Tips

Jangan Sampai Salah! Begini Cara Membersihkan Layar Laptop Dengan Benar

Setelah sekian lama dipakai, layar Laptop biasanya cenderung mulai memiliki banyak debu. Untuk itulah kita perlu membersihkan layar laptop kita dengan benar secara rutin.

Perlu kamu ketahui juga bahwa membersihkan layar Iaptop tidak bisa kamu lakukan secara sembarangan, kamu perlu menggunakan beberapa peralatan khusus. Kemudian bagian yang terpenting jangan sampai salah langkah karena bisa menyebabkan kerusakan pada layar laptop.

Alat-Alat yang Diperlukan

Terdapat beberapa alat khusus yang kamu butuhkan sebelum melakukan pembersihan pada layar laptop yakni sebagai berikut.

Cairan Pembersih Layar Dan Kain Pembersih
Cairan Pembersih Layar Dan Kain microfiber 
  • Cairan Pembersih Layar LCD
  • 2 kain microfiber pembersih kaca

Cairan Spray pembersih Layar LCD bisa kamu dapatkan dengan harga 20 Ribuan aja, sedangkan Kain Microfaber untuk satuannya seharga 5 Ribu.

Cara Membersihkan Layar Laptop

Waktu yang dibutuhkan: 30 menit.

Sebelum masuk ke tutorialnya, Teknodaim ingin sampaikan terlebih dulu kepada kalian untuk menyiapkan bahan yang diperlukan tadi.

  1. Matikan Laptop Terlebih dulu

    Pertama-tama matikanlah terlebih dulu Laptop yang ingin kamu bersihkan layarnyaCara Membersihkan Layar Laptop

  2. Basahi Kain Microfiber dengan Cairan Pembersih

    Selanjutnya ambil cairan pembersih yang sudah kamu siapkan lalu semprotkan pada 1 kain Microfiber. 2Cara Membersihkan Layar Laptop

  3. Gosok Layar Secara Perlahan dengan gerakan berbentuk Z

    pembersih yang sudah kamu siapkan lalu semprotkan pada 1 kain Microfiber. Kemudian gosok layar secara perlahan, Teknodaim sarankan untuk menggunakan gerakan berbentuk ZCara Membersihkan Layar Laptop

  4. Keringkan Layar

    Setelah selesai ambil 1 kain Microfiber lagi yang masih kering dan usapkan pada layar laptop yang basah. Ini bertujuan agar layar laptop kamu cepat kering dan pastinya menghindari kerusakan.Cara Membersihkan Layar Laptop

  5. Tunggu Sampai Layar Benar-benar Kering

    Jangan hidupkan laptop hingga layarnya sudah benar-benar bersih atau kering. Kalau sudah maka kamu sudah bisa menggunakan laptop kamu kembali seperti semula tapi dengan tampilan layar yang lebih kinclong.Cara Membersihkan Layar Laptop


Baca juga: Penyebab dan 3 Cara Mengatasi Dead Pixel Pada Layar



Hal-hal yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Layar Laptop Dibersihkan

Adapun beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membersihkan layar laptop antara lain sebagai berikut.

1. Jangan Lupa untuk Mematikan Laptop

Matikan Laptop
Ilustrasi Mematikan Laptop | CNET

Sebelum layar laptop kamu bersihkan, Teknodaim sarankan untuk mematikannya terlebih dulu. Soalnya pembersihan akan berjalan lebih nyaman karena gerakan apa pun tidak akan berpengaruh kepada sistem Laptop yang kemungkinan bisa saja menyebabkan kerusakan.

Selain itu jika layar mati, kamu juga jadi lebih mudah melihat debu, kotoran atau noda yang ada pada layar laptop.


2. Ketahuilah terlebih dulu jenis LCD Laptop

Layar LCD Laptop
Ilustrasi Layar Laptop | Medium.com

Selanjutnya kamu juga wajib tahu dengan jenis LCD layar laptop kamu, apakah kira-kira layar ini akan rusak atau tidak jika kita bersihkan dengan cairan. Terdapat beberapa kasus yang mana orang mengoleskan cairan pada layar laptop tapi bukannya bersih malah jadi rusak.

Itulah mengapa sangat wajib untuk kamu ya sebelum membersihkan layar laptop agar tidak terjadi hal yang tidak kamu inginkan. Hitung-hitung bisa buat tambah wawasan tentang spesifikasi laptop yang kamu gunakan.


3. Jangan menyemprotkan Cairan Langsung ke Layar

Jangan menyemprotkan Cairan Langsung ke Layar
Ilustrasi Membersihkan Layar Laptop | Getty Images

Nah buat kamu yang pertama kali atau sudah sering melakukan pembersihan layar laptop, perlu kamu ketahui kalau menyemprotkan cairan ada aturannya. Kalau kamu asal semprot bisa-bisa malah masuk ke komponen laptop sehingga bisa terjadi kerusakan.

Teknodaim menyarankan kamu untuk menyemprotkan cairan pada kain Microfiber terlebih dulu setelah sekali gosok barulah kamu coba semprot sedikit ke layar laptop.


4. Jangan bersihkan Layar dengan Gerakan Melingkar

Jangan bersihkan Layar dengan Gerakan Melingkar
Ilustrasi Membersihkan Layar Laptop | Getty Images

Membersihkan layar laptop juga ada gerakannya loh gak bisa asal-asalan dan jangan pernah lakukan dengan gerakan melingkar. Hal ini bisa bukannya membuat layar laptop kamu menjadi bersih melainkan akan meninggalkan goresan baru pada layar.


5. Jangan Menggosoknya Terlalu Keras

2 6
2 6

Terakhir jangan menggosok layar memakai emosi atau jangan terlalu keras, itu namanya kamu merusak layar laptop bukan membersihkannya. Seperti yang Teknodaim bilang sebelumnya lakukanlah secara perlahan yang penting aman.

Menggosok terlalu keras dapat menyebabkan komponen internal layar menjadi rusak dan juga meninggalkan goresan. Terlebih lagi layar laptop kamu akan memiliki bintik-bintik putih atau piksel mati yang biasanya permanen tidak bisa hilang.


Segitu aja kayaknya Tutorial dan Tips dari Teknodaim kali ini, jangan lupa untuk selalu berikan pendapat dan komentar kamu dengan menulisnya pada kolom yang tersedia.

Related Posts