Teknodaim

    Microsoft Teams dan Office 365 Akan Terpisah Secara Global

    Microsoft Teams, sebuah platform komunikasi bisnis dan pertemuan melalui video, sekarang telah dipisahkan dari paket Microsoft Office.

    Microsoft Teams, sebuah platform komunikasi bisnis dan pertemuan melalui video, sekarang telah dipisahkan dari paket Microsoft Office.

    Hal ini terjadi sebagai hasil dari penyelidikan kartel di Eropa, di mana Teams dan Office 365 telah terpisahkan sejak Oktober tahun lalu. Pemisahan ini berlaku global saat ini.

    Microsoft telah mengadopsi standar penawaran gaya Eropa secara global, menurut laporan Reuters. Seorang juru bicara perusahaan tersebut menjelaskan bahwa langkah ini mereka ambil untuk memastikan kejelasan bagi pelanggan.

    Meskipun versi paket Teams dan Office masih tersedia di seluruh dunia, pelanggan sekarang memiliki opsi untuk beralih ke langganan khusus Teams yang terpisah, memilih paket Office tanpa Teams, atau tetap menggunakan paket yang mereka gunakan saat ini.

    Baca Juga: Microsoft Teams: Definisi, Kelebihan, dan Fitur-Fitur Unggulannya

    Awal Mula Microsoft Memisahkan Teams dan Office 365

    Microsoft Teams dan Office 365 Akan Terpisah Secara Global
    Ilustrasi Microsoft Teams

    Microsoft telah lama menjadi perhatian regulator Eropa terkait praktek bundling produk. Hal ini juga berlaku untuk perusahaan teknologi besar lainnya. Baru-baru ini, Komisi Eropa melakukan investigasi setelah menerima keluhan dari Slack, pesaing layanan obrolan kantor milik Salesforce.

    BACA JUGA:  Fitur Control Panel Akan Dihapus dari Windows 10

    Namun, pertikaian antara Microsoft dan regulator Uni Eropa bermula pada tahun 1998, ketika penyelidikan terhadap Windows berlangsung selama enam tahun dan berakhir pada tahun 2004 dengan denda sebesar $613 juta.

    Baca Juga: Microsoft dan OpenAI Siap Buat Komputer Super Stargate AI

    Pada tahun 2008 dan 2013, adanya investigasi lanjutan dan denda tambahan, sehingga total denda yang terkenakan mencapai lebih dari satu miliar dolar.

    Oleh karena itu, tidak heran jika perusahaan sangat berkeinginan untuk mencegah terjadinya denda terbaru. Para ahli mengatakan bahwa langkah ini mungkin tidak akan membuat Komisi Eropa merasa puas.

    Kabar ini dapat menyebabkan kebingungan bagi perusahaan yang secara aktif menggunakan Teams sebagai program komunikasi utama karyawan mereka, atau mungkin membuat alternatif seperti Slack menjadi lebih menarik dengan harga Office yang lebih murah.

    Namun, kebanyakan pengguna individu di rumah tidak akan memperhatikan perbedaannya. Versi gratis Microsoft Teams, yang menyediakan panggilan video satu lawan satu dan pertemuan grup tanpa batasan waktu hingga 60 menit, tidak akan berhasil.

    BACA JUGA:  Begini Cara Untuk Mengaktifkan Dark Mode atau Mode Gelap di Windows 11

    Baca Juga: Microsoft Office 2024 Bisa Dibeli Permanen, Apa Keuntungannya?

    MicrosoftMicrosoft TeamsOffice 365

    In This Article

    Related Posts