Tips Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Hervi Nurul

Hervi Nurul

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah touchpad laptop yang tidak berfungsi. Salah satunya adalah mencoba menggunakan mouse eksternal.

Tips Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Tips Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah touchpad laptop yang tidak berfungsi. Salah satunya adalah mencoba menggunakan mouse eksternal. Touchpad adalah perangkat yang terdapat pada laptop dan berfungsi untuk menggerakkan pointer atau kursor saat disentuh.

Satu masalah yang sering terjadi pada touchpad adalah ketidakfungsian atau macet. Jika touchpad pada laptop tidak berjalan, Anda akan mengalami kesulitan dalam menggerakkan pointer dan tidak dapat menggunakan fitur-fitur pada laptop.

Namun, permasalahan pada touchpad ini dapat kita atasi sendiri tanpa perlu membawanya ke tempat layanan. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan touchpad laptop tidak berfungsi. Salah satunya adalah masalah pada software atau hardware laptop.

Tips Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi
Touchpad Laptop

Tips Mengatasi Touchpad Laptop yang tidak berfungsi

Ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah touchpad laptop yang tidak berfungsi, terlepas dari penyebabnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi touchpad yang tidak berfungsi pada laptop.

BACA JUGA:  Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Suka Mati Tiba-Tiba

1. Mengupdate Driver Touchpad

Tips yang pertama adalah Anda bisa mengupdate driver touchpad. Hal ini perlu Anda lakukan karena touchpad mungkin tidak berfungsi karena driver belum diperbarui.

Untuk memperbarui driver, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: pertama, klik Start Menu, kemudian pilih Device Manager. Setelah itu, cari dan klik Mice and other pointing devices. Kemudian, klik kanan dan pilih Update Driver Software.

Di sana, pilih opsi Search automatically for update driver software, lalu klik Lanjutkan. Setelah itu, sistem akan secara otomatis memperbarui driver hingga selesai. Jika driver touchpad sudah usang, maka fungsinya bisa menjadi tidak aktif. Jika setelah di-update masih tidak berfungsi, Anda dapat mencoba menginstal ulang driver tersebut.

2. Menggunakan mouse eksternal

Salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat update di laptop adalah dengan menggunakan mouse eksternal. Anda dapat memilih jenis mouse dengan kabel agar lebih praktis penggunaannya. Hal ini karena cukup Anda sambungkan ke port laptop dan langsung dapat digunakan.

BACA JUGA:  Laptop HP Victus 16, Konon Buat Main Game Ganteng Abis!

3. Aktifkan kembali touchpad

Masalah ketika mouse tidak berfungsi bisa terjadi karena pengaturan touchpad yang nonaktif. Untuk mengatasi hal ini, berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan mode touchpad pada laptop.

Untuk melihat apakah touchpad aktif atau tidak, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut: buka menu Start, pilih Pengaturan, kemudian pilih Perangkat. Selanjutnya, cari opsi Mouse dan Touchpad dan klik. Setelah itu, pilih Opsi Mouse

Jika Anda melihat mode touchpad nonaktif di pengaturan, cukup klik untuk mengaktifkannya kembali dan dapat berfungsi lagi. Atau, Anda juga dapat menggunakan shortcut tombol Fn+F6 secara bersamaan untuk mengaktifkan touchpad.

4. Instal Ulang Driver Touchpad

Mode touchpad yang tidak sinkron bisa terjadi pada laptop hybrid yang memiliki fitur touchscreen. Hal ini karena adanya pembaruan sistem driver touchpad yang tidak berhasil terinstal dengan baik. Jika driver touchpad sudah kedaluwarsa, maka fungsi touchpad menjadi tidak aktif.

BACA JUGA:  Qualcomm Snapdragon X Elite vs Apple M3, Mana yang Unggul?

Jika setelah melakukan pembaruan driver touchpad tetap tidak berfungsi, Anda dapat mencoba untuk menginstal ulang driver tersebut. Untuk membuka Device Manager, Anda perlu mencari opsi Mice and other pointing devices dan mengklik Uninstall.

Setelah itu, restart laptop Anda. Sistem Windows akan menginstal ulang driver agar touchpad dapat berfungsi kembali dengan baik.

Demikian tips mengenai pengaturan ulang touchpad laptop yang sudah tidak berfungsi. Semoga artikel ini membantu.

Baca juga:

LaptopMousetouchpadTouchpad Laptop

Related Posts