Apa Itu Marketplace Perekrutan Guru? Begini Penjelasannya!

Muhammad Hanif

Muhammad Hanif

Banyak yang bertanya apa itu Marketplace Guru? Nah buat yang belum tahu wajib simak pembahasan berikut.

Rencana untuk membuat pasar online bagi para guru telah digagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim. Reaksi masyarakat, khususnya para guru di Indonesia, timbul akibat gagasan tersebut. Banyak yang bertanya apa itu Marketplace Guru? Nah buat yang belum tahu wajib simak pembahasan berikut.

Menteri Nadiem merancang marketplace guru sebagai solusi atas permasalahan dalam perekrutan tenaga kependidikan atau guru. Dengan adanya marketplace guru, diharapkan masalah tersebut dapat teratasi.

Menurut Nadiem, guru bisa sangat penting dalam situasi yang tidak terduga seperti ketika harus pindah, berhenti, pensiun, atau bahkan meninggal.

Menurut pendapatnya, pengambilan guru dilakukan secara keseluruhan sehingga mungkin tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh sekolah.

Baca Juga:

BACA JUGA:  3 Rekomendasi Bisnis Rumahan Buat Kamu yang Malas Keluar

Menurutnya, guru merupakan seseorang yang bekerja di dalam lingkungan sekolah dan dapat melakukan perpindahan pekerjaan, berhenti, pensiun, atau bahkan meninggal dunia kapan saja.

Nadiem menyatakan bahwa perekrutan guru dilakukan secara terpusat karena khawatir jumlah dan kualifikasi guru tidak sesuai dengan kebutuhan. Namun jika data dari setiap sekolah sudah tersedia, seharusnya keputusan rekrutmen dikembalikan kepada sekolah yang lebih memahami kebutuhan mereka.

Apa Itu Marketplace guru?

Apa Itu Marketplace Perekrutan Guru? Begini Penjelasannya!

Marketplace guru adalah sebuah platform yang mempertemukan guru dengan sekolah-sekolah di Indonesia. Platform ini berfungsi sebagai database yang dapat diakses oleh sekolah-sekolah yang membutuhkan jasa pengajar.

Menurut Nadiem, akan ada sebuah platform untuk mencari guru yang dapat diakses oleh semua sekolah di Indonesia. Platform ini akan menyimpan data semua guru yang mempunyai kemampuan untuk mengajar.

Platform ini memungkinkan guru untuk menyimpan data mereka dan mempermudah sekolah dalam mencari calon guru yang sesuai dengan kebutuhannya.

BACA JUGA:  2 Cara Mencairkan Shopee Paylater ke Shopeepay, DANA dan Rekening Bank

Marketplace guru dapat menjadi solusi bagi guru dan sekolah dalam mencari pengajar yang dibutuhkan di sekolah. Hal ini dapat memudahkan proses pencarian dan lebih efektif sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Marketplace Guru Lebih Tepat Sasaran untuk Tenaga Pengajar

Platform Marketplace Guru dapat dimanfaatkan oleh para tenaga pengajar, termasuk guru honorer, guru yang telah lulus seleksi PPPK, lulusan PPG pra jabatan, calon guru ASN, atau guru yang telah direkrut oleh sekolah.

Bagi kategori guru honorer, guru-guru yang telah melewati seleksi pegawai pemerintah dan perjanjian kerja (PPPK) akan dimasukkan ke dalam database marketplace guru secara langsung.

Seleksi PPPK akan dilakukan lebih sering dari sekali dalam setahun untuk meningkatkan efektivitasnya.

Data tentang kategori guru lulus PPG Prajabatan juga telah dimasukkan ke dalam marketplace sehingga dapat diakses oleh pengguna. Guru honorer dan lulusan PPG Prajabatan memiliki hak untuk mengajar di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:  Cara Melihat Keranjang Belanja di TikTok Shop Dengan Mudah

Nah sekarang kamu sudah tahu kan apa itu marketplace guru yang sedang dicanangkan oleh Menteri pendidikan kita? Yuk berikan tanggapanmu tentang rencana tersebut melalui kolom komentar di bawah ini.

Bisnis OnlineToko Online

Related Posts