Apa Itu Kabel SATA? Dan Apa Fungsinya?

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Berikut ini adalah penjelasan engenai apa itu kabel SATA dan apa fungsi kabel SATA.

Gambar Kabel Sata (cs-elektronics.com)

Gambar Kabel Sata (cs-elektronics.com)

Kabel SATA adalah salah satu bagian penting dalam komputer. Kabel SATA atau Serial Advanced Technology Attachment adalah jenis kabel yang orang-orang gunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat pada PC.

Selain itu, kabel SATA sering orang-orang gunakan untuk menghubungkan perangkat seperti CD-ROM, harddisk, SSD, dan perangkat lainnya ke motherboard komputer.

Apa Itu Kabel SATA?

Kabel SATA adalah jenis conektor cable pengembangan dari model ATA cable. Dalam kata lain, kabel ini adalah jenis kabel konektor baru yang muncul setelah kabel ATA pada tahun 2002.

SATA cable ini memiliki 15 pin power cable dengan tegangan sebesar 250 mV dan ukurannya lebih kecil jika kita bandingkan dengan ATA cable. Kelebihan dari kabel SATA adalah kemampuannya mencapai maximum bandwidth sebesar 150 MB/detik.

Selain meningkatkan kecepatan transfer dari penyimpanan periferal melalui cable, SATA juga dapat mempermudah proses instalasi. Kamu tidak perlu mengatur hardisk sebagai master. Jenis kabel ini diperkenalkan pada tahun 2004 dan dapat mencapai kecepatan transfer maksimum antara 300 mb/s hingga 600 mb/s.

BACA JUGA:  Apa itu Kabel OTG? Ini Dia Pengertian Yang Harus Kamu Ketahui!
Apa Itu Kabel SATA? Dan Apa Fungsinya?
Ilustrasi Kabel SATA (easytechjunkie.com)

Fitur Native Command Queuing (NCQ) yang merupakan bagian dari standar SCSI juga berguna untuk mengoptimalkan lebar pita tambahan. Saat ini, kamu dapat dengan mudah mendapatkan SATA cable dari berbagai toko komputer grosir.

BACA JUGA:

Fungsi Kabel SATA

SATA cable memiliki peran penting dalam penggunaan penyimpanan peripheral. Setiap kabel hanya dapat kita hubungkan dengan satu perangkat saja. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari SATA cable.

Menghubungkan Hard Disk ke Motherboard

Kabel SATA memiliki peran penting sebagai penghubung antara hard disk dan motherboard. Kabel ini terdiri dari 7 konduktor, yang mana 4 di antaranya berfungsi sebagai media transfer data atau jalur data. Sementara itu, konduktor lainnya berfungsi sebagai jalur penyedia aliran listrik atau jalur daya.

BACA JUGA:  Pengertian dan Jenis-Jenis Kabel USB, Simak Pembahasannya!

Hal ini dapat mengurangi penggunaan ruang dalam casing komputer karena SATA cable memiliki ukuran yang kecil dan tipis. Namun, tidak semua motherboard mendukung penggunaan SATA cable. Terkadang, hal ini dapat terjadi jika motherboard dan harddisk yang digunakan adalah produk terbaru.

Menghubungkan Optical Disk ke Motherboard

Optical disk dapat kita hubungkan ke motherboard menggunakan kabel SATA. Kabel ini berfungsi sebagai penghubung antara optical disk dan motherboard.

Terdapat beberapa jenis optical disk seperti CD-ROM yang berfungsi untuk membaca compact disk, DVD-ROM untuk membaca DVD dan VCD, serta CD-RW untuk membakar CD.

Menghubungkan Hard Disk Satu dengan Hard Disk Lainnya

Selain itu, SATA cable ini bisa kita gunakan tidak hanya untuk menghubungkannya ke motherboard atau optical disk saja. Namun, juga dapat kita gunakan untuk menghubungkan dengan hard disk yang memiliki kapasitas 1 TB masing-masing.

BACA JUGA:  Fungsi dan Spesifikasi Konektor RJ45 dalam Koneksi Jaringan

Jika kamu ingin menggabungkan keduanya menjadi satu menggunakan teknik RAID, Kamu perlu memindahkan posisi jumper ke pin lainnya.

Menghubungkan Port SATA di HDD ke Port USB

Kamu mungkin ingin mengubah HDD di komputer menjadi hardisk eksternal dengan menggunakan casing yang menggunakan USB. Untuk melakukan hal ini, Kamu dapat menggunakan konverter SATA ke USB, juga dikenal sebagai SATA 2 USB.

Selanjutnya, kamu perlu menghubungkan konektor USB pada konverter SATA ke port USB di komputer.

Penutup

Sekarang, Anda dapat mengetahui tentang kabel SATA dan manfaatnya. Jika Anda sedang membutuhkan kabel tersebut, Anda dapat membelinya di toko komputer terpercaya.

BACA JUGA:

kabelKabel Power SATAKabel SATAKonektorSATA Cable

Related Posts