7 Bahasa Pemrograman (Ilmu Coding) Terpopuler di Dunia yang Bisa Kamu Pelajari!

in , ,
Bahasa pemrograman terpopuler dan ilmu coding terbaik by teknodaim

Coding Terbaik & Bahasa Pemrograman Terpopuler – Pernahkah terpintas di benak kamu untuk bergelut di dunia Programming? Mungkin itu terjadi setelah kamu barusan melihat teman atau seseorang yang bergelut di dunia tersebut.

Jika kalian sudah bulat ingin coba terjun ke dunia Coding, maka tahap pertama adalah wajib mengenali serangkaian bahasa pemrograman terbaik sebagai langkah utama untuk memulai. Dan kamu juga harus paham pengertiannya.

Apa itu Bahasa Pemrograman?

Bahasan pemrograman adalah kumpulan perintah standar yang dirancang sendiri dengan membuat struktur-struktur tertentu agar bisa menjalankan sebuah tugas.

Secara tidak langsung, yang merancang tersebut akan berkomunikasi dengan mesin itu sendiri dalam proses Coding. Tentu bahasa pemrograman sangat penting.

7 Bahasa Pemrograman Terbaik

Ada banyak jenis bahasa pemrograman yang ada sampai saat ini, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk menambah pengetahuan kalian tentang dunia Coding, kenali setidaknya 7 bahasa pemrograman terpopuler berikut:

1. Java

Bahasa pemrograman terpopuler dan ilmu coding terbaik by teknodaim 1

Java adalah bahasa pemrograman yang memiliki fungsi agar seseorang dapat menciptakan aplikasi untuk versi mobile atau smartphone dan versi dekstop, dan bahkan juga berperan terhadap desain situs alias website. Penting Coding ini.

Bahasa pemrograman Java menggunakan konsep OOP atau Object Oriented Programming, artinya bersifat fleksibel dan open-source dan kompatibel terhadap berbagai jenis sistem operasi. Write once, run anywhere (Slogan dari Java).



2. PHP

Bahasa pemrograman terpopuler dan ilmu coding terbaik by teknodaim 2

Bagi orang awam, jika kita mengucapkan kata PHP maksud yang ditangkap olehnya pasti akan berbeda. Tapi di dalam bahasa pemrograman, PHP adalah bahasa yang memiliki peran penting terhadap desain dan pengembangan situs.

PHP sendiri adalah singkatan dari Hypertect Prepocessor dan pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdoft pada tahun 1995 silam. Saat itu, PHP sendiri sebenarnya disebut dengan Personal Home Page. PHP saat ini banyak sekali digunakan.

Fungsi utama PHP sendiri khusus memang untuk pengembangan web pribadi dan juga bersifat open-source. Berdasarkan data yang dikutip dari situs Wikipedia, tercatat pada tahun 2014 sebagian besar we server menggunakan PHP (82%).


3. Python

Bahasa pemrograman terpopuler dan ilmu coding terbaik by teknodaim

Python pertama kali diciptakan dan dikembangkan oleh Guido van Rossum (Belanda). Bahasa pemrograman ini banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar untuk pengembangan perangkat lunak.

Python tentunya juga bersifat open-source dan freeware, jadi bahasa ini boleh digunakan dan dikembangkan oleh siapa saja. Bagi pengguna Linux, DOS, Windows dan Manchintosh yang tertarik bisa coba ini bahasa pemrograman.

Python juga bersifat Object Oriented Programming alias berorientasi pada objek.


4. C# (C Sharp)

Salah satu ilmu Coding yang cukup sederhana adalah C# atau yang umum dibaca C Sharp. Bahasa pemrograman ini bisa difungsikan untuk pengembangan situs serta pembuatan aplikasi dan game.

C# sendiri dikembangkan oleh Microsoft dengan kerjasama dengan Anders Helsberg loh. Proyek ini sendiri dibuat untuk tujuan utama dalam menciptakan NET Framework. Jika sudah belajar Jauh tentang Java, cukup mudah untuk mempelajari C#.


5. C++

C++ merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan Bjarne Stroust pada tahun 1980-an dan bersifat Object Oriented Programming. C++ umumnya digunakan untuk pengembangan software dan cukup populer di Indonesia.


6. JavaScript

JavaScript bersifat Clinet Side yang membuatnya berbeda dengan PHP (Server Side), bahasa yang satu ini seluruhnya di proses oleh Client. Client sendiri adalah Web Browser seperti Google Chrome dan Firefox.

JavaScript ada untuk mempercepat interaksi antara user dengan situs web tanpa harus menunggu pemrosesan server tidak seperti sistem Web Browser dulu.


7. C

Dasar dari bahasa pemrograman C++ atau C# adalah C yang dikembangkan oleh Dennis M Ritchie pada 1972 silam. Bahasa pemrograman tersebut bisa dibilang sangat rumit dan dulunya hanya kompitabel terhadap sistem operasi UNIX. Kini bahasa pemrograman C sudah dapat digunakan pada Windows dan Linux.


Itulah tadi beberapa ilmu Coding terbaik yang cukup mudah untuk dipelajari dan yang paling populer diantara bahasa pemrograman lainnya. Jika ada tambahan atau sesuatu yang mau dibahas dari artikel ini, silahkan tulis di kolom komentar.


Referensi: Mas Tekno

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *