Teknodaim

    Profil Budi Arie Setiadi Sebagai Menkominfo Terbaru

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi melantik Budi Arie Setiadi menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

    Profil Budi Arie Setiadi

    Profil Budi Arie Setiadi

    Hari ini, Senin (17/7/2023), Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi melantik Budi Arie Setiadi menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Upacara pelantikan berlangsung di Istana Negara.

    Sebelumnya, Budi Arie memegang posisi sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT). Dia juga terkenal sebagai kepala kelompok relawan Pro Jokowi (Projo), organisasi relawan pendukung Jokowi yang merupakan salah satu yang terbesar.

    Baca Juga:

    Laki-laki yang lahir di Jakarta, 20 April 1969, ini juga terkenal sebagai seorang aktivis dan sukarelawan. Ditambah lagi, dia juga memiliki pengalaman sebagai pekerja di bidang media.

    Mengenai riwayat pendidikannya, Budi adalah alumni sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Indonesia (UI). Dia juga melanjutkan pendidikannya ke tingkat master di universitas yang sama, jurusan Manajemen Pembangunan Sosial.

    BACA JUGA:  Resmi Rilis di Tanah Air, Berikut Spesifikasi dan Harga Nokia 5.3

    Karir Budi Arie Setiadi

    Profil Budi Arie Setiadi Sebagai Menkominfo Terbaru
    Karir Budi Arie Setiadi

    Dikutip dari situs resmi Kemendesa PDTT, Budi Arie memulai karirnya sebagai jurnalis di Media Indonesia Minggu mulai tahun 1994 sampai 1996.

    Setelah meninggalkan Media Indonesia, dia tetap berkecimpung di bidang jurnalistik dengan bekerja sebagai wartawan di mingguan ekonomi Kontan dari tahun 1996 sampai 2001.

    Pada tahun 2001, Budi kemudian memasuki ranah bisnis di PT Mandiri Telekomunikasi Utama. Di tempat tersebut, karirnya berkembang pesat dan berhasil menjadi direktur utama hingga tahun 2009.

    Pada tahun 2010, dia berpindah ke PT Daya Mandiri dan menempati posisi direktur sampai tahun 2014. Di sisi lain, Budi Arie Setiadi juga bertugas sebagai Direktur Utama NKE Investama, dan Direktur di PT Sarana Global Informasi sejak tahun 2009 sampai 2014.

    Pada tahun 2011, dia juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Mitra Lumina Indonesia sampai 2014.

    BACA JUGA:  Negara Buru Bjorka, Tetapi Kok Warga yang Ditangkap?

    Karier politiknya bermula ketika dia masuk ke Partai PDI Perjuangan. Dia menjabat sebagai Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta untuk periode 2005-2010 dan juga sebagai Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

    Di tahun 2013, Budi membangun tim relawan Pro Joko Widodo (Projo) yang selanjutnya memberikan kontribusi signifikan untuk kemenangan Joko Widodo di Pilpres 2014 dan 2019.

    Ganti Johnny G Plate

    Budi Arie telah resmi menjabat sebagai Menkominfo. Dia mengambil alih posisi dari Johnny G Plate yang telah menjabat sebagai Menkominfo mulai tahun 2019 sampai Mei 2023. Johnny dipecat dari posisi tersebut karena ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan BTS.

    Tempat Johnny sementara ini diambil alih oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, sesuai dengan petunjuk dari Presiden Jokowi.

    BACA JUGA:  Begini Cara Lapor Mati Listrik ke PLN Lewat HP Gratis

    Setelah penunjukan Budi Arie sebagai Menkominfo, Mahfud MD tidak lagi bertugas sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menkominfo.

    IndonesiaKominfo

    In This Article

    Related Posts