Android 14 Versi Final: Hadir Dengan Fitur yang Beraneka Ragam!

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Pengguna dapat mengunduh dan menginstal sistem operasi yang paling ini pada perangkat mereka. Selain itu, sejumlah perusahaan pembuat smartphone Android seperti Samsung, Oppo, Realme, vivo, Xiaomi, iQOO, Nothing, OnePlus, Sharp, Sony, dan Tecno juga diharapkan akan menghadirkan pembaruan Android 14 ke perangkat mereka dalam beberapa bulan mendatang.

Android 14 - Samlover

Android 14 – Samlover

Google baru-baru ini meluncurkan versi yang paling akhir dari Android 14. Yang mana sebelumnya telah Google perkenalkan dalam program preview sejak bulan Februari. Namun, saat ini versi ini hanya ada untuk pengguna ponsel Pixel, seperti Pixel 4a 5G atau model yang lebih baru.

Android 14 Versi Final: Hadir Dengan Fitur yang Beraneka Ragam!
android 14 – telanganatoday

Baca Juga:

Hadir Dengan Fitur yang Beragam

Android 14 hadir dengan peningkatan fitur yang beragam. Sekalipun itu fitur wallpaper Generative AI yang akan Google perkenalkan pertama kali di Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Pengguna memiliki kemampuan untuk mengubah tampilan layar kunci dengan berbagai pilihan gaya font, palet warna, dan widget kustom.

Selailn itu, dengan hanya sekali ketukan, pengguna dapat mengakses aplikasi-aplikasi seperti QR Scanner atau aplikasi Google Home.

BACA JUGA:  Google Mengembangkan Asisten AI, Konon Akurasinya Tinggi!

Google telah menambahkan sebuah fitur template Home Screen yang akan membantu pengguna dalam memilih tampilan yang sesuai. Fitur ini akan menyesuaikan diri dengan situasi pengguna melalui penggunaan widget. Misalnya, aplikasi cuaca akan menjadi lebih menonjol ketika timbul badai atau cuaca yang ekstrem.

Selain itu, seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, sistem operasi baru ini juga mendukung gambar HDR dengan Ultra HDR. Jadi membuat foto-foto menjadi lebih hidup.

Kemampuan Fitur-Fitur yang Oke Punya

Fitur-fitur yang ada meliputi dukungan suara 3D bawaan, kemampuan menyalin dan menempel di berbagai perangkat, serta pemutar media. Untuk meningkatkan privasi dan keamanan, ada juga fitur Health Connect yang dapat menyimpan dan mengenkripsi data kesehatan pribadi di perangkat.

Android 14 memiliki peningkatan dalam fitur dukungan passkey dengan menggunakan otentikasi sidik jari pada aplikasi dari pihak ketiga. Ada opsi kunci layar PIN dengan 6 digit yang telah melakukan pembaharuan.

BACA JUGA:  Mulai Juni 2021, Google Photos Bakal Jadi Berbayar!

Ada peningkatan pada fitur aksesibilitas, seperti kemampuan pembesaran yang lebih baik dan  pengaturan ukuran font yang lebih cepat. Bahkan, ada pengaturan alat bantu pendengaran khusus. Jadi, bagi kalian sendiri, fitur apa yang paling kalian tunggu-tunggu di Android 14 ini?

Baca Juga:

AndroidGoogleHPreviewSmartphone

Related Posts