Berita

Menkominfo: Soal Data Kartu SIM Bocor? Tanya BSSN Aja

Seperti yang kita ketahui, baru-baru ini data kartu SIM (registrasi) telah bocor dan diperjualbelikan oleh akun bernama Bjorka di forum Breached. Karena kebocoran ini, Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) telah melakukan investigasi mendalam mengapa hal ini bisa terjadi.

Proses investigasi kebocoran data tersebut sudah selesai dan ATSI sudah memberikan hasilnya ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Saat ditanya mengenai hal ini, Johnny G. Plate sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) berkata:

kalau tanya hasil investigasi, tanya ke Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), jangan tanya ke saya.

Johhny G. Plate (Menkominfo)

Memang cukup lucu, mengapa kita harus bertanya ke BSSN, sedangkan ATSI sendiri sudah memberikan hasil investigasi kepada Kominfo. Kita cukup positif-thinking saja, dan menganggap bahwa hasil investigasi tersebut masih rahasia dan tidak boleh dibeberkan.

Data Kartu SIM Bocor oleh Orang Dalam?

Data Kartu Sim Bocor Oleh Orang Dalam
Data Kartu SIM Bocor oleh Orang Dalam? | Ayo Indonesia

Selain itu, setelah ditanya ke Sekjen ATSI, Marwan O. Baasir, dia mengatakan bahwa tidak ada akses ilegal di masing-masing operator, seperti Telkomsel, Indosat , Smartfren, Three, Axis dan XL. Jika seperti itu, berarti terdapat orang dalam yang membocorkan data penting ini, atau mungkin juga hackernya sudah kelewat jago, makanya dia tidak terdeteksi menggunakan akses ilegal.

Terlepas dari itu, saat ini BSSN sedang mengirimkan tim Incident Response atau Computer Security Incident Response Team (CSIRT) untuk investigasi lebih dalam. Jika mereka sudah mendapatkan informasi lainnya mengenai kebocoran ini, mereka akan segera melaporkannya.

Semoga saja insiden data kartu SIM bocor ini secepatnya menemukan jalan terang, karena saat ini semua data tersebut masih ada ditangan hacker dan diperjualbelikan juga. Kabarnya hacker tersebut tidak menjual data registrasi kartu SIM ini dengan harga yang mahal.

Cukup sedih memang mendengar bahwa data penting seperti itu tidak dihargai mahal. Padahal itu adalah aset yang sangat penting bagi kita. Bahkan dengan aset tersebut, hidup kita bisa hancur (jika disalahgunakan, seperti menipu dan sejenisnya).

Ilustrasi Hacker
Ilustrasi Hacker | Pikiran Rakyat

Selain itu, bagi kalian yang penasaran berapa banyak data kartu SIM yang bocor, bisa melihatnya melalui link ini. Dalam artikel tersebut kalian juga bisa menemukan sebuah pesan dari hacker kepada Menkominfo loh.

What's your reaction?

Related Posts