menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Hardware Apa Itu Hardisk, Begini Penjelasan Tentang Hardisk Lengkap dengan Jenisnya

Apa Itu Hardisk, Begini Penjelasan Tentang Hardisk Lengkap dengan Jenisnya

Apa Itu Hardisk Begini Penjelasannya

Hardisk sendiri sudah menjadi salah satu bagian penting yang wajib kamu miliki agar dapat memperluas ruang penyimpanan pada perangkat PC atau Komputer. Kapasitas Hardisk juga berbagai macam sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Dulunya Kapasitas Hardisk hanya mencapai satuan MB (MegaByte) tapi kini kamu sudah bisa mendapatkan kapasitas yang lebih besar lagi hingga TB (TeraByte). Namun apakah kamu sebenarnya sudah tau apa itu Hardisk, Fungsi dan jenis-jenisnya? Untuk itulah pada kesempatan kali ini Teknodaim akan membahasnya berikut ini.

Apa itu Hardisk?

Apa Itu Hardisk 1
Ilustrasi Hardisk | Cybermagonline.com

Secara umum, Pengertian Hardisk adalah komponen perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan semua konten digital seperti file, dokumen, Software dan lain sebagainya. Semuanya dapat kamu simpan sesuai dengan kapasitas Hardisk yang kamu miliki.

Biasanya file seperti Dokumen (Teks) akan berukuran kecil sedangkan file seperti Musik, Foto atau Video akan memiliki ukuran yang lebih besar. Kapasitas Hardisk juga ada berbagai macam mulai dari MB (MegaByte), GB (GigaByte) dan yang paling besar dengan satuan TB (TeraByte) sesuai dengan jenis-jenis Hardisk itu sendiri.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Merekam Layar Laptop atau PC dengan Mudah

Jenis-Jenis Hardisk

Apa Itu Hardisk 3
Ilustrasi 3 Jenis Hardisk | TechRadar

1. IDE/ATA

Untuk jenis Hardisk yang pertama ada IDE atau ATA, keduanya mungkin merupakan singkatan yang berbeda tapi memiliki arti yang sama. IDE merupakan kependekan dari Integrated Devices Electronics. Sementara ATA adalah singkatan dari Advanced Technology Attachment.

Hardisk IDE/ATA biasanya memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang cenderung lebih kecil maksimal paling hanya 320GB. Jenis-jenis Hardisk seperti ini sudah jarang digunakan orang karena kapasitas yang kecil selain itu pemakaiannya pun juga tidak se-praktis Hardisk lainnya.

2. SATA

Apa itu Hardisk SATA? ialah sebuah jenis Hardisk yang banyak digunakan orang pada perangkat Komputer atau Laptop Konvensional. Arti dari SATA sendiri adalah Serial Advanced Technology Attachment.

Kapasitas Hardisk SATA juga jauh lebih besar dari IDE/ATA yakni maksimal hingga 2TB dengan kecepatan yang sama seperti IDE/ATA yakni 7.200 rpm.

JANGAN LEWATKAN •
Mengenal Perkembangan Sejarah Komputer Secara Singkat

3. SCSI

Lalu yang terakhir ada pula Hardisk SCSI, singkatan dari Small Computer System Interface. Apa itu Hardisk SCSI? Suatu jenis Hardisk yang memiliki kapasitas ruang penyimpanan lebih besar mencapai 5TB bahkan mungkin lebih tinggi lagi.

Hardisk SCSI juga dilengkapi dengan kecepatan transfer data 10.000 rpm yang lebih kencang dari jenis-jenis Hardisk lainnya. Namun perlu kamu tahu juga kalau semakin cepat akses data dapat juga menyebabkan kerusakan file yang lebih cepat.

Untuk itulah jenis-jenis Hardisk seperti ini biasanya membutuhkan pengontrol tambahan yang dapat mengoperasikan interface antara Driver dan Motherboard Komputer.

Kalau sudah tahu sedikit tentang apa itu hardisk, nah sekarang kamu harus tahu juga fungsi dari hardisk itu sendiri apa. simak berikut ulasan lengkapnya.


Fungsi Hardisk

Apa Itu Hardisk 4
Isi Bagian Dalam Hardisk | intutekno.com

1. Fungsi Hardisk Paling Utama – Menyimpan Berbagai Macam File

Fungsi pertama dari Hardisk adalah menyimpan berbagai file pengguna, hal ini sudah sangat umum bagi para pengguna perangkat Komputer. Berbagai macam jenis file yang dapat disimpan meliputi file, data, dokumen virtual seperti pdf, mp3 dan lain sebagainya.

JANGAN LEWATKAN •
Banyak yang Belum Tahu, Apa sih Perbedaan RAM dan ROM?

2. Menyimpan Data OS dan Software

Fungsi selanjutnya dari Hardisk adalah menyimpan data yang dihasilkan dari OS atau Sistem Operasi dan Software. Agar sebuah software atau aplikasi pada perangkat Komputer bisa kamu install, maka diperlukan lah kapasitas Hardisk yang cukup untuk dapat menampung Software atau aplikasi tersebut.

Fungsi Hardisk satu ini juga akan berpengaruh terhadap kinerja sistem Software atau aplikasi yang sedang dipakai termasuk juga data OS seperti Windows atau Mac.

3. Sebagai Back-up Data

Selain menyimpan berbagai macam jenis file data, fungsi Hardisk lainnya ialah juga dapat mencadangkan file data yang kamu simpan tersebut. Dengan begitu kamu bisa lebih mengamankan data-data pada perangkat komputer agar tidak hilang.

Apalagi peran yang dimiliki oleh Hardisk adalah sebagai media penyimpanan, maka akan membuat kamu harus ekstra hati-hati dalam menyimpan data atau file.

JANGAN LEWATKAN •
4 Cara Mudah Untuk Mengetahui Spesifikasi Komputer dan Laptop Secara Detail

4. Sebagai Space Menyimpan Data

Lalu untuk fungsi terakhir dari Hardisk adalah untuk menyimpan Database atau suatu elemen utama yang diperlukan untuk dapat menjalankan perangkat Komputer. Database sendiri biasanya disimpan oleh banyak orang pada perangkat keras seperti Hardisk yang punya kapasitas ruang penyimpanan paling besar dari komponen Komputer lainnya.


Hardisk Apa Kira-Kira yang Terbaik?

Apa Itu Hardisk 5
Hardisk dan SSD | VRS Tech

Untuk kamu yang bingung dari jenis-jenis Hardisk mana yang lebih bagus, sebenarnya itu semua tergantung dari kebutuhan komputer milikmu. Jika kamu hanya menyimpan atau mentransfer file dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, maka Hardisk dengan ukuran kecil saja sudah cukup.


Itulah tadi penjelasan tentang apa itu Hardisk, fungsi serta jenis-jenisnya dari Teknodaim. Jika kamu punya pertanyaan tambahan lainnya, bisa tuliskan aja langsung ke kolom komentar yang tersedia.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks