BeritaHardware

Seagate Segera Rilis HDD Berkapasitas 20 TB, Ini Jadwal Rilisnya!

Seagate kembali menunjukan taji mereka untuk urusan storage. Melalui Konferensi perdana Datasphere 2020, Seagate mengkonfirmasi bahwa mereka sudah siap untuk merilis Harddisk berkapasitas 20 TB pada akhir tahun 2020 ini.

Dengan demikian maka raksasa storage itu akan menjadi produsen pertama yang memiliki produk HDD dengan kapasitas 20 TB pertama di dunia. Tentu sebagai sebuah device dengan kapasitas yang begitu besar, harganya bisa berkali-kali lipat daripada HDD yang biasa kita gunakan.

Seagate Exos 20+

Hard Disk Drive alias HDD berkapasitas 20 Terabyte yang akan Seagate bawa ke pasaran adalah Exos 20+. Device ini akan resmi rilis pada akhir tahun, tepatnya bulan Desember mendatang masih tahun 2020 ini.

Exos 20+ sendiri akan mengusung teknologi berbasis HAMR dengan aktuator MACH2 untuk mengatur ketahanan kinerja Service Level Agreement (SLA). Drive HAMR bekerja saat hard drive memanaskan materi disk secara temporer. Hal tersebut membuatnya lebih mudah dalam menerima mekanisme magnet yang bekerja pada rakitan.

Lebih sederhananya, HAMR akan membuat penulisan data ke area yang lebih kecil pada hard drive jadi lebih mudah, serta membuat adanya peningkatan kepadatan data per platter. Seri Exos 20+ (Harddisk 20 TB) akan kompatibel sebagai drive drop-in untuk bay 3,5 inci.

Harddisk 20 Tb By Teknodaim
Foto Dokumentasi: Seagate

Lalu untuk masalah konsumsi daya listrik, Exos 20+ ternyata masih memerlukan suplai yang tergolong hemat, bahkan kurang dari 12 Watt. Kecepatan spindel HDD satu ini adalah 7200 RPM dengan kecepatan baca dan tulis lebih dari 261 MB per second.

Harga Harddisk Seagate 20 TB

Sayangnya, Seagate belum memberikan informasi lebih spesifik lain soal performa Exos 20 + pada bagian kecepatan read dan write secara random. Dan soal harganya sendiri, tentu belum akan ada informasi resminya sekarang, kita harus menunggu hingga sampai bulan Desember mendatang.

Harddisk 20 TB produksi Seagate sendiri merupakan langkah baru untuk hadirnya storage yang punya kapasitas raksasa lainnya. Biasanya yang seperti ini akan berguna untuk seorang admin dari server atau penyimpanan data penting sejenis video RAW dengan resolusi 4K.

Jika kamu punya HDD dengan kapasitas 20 TB, kira-kira apa menjadi penyimpanan file seperti apa? Coba tulis opini atau respon kamu terhadap Seagate Exos 20+ pada kolom komentar.


Sumber: Detik Inet

Related Posts