Kehancuran Bumi, Berapa Lama Lagi Kita Akan Tinggal?

Artikel pada kesempatan kali ini mengulas tentang kehancuran yang terjadi di miliran tahun yang akan datang.

Ilustrasi Kehancuran Bumi (adirsakhadammo)

Kehancuran bumi? Satu tujuan eksplorasi luar angkasa adalah untuk menemukan planet lain yang dapat dihuni selain Bumi. Para ilmuwan menyadari bahwa suatu saat, Bumi akan mencapai akhir hayatnya. Namun, apakah Anda pernah berpikir kapan hal itu akan terjadi dan berapa lama Bumi akan bertahan?

Kehancuran Bumi, Berapa Lama Lagi Kita Akan Tinggal?
ilustrasi kehancuran bumi (wallpaperup)

Baca Juga:

Punahnya Bumi

Menurut penelitian Live Science pada Selasa (5/12/2023), Matahari saat ini merupakan sumber kehidupan dan energi yang sangat penting bagi Bumi. Namun, diketahui bahwa suatu saat nanti, ketika Matahari semakin tua, siklus hidup bintang di pusat Tata Surya akan menyebabkan kehancuran Bumi. Pertanyaannya adalah, berapa lama waktu yang tersisa bagi Bumi sebelum akhirnya “ditelan” oleh Matahari?

Menurut perkiraan, Kehancuran bumi akan terjadi dalam beberapa miliar tahun mendatang. Hal ini penyebabnya karena evolusi alami Matahari yang membuat Bumi tidak bisa lagi bagi sebagian besar organisme untuk huni menghuni. Baik itu dalam rentang waktu antara 1,3 miliar hingga 4,5 miliar tahun. Proses evolusi tersebut akan membuat Matahari berubah menjadi raksasa merah dan akhirnya menelan Bumi. Ravi Kopparapu, seorang ilmuwan planet di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, menjelaskan bahwa raksasa merah terbentuk pada tahap akhir evolusi bintang ketika bintang kehabisan hidrogen sebagai bahan bakar fusi nuklirnya dan mulai meredup.

BACA JUGA:  Hujan Meteor Phoenicid Sebuah Fenomena Langit yang Memukau!

Setelah fusi berhenti, gaya tarik gravitasi akan berperan. Inti helium akan terkompresi karena gaya tarik gravitasi, dan ini akan meningkatkan suhu. Naiknya suhu ini akan menyebabkan lapisan plasma di sekitar Matahari mengembang secara drastis. Kopparapu menyatakan bahwa Matahari akan membesar setidaknya seukuran orbit Bumi.

Baca Juga:

Keberuntungan Manusia

Namun, kehidupan di planet dapat berakhir lebih cepat dari itu. Mengapa? “Anda tidak perlu menunggu saat Matahari mencapai Bumi. Planet ini akan mengalami suhu yang sangat tinggi sebelum Matahari berubah menjadi raksasa merah,” jelas Kopparapu. Ketika Matahari semakin tua, suhu lautan akan meningkat, atmosfer akan hilang, dan gaya pasang surut dari gravitasi matahari yang akan membuat kehancuran Bumi.