Mengenal HDR dan Fungsinya di Kamera Smartphone

in , , , , ,
Mengenal Apa Itu Hdr Dan Apa Fungsi Hdr Di Kamera By Teknodaim
Thumbnail by Concept Creator | YouTube

Sebelum kita bahas apa itu HDR dan apa fungsi HDR di kamera HP, Teknodaim mau ngasih tau bahwa kita sekarang punya Channel YouTube. Dimana disana kamu bisa menemukan konten video Tutorial, Review dan lain-lain, jadi klik tombol Subscribe ya.

Jika kamu pengguna ponsel smartphone, pasti pernah melihat bahwa di perangkat itu terdapat fitur HDR yang disematkan sebagai program pendukung kameranya. Bahkan fitur ini sudah mulai disematkan sejak lama, sebagai pendukung performa kamera HP.

Lantas apa sih fungsi dari fitur HDR yang disediakan sistem pada kamera ponsel itu dan seberapa pentingnya? Untuk menjawabnya, silahkan simak pembahasan berikut.

Mengenal HDR

HDR sendiri adalah singkatan dari kata High Dynamic Range, dan jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya adalah Jangkauan Dinamis Tinggi. Fitur HDR akan jadi maksimal jika didukung oleh teknologi yang memandai, Hardware dan Software nya.

Semakin canggih program dan Hardware yang ditanamkan pada perangkat, maka akan semakin baik pula kemampuan HDR yang dihasilkan. Sampai sini, paham kan?

Oke, HDR sendiri adalah fitur atau mode yang menghasilkan gambar alias foto dengan jangkauan pencahayaan yang lebih dinamis dan lebih luas ketimbang hasil foto tanpa HDR, atau mode standar. Sehingga cahaya yang dihasilkan di foto akan jadi lebih baik.

  • Sebagai contoh, ini hasil foto dengan mode HDR dan tanpa HDR:
Mengenal Apa Itu Hdr Dan Apa Fungsi Hdr Di Kamera By Teknodaim
Foto Ilustrasi | CNet.com
Mengenal Apa Itu Hdr Dan Apa Fungsi Hdr Di Kamera By Teknodaim
Hasil Foto dengan Mode Standar
Mengenal Apa Itu Hdr Dan Apa Fungsi Hdr Di Kamera By Teknodaim
Hasil Foto dengan Mode HDR

Mungkin bisa dibilang mode HDR serupa dengan mengaktifkan fitur Flash di kamera, hanya saja proses pengoperasian berbeda. Karena fitur Flash membantu pencahayaan secara random, sedangkan HDR akan memindai keadaan buat menyesuaikan cahaya.


Fungsi HDR

Dan seperti yang disebutkan tadi, setiap produk ponsel memiliki kemampuan mode HDR yang berbeda-beda. Semakin baik komponen seperti Chipset dan GPU yang ada pada bagian vitalnya, maka akan semakin bagus pula performa dari mode HDR nya.

Cara kerja HDR sendiri adalah dengan mengambil beberapa gambar sekaligus pada tingkat kecerahan kemudian memprosesnya menjadi satu hasil dan menghasilkan kecerahan yang lebih baik pada hasil akhir foto. Intinya, ini berperan untuk kontras.



Mode HDR akan membantu menaikan kontras supaya apa yang di foto jadi lebih cerah dan kelihatan jelas, namun tidak berpengaruh pada Sharpen dan detail dari pikselnya. Ditambah kemampuan kamera HP jaman sekarang sudah jadi jauh semakin canggih.


Kesimpulannya, mode HDR sangat membantu pencahayaan dan penyesuaian kontras saat kita mengambil gambar. Semakin bagus komponen vital yang ditanamkan pada kameranya, maka semakin baik pula kemampuan HDR yang dimiliki suatu perangkat.

Semoga sekarang kamu sudah paham apa fungsi HDR di kamera HP maupun kamera betulan. Kalau ada tambahan atau tanggapan yang mau disampaikan, tulis di bawah.

What do you think?