TikTok dan Tokopedia Gabung, Ada Duit Komitmen Miliaran Dolar!

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

TikTok dan Tokopedia bergabung. Kabaranya hal ini bertujuan untuk mendorong ekonomi digital di Indonesia. SElain itu, kabarnya, ikTok akan mengalokasikan dana lebih da1,5 Miliar Dollar AS atau sekitar 23,27 triliun rupiah sebagai bentuk komitmen jangka panjang.

Tiktok dan Tokopedia (infocimahi)

Tiktok Shop Dan Tokopedia (infocimahi)

Setelah beredar kabar sebelumnya, sekarang TikTok Shop akhirnya resmi hadir di Indonesia pada awal pekan ini. TikTok hadir melalui kerja samanya dengan PT GoTo Gojek Tokopedia. Dengan kata lain, Tiktok dan Tokopedia bergabung. Pengumuman ini mereka sampaikan melalui siaran pers di situs resmi TikTok Indonesia.

TikTok dan Tokopedia Gabung, Ada Duit Komitmen Miliaran Dolar!
TikTook dan Tokopedia Berdabung (Belitongekspres)

Baca Juga: TikTok Shop & Goto Gabung, Hargo: Perhatikan Keamanan Data (teknodaim.com)

TikTok Resmi Berinvestasi di Tokopedia

Kemarin, Tokopedia dan TikTok mengumumkan kerja sama strategis untuk meningkatkan perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Apalagi, dalam memberdayakan dan memperluas pasar bagi pelaku UMKM nasional.

Perusahaan Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia bergabung di bawah PT TikTok. PT Tokopedia akan TikTok kelola oleh dan akan memiliki kendali atas perusahaan tersebut. Selain itu, layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dijalankan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Baca Juga: TikTok dan GoTo Melakukan Kerja Sama demi TikTok SHop! – Teknodaim.com

BACA JUGA:  Codemasters Studio PHK Massal Karyawan, Ada Apa?

TikTok akan mengalokasikan lebih dari 1,5 miliar dollar AS sebagai bagian dari komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional. Meskipun begitu, investasi ini akan mereka lakukan tanpa mengurangi kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Kerja sama antara TikTok dan Tokopedia akan memberikan keuntungan kepada GoTo, yang akan menjadi mitra dalam ekosistem Tokopedia. Hal ini mencakup akses ke layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek. GoTo akan menerima pendapatan dari Tokopedia sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan perusahaan tersebut.

TikTok dan Tokopedia akan bekerja sama dengan melakukan uji coba yang akan diawasi oleh kementerian dan lembaga terkait. Uji coba ini rencananya akan dimulai pada tanggal 12 Desember 2023.

Penyebab Penutupan TikTok Shop

Sebelumnya, pada tanggal 4 Oktober 2023, TikTok Shop terpaksa berhenti operasionalnya. Pada hari tersebut, menu TikTok Shop yang biasanya ada di sebelah kanan menu utama tidak ada lagi dalam aplikasi TikTok.

BACA JUGA:  TikTok Buat Kantor Pusat Baru Tapi Enggan di China, Kenapa?

Baca Juga: TikTok Shop Diminta Kementerian BUMN untuk Utamakan UMKM (teknodaim.com)

Pemilik TikTok, ByteDance, telah menutup TikTok Shop sebagai bentuk kepatuhan terhadap Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023. Yang mana peraturan itu mengenai perizinan, periklanan, pembinaan, dan pengawasan pelaku usaha dalam perdagangan melalui sistem elektronik.

Menurut aturan yang berlaku mulai 26 September 2023, platform social commerce seperti TikTok, Instagram, dan Facebook di Indonesia hanya boleh berguna untuk memfasilitasi promosi produk dan layanan yang pedagan jual, dan tidak ada izin untuk melakukan transaksi jual beli di platform tersebut.

Peraturan ini memiliki dampak langsung pada bisnis e-commerce TikTok di mana pengguna dapat membeli dan membayar barang atau jasa melalui aplikasi TikTok. Namun, di Indonesia, TikTok hanya berfungsi sebagai Penyedia Sistem Elektronik (PSE).

Kesimpulan

Kesimpulannya, agar dapat melakukan transaksi jual beli di platform yang perusahaan miliki, penyedia layanan elektronik seperti TikTok harus memiliki izin usaha dalam bidang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE).

BACA JUGA:  TikTok Notes, Persaingan Platform Berbagi Foto dengan Instagram

PMSE adalah izin perdagangan yang melibatkan transaksi melalui platform dan prosedur elektronik. Di sisi lain, PSE merupakan penggunaan sistem elektronik oleh pemerintah, individu, perusahaan, dan masyarakat untuk menyediakan layanan publik dan non-publik.

Melalui kolaborasi antara Tiktok dan Tokopedia, TikTok Shop kembali beroperasi melalui platform belanja lokal Indonesia tersebut. Tokopedia akan mengelola dan mengoperasikan fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia.

Baca Juga:

BeritaMarketplacePlatformTikToktiktok shop

Related Posts