Teknodaim

    5 Jenis Kabel OTG Yang Wajib Kamu Ketahui!

    Berikut ini ada 5 jenis kabel OTG yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak informasinya!

    Ini Dia 5 Jenis Kabel Otg (blogspot.com)

    Ini Dia 5 Jenis Kabel Otg (blogspot.com)

    Setelah sebelumnya kita membicarakan mengenai fungsi kabel OTG, kali ini kita juga akan membahas tentang berbagai jenis kabel OTG yang sering orang-orang gunakan.

    Seperti yang sudah kita tahu, USB OTG berfungsi sebagai alat penghubung untuk berbagai jenis perangkat elektronik. USB OTG dapat kita gunakan untuk mentransfer data antara smartphone, laptop, printer, kamera, mouse, dan masih banyak lagi.

    Dalam rangka mengakomodasi berbagai jenis port yang ada pada alat elektronik, kabel USB dirancang dalam berbagai bentuk dan varian. Mari kita lihat dengan lebih detail tentang berbagai macam kabel OTG berikut ini.

    5 Jenis Kabel OTG Yang Wajib Kamu Ketahui!
    Ini Dia 5 Jenis Kabel OTG (media.ifi.audio.com)

    Kabel tipe A

    Salah satu jenis kabel yang cukup terkenal adalah kabel USB standar A atau kabel tipe A. Kabel ini sering orang-orang gunakan untuk berbagai keperluan, seperti pada smartphone, PC, konsol game, mouse, DVD, televisi, dan sebagainya.

    BACA JUGA:  Fungsi Kabel OTG Begitu Banyak, Kira-Kira Apa Saja?

    Kabel USB standar yang menggunakan tipe A memiliki lebar yang memadai dan bentuknya persegi. Tipe ini juga populer sebagai female port dan tersedia dalam berbagai versi, seperti USB tipe 1.1, USB 2.0, USB 3.0, dan USB tipe 3.1.

    Kabel tipe B

    Kabel tipe B memiliki bentuk yang unik, yaitu ujungnya yang tumpul dan berbentuk persegi. Alat ini sering orang-orang gunakan sebagai konektor dan juga membantu menghubungkan dengan perangkat tambahan lainnya.

    Sebagai contoh, kita bisa menghubungkan Android dengan scanner, printer, dan perangkat lainnya. Kabel OTG tipe B memiliki ukuran yang tidak terlalu lebar jika kita bandingkan dengan kabel OTG standar A, dan terbagi menjadi tiga jenis. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai tiga jenis kabel OTG tipe B yang paling sering orang-orang gunakan.

    Kabel USB tipe B standar sering orang-orang gunakan pada perangkat elektronik yang ukurannya besar seperti laptop, PC, printer, dan scanner. Ada beberapa versi dari kabel ini, mulai dari USB 2.0 hingga USB 1.1. Selain itu, terus ada inovasi untuk versi terbaru yang terus diproduksi.

    BACA JUGA:  Apa itu Kabel OTG? Ini Dia Pengertian Yang Harus Kamu Ketahui!

    USB OTG mini

    USB OTG mini adalah jenis kabel USB yang sering orang-orang gunakan untuk berbagai keperluan. Kabel ini dapat kita gunakan untuk smartphone, kamera, tablet, dan perangkat lainnya. Bedanya dengan kabel USB tipe standar B, USB OTG mini memiliki ukuran yang lebih kecil.

    USB tipe B macro

    USB tipe B macro adalah salah satu aksesori yang umumnya ada di smartphone dan tablet. OTG tipe micro memiliki ukuran yang lebih kecil jika kita bandingkan dengan USB standar dan mini.

    BACA JUGA:

    kabel OTG tipe C

    Tipe ini memiliki ukuran yang lebih tipis dan kecil jika kita bandingkan dengan versi sebelumnya. Bentuknya yang kecil dan tidak terlalu lebar sangat cocok untuk kita gunakan pada peralatan elektronik portabel yang tipis, seperti notebook, laptop, dan sejenisnya.

    BACA JUGA:  Apa Itu Kabel SATA? Dan Apa Fungsinya?

    Kamu dapat menemukan kabel OTG tipe C dalam versi USB 3.1. Versi ini memiliki tegangan supply sebesar 20 V dan juga 5A. Keunggulan utamanya adalah kecepatan transfer data yang tinggi. Dengan menggunakan kabel USB versi ini, Kamu dapat mentransfer data dengan kecepatan 10 Gbps.

    BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik 2020 – Dafunda.com

    Nah, seperti itulah 5 jenis kabel OTG yang perlu kamu ketahui. SO, dari 5 jenis di atas, apakah kamu sudah punya salah satunya?

    Related Posts