Teknodaim

    DPR Desak Realisasikan 5G di Indonesia, Menkominfo Buka Suara

    Sebelumnya anggota Baleg DPR RI sekaligus politikus Indonesia, yaitu John Kenedy Azis meminta kepada pemerintah untuk segera merealisasikan jaringan 5G di Indonesia. John mengatakan DPR akan mendukung kerjasama untuk menyukseskan tersebar luasnya jaringan 5G di Indonesia. Tidak hanya John saja, banyak juga anggota didalam DPR yang mendesak Kominfo untuk segera bergerak cepat, jika tidak Indonesia […]

    Ilustrasi Jaringan 5G

    Ilustrasi Jaringan 5G | detikInet

    Sebelumnya anggota Baleg DPR RI sekaligus politikus Indonesia, yaitu John Kenedy Azis meminta kepada pemerintah untuk segera merealisasikan jaringan 5G di Indonesia. John mengatakan DPR akan mendukung kerjasama untuk menyukseskan tersebar luasnya jaringan 5G di Indonesia.

    Tidak hanya John saja, banyak juga anggota didalam DPR yang mendesak Kominfo untuk segera bergerak cepat, jika tidak Indonesia akan ketinggalan jauh dari negara lainnya. Walaupun begitu, tetap saja sepertinya hal ini terlalu terburu-buru.

    DPR Desak Realisasikan 5G di Indonesia, Menkominfo Buka Suara
    John Kenedy Aziz | Kompas.com

    Selaku Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johhny G Plate merespon atas desakan tersebut. Dia mengatakan saat ini pemerintah memang sudah menyiapkan payung hukum untuk menggunakan spektrum frekuensi radio 5G. Namun masih memerlukan banyak hal, karena ketersediaan frekuensi radio untuk menyebarkan 5G sendiri sangat terbatas.

    Johhny juga mengatakan walaupun Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mendapatkan dukungan dari anggota DPR RI, tetap saja sulit. Soalnya untuk memperluas jaringan 5G di Indonesia membutuhkan banyak ketersediaan. Kita harus mengatasi masalah ketersediaan tersebut dulu baru dapat melanjutkan penerapan jaringan 5G di Indonesia.

    Alasan Operator Indonesia Lebih Dulu Uji 5G

    Banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa operator telekomunikasi lebih dulu menguji coba jaringan 5G daripada pemerintah. Nyatanya, terdapat sebuah undang-undang yang dikatakan DPR bisa memberikan operator telekomunikasi kemudahan untuk merealisasikan jaringan 5G.

    BACA JUGA:  4 Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga Dengan Mudah

    Oleh karena kemudahan ini lah para operator telekomunikasi terkemuka Indonesia berlomba-lomba menguji coba jaringan 5G mereka. Walaupun tidak terlalu banyak bukti yang didapat dari ujian tersebut, kabar baiknya berkat ini tercipta lapangan kerja untuk masyarakat.

    Operator Indonesia yang Menguji Jaringan 5G

    Saat ini sendiri sudah banyak operator telekomunikasi Indonesia yang sudah melakukan uji coba penggunaan teknologi 5G. Seperti Telkomsel, Smartfren, Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia (Tri).

    DPR Desak Realisasikan 5G di Indonesia, Menkominfo Buka Suara
    XL Axiata Uji Coba Teknologi 5G | Indonesia.go.id

    Bagi yang belum tau, kabarnya saat ini China telah meluncurkan sebuah satelit 6G pertama di dunia ke luar angkasa. Mereka mengungkapkan satelit ini diluncurkan untuk menguji pita spektrum baru sekaligus menggelar jaringan 6G untuk dunia. Padahal masih banyak negara yang belum merealisasikan jaringan 5G, China malah sudah lebih dulu mencoba untuk membuat jaringan 6G.


    Sumber : Detik Inet

    Related Posts