Worm AI Morris II, Ancaman Baru yang Mengintai di Dunia Internet

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Ada yang baru di dunia internet. Apa itu? yaitu kabarnya ada worm AI bernama Morris II yang memiliki kemampuan bisa mencuri data pribadi dengan cara yang tidak biasa.

Ilustrasi Worm Ai Yang Merupakan Malware (the Decoder)

Ilustrasi Worm Ai Yang Merupakan Malware (the Decoder)

Kriminalitas di dunia maya sepertinya semakin berkembang dengan pesat. Baru-baru ini, kami mendapat informasi tentang adanya Worm AI yang konon bisa mencuri data pribadi kamu dengan cara yang tidak biasa. Bagaimana sebenarnya cara kerja worm ini?

Hati-hati, Worm AI Dapat mencuri data pribadi!

Sejak tahun 1970-an, worm telah menjadi masalah yang mengganggu pengguna PC. Biasanya, worm ini menyerang jaringan komputer dan menyebabkan peningkatan lalu lintas yang tidak berguna.

Menurut informasi yang tom’sHardware laporkan, para ahli peneliti telah menemukan worm terbaru yang menggunakan kecerdasan buatan dan bernama Morris II. Worm AI ini berbeda dari versi sebelumnya. Hal tersebut karena tidak hanya menyebabkan masalah pada jaringan komputer korban, tetapi juga mencuri data mereka.

Worm AI Morris II, Ancaman Baru yang Mengintai di Dunia Internet
Ilustrasi Worm Ai yang Merupakan Malware (Donyayeai.ir)

Ancaman Worm AI bernama Morris II ini tidak berhenti hanya di situ saja. Worm yang memiliki dukungan kecerdasan buatan ini akan secara otomatis berkembang biak dan mencari korban lain melalui email yang pelaku kirim, dengan tujuan menimbulkan kekacauan seperti yang worm Morris lakukan pada tahun 1988.

BACA JUGA:  3 Cara Cek Kecepatan Internet dengan Mudah Lewat HP dan PC

Para ahli mengungkapkan bahwa metode serangan cacing ini beroperasi dengan menggunakan perintah. Yang mana dapat menggandakan dirinya sendiri dan dapat pelaku gunakan untuk menyebarkan konten berbahaya melalui teks yang menggunakan kecerdasan buatan. Bahkan, dapat pelaku tanamkan pada gambar dengan format apa pun.

Apakah Worm Ini Dapat Menjadi Lebih Cerdas?

Selain memiliki kemampuan seperti worm pada umumnya, Worm AI Morris II kabarnya juga menargetkan aplikasi yang menggunakan Generative AI, termasuk email yang telah memiliki kecerdasan buatan. Beberapa contoh aplikasi yang menjadi sasarannya adalah aplikasi Gemini Pro, ChatGPT 4.0, dan LLaVA.

BACA JUGA:

Jadi, ketika pengguna menginput perintah teks, worm Morris II akan mengirimkannya ke sistem GPT-4 atau Gemini Pro untuk kemudian diproses kembali. Pada saat ini, konten yang telah mengalami pembaharuan akan melakukan jailbreak pada layanan Generative AI dan mengambil data secara tidak sah.

BACA JUGA:  Corona Dijadikan Modus Oleh Para Hacker Penyebar Malware

Worm yang menakutkan ini tidak berhenti hanya di situ. Worm tersebut kemudian membuat salinan dirinya sendiri dan mengirimkannya ke semua kontak yang dimiliki oleh orang yang terinfeksi. Ketika terinfeksi, worm ini akan mencuri semua informasi pribadi korban, termasuk data kartu kredit dan nomor jaminan sosial.

AIArtificial IntelligenceInternetMalwareWorm AI

Related Posts