hardware luar biasa ini akan membuat proses Booting OS pada perangkat hanya memakan waktu beberapa detik saja. Tentunya, menggunakan SSD pada PC kesayangan juga menguntungkan bagi para gamers.


Perbedaan SSD NVME dan SSD Sata

Setelah memahami poin dasar tentang SSD, kembali ke bahasan utama yaitu mengenai apa perbedaan SSD NVME dan SSD Sata.

Sekedar informasi tambahan, harga jual SSD tergolong tinggi dibanding HDD. Jika HDD 500 GB bisa seharga 400 ribuan, maka SSD dengan kapasitas serupa harganya bisa mencapai 1 juta keatas. Tapi tenang, pilihan lebih murah SSD dengan kapasitas 120 GB sudah cukup bagus kok.


Baca Juga:


Wajar sih harganya segitu, fungsi utama SSD selain sebagai penyimpanan juga adalah sebagai pendorong kecepatan kinerja dan performa perangkat kita.

Saat ini SSD tengah populer adalah SSD Sata dan SSD NVME, namun tahukah kamu apa perbedaan keduanya? Mari kita bahas secara detail berikut ini.


1. SSD NVME

Gambar: PC Mag Sea

SSD satu ini menggunakan teknologi NVME yaitu non volatile memory Express dan merupakan perkembangan dari standar AHCI. SSD jenis ini nih yang rekomended buat kalian para gamers sejati, karena memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan SSD Sata.

Dalam setiap kapasitas Storage-nya, SSD jenis ini 5 kali lebih cepat dibandingkan dengan SSD Sata. Selain itu, jenis NVME juga dapat memproses jumlah perintah yang banyak melebihi jenis Sata. Kapasitas yang disediakan SSD ini dapat memuat 64000 antrian sekaligus yang masing-masing memiliki perintah tersendiri.

Jadi, jenis NVME adalah upgrade dari teknologi AHCI sebelumnya. Unggulnya lagi SSD NVME telah menggunakan Utilitas PC1E 3.0 seperti sebuah kartu grafis, jadi untuk kecepatan, performa dan proses kinerjanya patut disebut terbaik saat ini.


2. SSD SATA

Gambar: Singular.com

Jika dibandingkan dengan HDD atau Hard Disk, SSD Sata sebenarnya memiliki kecepatan 5 kali lebih cepat, namun sayangnya masih lebih lambat dibandingkan dengan SSD M2. Harganya juga lebih jauh lebih murah, tapi udah bagus ini kok.

  • Perbedaan SSD dan HDD

Sudah paham kah kamu tentang manfaat dan apa sih sebenarnya itu Hardware populer belakangan yang disebut SSD itu. Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman kalian. Oh iya, kalau mau rakit PC baru jangan lupa SSD ya.


Referensi: Dimensidata, De Tekno

0/5 (0 Reviews)

2 Comments

Leave a Reply

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *