4 Aplikasi yang Bakal Kamu Butuhin Saat Berada di Aksi Demo (Unjuk Rasa)

in , , , ,
Aplikasi yang dibutuhin saat demo by teknodaim

Beberapa hari terakhir menjelang masuknya bulan Oktober, publik tanah air diramaikan dengan adanya aksi Demo dari mahasiswa dan masyarakat. Sebelum ikut turun ke jalan, mungkin kamu wajib tahu nih aplikasi-aplikasi yang dibutuhin saat demo.

4 Aplikasi Penting yang Bermanfaat Saat Unjuk Rasa

Aksi unjuk rasa yang terjadi baru-baru ini (September 2019), terkait dengan RUU Kontroversial yang dipublikasikan dan akan disahkan DPR. Bagi kamu yang ikutan atau ada kepentingan meliputi dalam aksi tersebut, aplikasi-aplikasi berikut bakal diperluin:


1. Google Maps

Cara melacak lokasi seseorang by teknodaim

Aplikasi penting yang pertama tentu saja penunjuk arah alias Google Maps. Aplikasi ini tentu sangat berguna, karena akan membantu kamu jika sedang kebingungan sedang berada di area mana, jalan mana bahkan buat kamu yang tidak hafal arah jalan.

Google Maps bisa juga digunakan untuk alat COD menentukan tempat lokasi pertemuan, atau tempat kalian sama-sama mencari titik keberangkatan Long March. Semoga aksi Demonstrasi atau unjuk rasa bisa terus berjalan secara tertib dan aman.


2. Waze

Aplikasi yang dibutuhin saat demo by teknodaim

Menyambung dari fungsi Google Maps, Waze adalah aplikasi yang akan membantu kamu untuk mendapat informasi penting tentang jalanan. Mulai dari kondisi lalu lintas, serta memantai mengenai peristiwa terbaru yang ada di jalan raya.

Berita-berita tersebut adalah informasi real time yang datang dari para netizen dan media. Tentu ini benar-benar menjadi salah satu aplikasi yang dibutuhin saat demo.


3. Twitter

Aplikasi yang dibutuhin saat demo by teknodaim

Rasanya, waktu kosong saat unjuk rasa akan terisi dengan dagelan-dagelan dan hiburan netizen yang bisa ditemuin di sosial media seperti Twitter. Isu-isu dan perkembangan informasi terbaru juga akan dihadirkan oleh teman-teman lain.

Atau kamu yang berbagi cerita dan update informasi yang bisa dibagikan ke para penghuni Twitter. Jangan lupa untuk menulis Hastag atau Tagar terkait aksi demo.


4. Speedtest by Ookla

Aplikasi yang dibutuhin saat demo by teknodaim

Ini buat apa sih? Haha. Saat dalam kondisi unjuk rasa, tentu kita membutuhkan koneksi internet yang stabil dan mendukung saat meliput atau memantau informasi terkini tentang kejadian. Nah disitulah peran aplikasi Speedtest by Ookla.

Dengan aplikasi tersebut, kita bisa mengetahui apakah koneksi internet atau jaringan dari Provider yang kita gunakan sedang dalam keadaan stabil dan layak pakai atau tidak. Jika tidak memungkinkan, lebih baik minta Hotspot teman di lokasi.


Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi yang dibutuhin saat demo, berguna buat wartawan ataupun kalian yang tergabung dalam aksi. Semoga bermanfaat.