Apa Itu Google Activity? Ini Dia Penjelasannya!

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Penasaran nggak sama apa itu Google Activity? Nah, kalau kamu penasaran, yuk, simak artikel ini sampai habis!

Ilustrasi My Google Activity (droidtechknow)

Ilustrasi My Google Activity (droidtechknow)

Setiap produk dari Google memiliki kegunaan dan fungsi yang berbeda. Salah satunya adalah Google Activity yang berguna untuk mengakses dan mengendalikan aktivitas akun Google kamu.

Google telah menjadi platform yang sangat dikenal oleh masyarakat. Tidak hanya sebagai peramban web untuk menjelajahi internet, Google juga memiliki berbagai platform lain yang sering digunakan untuk membantu kegiatan sehari-hari. Contohnya, ada Google Mail, Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Google Workspace, dan banyak lagi.

Apa Itu Google Activity? Ini Dia Penjelasannya!
Ilustrasi My Google Activity (Digital Musings)

Setiap orang yang mendaftar akun Google akan secara otomatis terhubung dengan kanal Google Activity. Bagi mereka yang belum terlalu familiar dengan fungsi dan penggunaan Google Activity, berikut adalah penjelasannya secara lengkap.

BACA JUGA:  Kuota Nontstop Smartfren Siap Berikan Kamu Internetan Sepuasnya

Apa itu Google Activity

Google Activity atau myactivity.google.com adalah sebuah halaman aktivitas yang memungkinkan pengguna untuk melihat semua informasi penting yang Google kumpulkan tentang aktivitas mereka saat menggunakan berbagai platform di Google.

Pada halaman Aktivitas Google, pengguna dapat melihat catatan aktivitas mereka di berbagai produk Google, seperti mencari, mencari gambar, Maps, Play, Belanja, YouTube, dan bahkan ketika mengakses Bantuan Google. Artinya, setiap kali kamu mengunjungi halaman Bantuan juga akan tercatat oleh Google.

Secara standar, Google Activity menampilkan ringkasan aktivitas pengguna dalam bentuk garis waktu dengan data Google tampilkan dalam periode per hari. Jika kamu ingin melihat daftar setiap item secara terpisah di timeline, cukup klik tombol menu (tiga baris) di sudut kiri atas dan pilih opsi “Tampilkan item”.

Kelebihan

Google Activity memonitor kegiatan pengguna seperti mencari di web, mencari gambar, menggunakan Google Maps, menggunakan aplikasi Play, mencari di YouTube, dan lain-lain.

BACA JUGA:  Uni Eropa: Gadget Harus Menggunakan Baterai Lepas-Pasang

Berfungsi Mengatur Catatan Pencarian

Mengumpulkan catatan pencarian pengguna, memberikan kemampuan bagi pengguna untuk melihat dan mengatur catatan pencarian mereka dari waktu ke waktu.

Kendali Ada di Pribadi

Memberikan pengguna kemampuan untuk mengendalikan data aktivitas mereka sendiri. Pengguna dapat menghapus atau mengatur jejak aktivitas mereka agar privasi mereka lebih terjaga.

Dapat kamu akses melalui berbagai peranti elektronik, memungkinkan pengguna untuk melihat aktivitas mereka dari komputer, ponsel, atau tablet.

Integrasi dengan berbagai layanan berarti menggabungkan aktivitas dari berbagai layanan Google sehingga memberikan gambaran yang lengkap tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan semua layanan Google.

Cara Menggunakan Google Activity

  • Buka aplikasi Google Chrome.
  • Pastikan kamu sudah masuk ke akun Google kamu.
  • Kemudian kunjungi situs website-nya di sini.
  • Mulailah menjelajahi aktivitas kamu.
  • Di sebelah kiri, kamu akan menemukan filter berdasarkan tanggal, produk Google (seperti Pencarian, YouTube, atau Peta), dan kata kunci. Gunakan filter ini untuk menemukan aktivitas tertentu yang kamu cari.
  • Klik pada aktivitas untuk melihat informasi lebih lanjut, seperti situs web yang kamu kunjungi, video yang kamu tonton, atau dokumen yang kamu edit.
  • Selanjutnya, kamu dapat mengatur dan memeriksa berbagai aktivitas, termasuk menghapus, melihat riwayat, dan lain-lain.
BACA JUGA:  Jokowi Resmikan Stasiun Bumi Satria-1 dan Proyek BTS 4G, Nih!

Itulah penjelasan tentang Google Activity dan bagaimana cara menggunakannya. Semoga informasi ini berguna. Jangan lewatkan berita terbaru seputar teknologi dan gadget setiap hari.

DataDigitalGoogleGoogle ActivityInternet

Related Posts