TutorialOut of Tech

8 Cara Menghapus Data Pinjol, Paling Lengkap dan Ampuh!

Cara menghapus data pinjol itu lumayan ribet, karena disini kita sedang membahas data penting, seperti kartu SIM, foto KTP, NIK dan sebagainya. Namun tenang, walaupun ribet, tetapi setelah data pinjol dihapus, kamu bisa tenang dan bahkan melakukan pinjaman lainnya.

Tetapi biasanya terdapat syarat dan ketentuan berlaku agar pihak pinjol tersebut dapat atau bisa menghapus data-data kamu yang ada di server mereka. Namun bila kamu sudah memenuhi syarat dan ketentuan tersebut, jangan khawatir.

Ilustrasi Pinjol
Ilustrasi Pinjol | Okezone Ekonomi

Perbedaan Pinjol Legal dan Ilegal di Indonesia

Ngomong-ngomong soal pinjol, pastinya kalian pernah berpikir apa perbedaan legal dan ilegal bukan? Jawabannya simpel, namun pastikan kalian membacanya dengan teliti, karena kesimpelan tersebut dapat membuat kamu sengsara.

Perbedaan paling bahaya hanya di data saja, kabarnya rata-rata pinjol ilegal akan menyimpan data pribadi yang kamu berikan kepada mereka selamanya. Tentu saja mereka melakukan hal tersebut untuk jaminan mereka terhadap kamu, atau mungkin saja data kamu bisa disalahgunakan oleh mereka.

Sedangkan untuk pinjol legal adalah sebaliknya, dimana kamu bisa meminjam dengan nyaman di aplikasi mereka dan tanpa takut data kamu disalahgunakan. Soalnya pinjol legal semuanya sudah terdaftar di OJK, jadi pihak pemerintah tersebut memantau semua aplikasi pinjol yang legal. Selain yang sudah kami bahas, kamu bisa melihat informasi lainnya terkait perbedaan pinjol legal dan ilegal melalui foto dibawah ini.

Perbedaan Pinjol Legal Dan Ilegal
Perbedaan Pinjol Legal dan Ilegal | OJK

Berikut 8 Cara Menghapus Data Pinjol Hanya Untuk-mu!

Jika kamu sudah paham, berikut 8 cara menghapus data pinjol yang sudah Teknodaim rangkum untuk kamu yang menggunakan aplikasi pinjol legal maupun ilegal. Perlu diingat, semua butuh proses, oleh karena itulah kalian harus bersabar dalam mengikuti cara dibawah ini agar data pinjol kamu dihapus ya!

1. Menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Cara Menghapus Data Pinjol, Menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (ojk)
Menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) | OJK

Cara menghapus data pinjol yang pertama adalah dengan menghubungi Otoritas Jasa Keuangan atau yang biasa kita sebut sebagai OJK. Namun kamu hanya bisa menggunakan cara pertama ini jika pihak pinjol tersebut menyalahgunakan data kamu ya! Jika kamu sudah paham, berikut cara menghubungi OJK.

  • Hubungi Call Center resmi OJK (157)
  • Hubungi WhatsApp OJK di 081-157-157-157
  • Kunjungi situs website OJK
  • Email pihak OJK lewat waspadainvestasi@ojk.com

2. Menghubungi Call Center Pinjol

Menghubungi Call Center Pinjol
Menghubungi Call Center Pinjol | World

Menghubungi Call Center aplikasi pinjol adalah cara yang paling tepat jika tidak ada penyalahgunaan terhadap data kamu. Cara menghapus data pinjol yang kedua ini memang cukup simpel. Kamu bisa melihat nomor Call Center mereka lewat situs website ataupun aplikasi layanan pinjol yang kamu gunakan.


3. Menghapus Data Aplikasi Pinjol Kamu

Cara Menghapus Data Pinjol, Menghapus Data Aplikasi Pinjol Kamu
Menghapus Data Aplikasi Pinjol Kamu | YouTube

Memang cara menghapus data pinjol yang satu ini kurang masuk akal, mengingat pihak dari aplikasi pinjol menyimpan data kamu di server mereka. Namun, terdapat aplikasi yang tidak seperti itu. Oleh karena itulah kamu bisa menghapus data aplikasi pinjol kamu tersebut lewat pengaturan atau tekan lama aplikasi tersebut, lalu info aplikasi dan hapus data.


4. Menghapus Aplikasi Pinjol Kamu

Menghapus Aplikasi Pinjol Kamu
Menghapus Aplikasi Pinjol Kamu | Danaku

Sama seperti cara menghapus data pinjol yang ketiga, kamu disini hanya perlu menghapus aplikasi pinjol tersebut, jika menghapus data kurang meyakinkan bagimu. Caranya mudah, buka pengaturan atau kamu bisa pergi ke Play Store/App Store, dan cari aplikasi pinjol kamu tersebut, lalu Uninstall.


5. Menghapus Akun Media Sosial Kamu

Menghapus Akun Media Sosial Kamu
Menghapus Akun Media Sosial Kamu | Twitter

Jika kamu menggunakan akun media sosial untuk login ke aplikasi pinjol tersebut, ada baiknya menghapus akun medsos kamu. Cara menghapus data pinjol yang satu ini hanya perlu kamu lakukan jika pihak dari aplikasi tersebut meminta akses ke akun medsos kamu, seperti Facebook, Twitter dan semacamnya.


6. Menghapus Data Smartphone Kamu

Cara Menghapus Data Pinjol, Menghapus Data Smartphone Kamu
Menghapus Data Smartphone Kamu | Hardset

Jika kamu ingin yang lebih ekstrem, menghapus atau mereset data smartphone kamu adalah pilihan yang tepat. Karena cara menghapus data pinjol yang satu ini akan menghapus semua yang ada di smartphone kamu, tidak hanya aplikasi pinjol tersebut saja.


7. Mengganti Kartu SIM Kamu

Mengganti Kartu Sim Kamu
Mengganti Kartu SIM Kamu | Indosa

Memang bukan pilihan yang terbaik, namun dengan mengganti kartu SIM, kamu bisa lari dari kejaran Debt-Collector yang terus menelepon kamu. Namun pastikan bahwa kartu tersebut tidak penting dan hanya sekali pakai saja. Walaupun penting, pastikan juga bahwa kamu melakukan backup terhadap kartu SIM tersebut.


8. Melunasi Tagihan Pinjol

Cara Menghapus Data Pinjol, Melunasi Tagihan Pinjol
Melunasi Tagihan Pinjol | Detik

Cara menghapus data pinjol yang paling masuk akal dan pastinya ampuh adalah melunasi tagihan pinjol kamu. Dengan begitu, nantinya mereka akan menghapus data kamu di server mereka jelang beberapa minggu setelah pelunasan yang kamu lakukan.

Perlu diingat bahwa ini hanya berlaku untuk aplikasi pinjol yang legal saja. Seperti yang kita ketahui, aplikasi pinjol ilegal tidak akan menghapus data kamu, karena mereka akan menggunakannya untuk hal lain, yap, tepat seperti yang kamu pikirkan. Oleh karena itulah jika kamu menggunakan pinjol ilegal, cara yang paling tepat adalah menghubungi pihak pemerintah, seperti OJK.


Itulah tadi 8 cara menghapus data pinjol yang ampuh dan tentunya bisa kamu lakukan kapan saja dan dimana saja. Perlu diingat, semua aplikasi pinjol itu pastinya berbeda dan memiliki syarat dan ketentuan masing-masing. Jadi pastikan kamu membacanya sebelum melakukan pinjaman di aplikasi tersebut ya!

What's your reaction?

Related Posts