Planet Misterius Terdeteksi Mengorbit Disini, Alien?

Muhammad Solihin

Muhammad Solihin

Setelah sebelumnya terungkap bahwa peneliti mendapat temuan adanya Planet yang Bertabrakan sejak beberapa tahun silam. Kini mereka menemukan bahwa ada objek yang disebut sebagai Planet Misterius mengorbit di dekat matahari. Peneliti dan ilmuwan menduga kuat kalau di Tata Surya Proxima Centauri ada sebuah planet tersembunyi yang mengorbit. Wah ini planet baru atau lama ya? Mengenai […]

Planet misterius by teknodaim

Foto Ilustrasi | Aset NASA

Setelah sebelumnya terungkap bahwa peneliti mendapat temuan adanya Planet yang Bertabrakan sejak beberapa tahun silam. Kini mereka menemukan bahwa ada objek yang disebut sebagai Planet Misterius mengorbit di dekat matahari.

Peneliti dan ilmuwan menduga kuat kalau di Tata Surya Proxima Centauri ada sebuah planet tersembunyi yang mengorbit. Wah ini planet baru atau lama ya?

Mengenai Temuan Planet

Proxima Centauri sendiri adalah bintang yang letaknya bisa dibilang sangat dekat dengan Bumi, berjarak sekitar 4,2 tahun cahaya. 3 Tahun lalu tepatnya pada 2016, astronom menemukan ada planet yang diteliti memiliki potensi kehidupan.

Dalam hal ini diduga ada kehidupan, sehingga bisa ditinggali di Proxima Centauri. Mereka menyebutnya Proxima B, kemudian astronom mencoba melakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan teleskop di Chile. Planet misterius.

Planet Misterius Terdeteksi Mengorbit Disini, Alien?
Foto Ilustrasi | Teguh Timur

Astronim mencoba melacak sinyal cahaya agar bisa melihat planet lain di sistem bintang Proxima Centauri. Kemudian mereka menemukan sinyal spektrum cahaya dari sumber tak dikenal di bintang tersebut, namun diduga bukan planet.

BACA JUGA:  NASA Menemukan 2 Planet yang Bertabrakan, Ini Faktanya

Kemudian pada jurnal Science Advances mempublikasikan bahwa dalam studi barunya, ilmuwan telah mengalanisa sinyal bersangkutan. Mereka menemukan bahwa sinyal bersangkutan ternyata mengalami hal seperti perubahan cahaya.

Perubahan yang dimaksud mengindikasikan bahwa ada planet lain di sana, meski belum benar-benar dipastikan karena masih perlunya penelitian lebih jauh lagi.


Planet Baru

Setelah beberapa waktu, akhirnya sesuatu yang diduga planet itu diberi nama Super Earth atau kalau kita terjemahkan berarti Bumi Super. Penamaan, karena masa planet kemungkinan lebih tinggi tapi tak sebesar Uranus ataupun Neptunus.

Bukan hayal, Planet Proxima B tentu menghebohkan ketika ditemukan. Ditambah lagi planet itu diduga mempunyai kehidupan, bahkan jaraknya juga cukup dekat dengan bumi. Menarik ya, apakah akan segera dijajal para astronot? Kita tak tahu.


Sumber: Detik Inet

PlanetPlanet MisteriusProxima BProxima Centauri

Related Posts