Teknodaim

    Fungsi Kabel OTG Begitu Banyak, Kira-Kira Apa Saja?

    Berikut ini ada 8 fungsi kabel OTG yang harus kamu ketahui.

    Ini Dia Fungsi Kabel Otg (adafruit.com))

    Ini Dia Fungsi Kabel Otg (adafruit.com))

    Fungsi kabel OTG ini yaitu kamu bisa menghubungkan smartphone kamu dengan berbagai perangkat lain seperti flashdisk, speaker, kamera digital, laptop, dan lainnya. Hal ini memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai kegiatan dengan bantuan USB OTG ini, bukan?

    Selain itu, fungsi kabel OTG ini yaitu dapat menghubungkan perangkat elektronik satu dengan yang lainnya. Salah satu penggunaan yang sering dilakukan adalah untuk menghubungkan dan mentransfer data antara perangkat Android dengan flashdisk.

    Namun jika kita mengamati lebih mendalam, sebenarnya terdapat banyak kegiatan yang dapat dilakukan dengan bantuan USB OTG. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaannya.

    Fungsi Kabel OTG Begitu Banyak, Kira-Kira Apa Saja?
    Ini Dia Fungsi Kabel OTG (Puntonetinsuperablesas.com)

    Menambah Penyimpanan Jika Kita Hubungkan Dengan Flashdisk

    Salah satu fungsi kabel OTG adalah untuk meningkatkan kapasitas memori pada smartphone Android kamu. Ketika kamu menghubungkan smartphone dan flashdisk menggunakan kabel OTG, maka flashdisk tersebut akan secara otomatis digunakan sebagai memori internal. Dengan demikian, kapasitas memori pada smartphone kamu akan bertambah secara otomatis.

    BACA JUGA:  Fungsi dan Spesifikasi Konektor RJ45 dalam Koneksi Jaringan

    Kabel OTG Dapat Berguna Untuk Mentransfer File

    Apakah kamu memiliki file yang ingin dipindahkan antara komputer dan smartphone? Kamu dapat melakukannya dengan menggunakan kabel OTG. Fungsi kabel OTG yang lain yaitu kamu dapat mentransfer data dari komputer ke smartphone atau sebaliknya. Kamu hanya perlu menggunakan satu kabel untuk memindahkan atau menyalin data.

    Dengan menggunakan kabel OTG, smartphone dapat terhubung dengan komputer. Teknologi OTG juga dapat digunakan sebagai perangkat tambahan.

    BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik 2020 – Dafunda.com

    Dapat Menggunakan Keyboard dan Mouse di HP

    Salah satu cara untuk memudahkan penggunaan smartphone adalah dengan menggunakan mouse atau keyboard nirkabel. Dengan begitu, pengguna dapat mengoperasikan ponsel dengan bantuan mouse. Selain itu, mengetik juga dapat dilakukan melalui keyboard sehingga tugas-tugas akan menjadi lebih mudah.

    Dengan adanya teknologi OTG, kamu dapat mencetak dokumen langsung dari ponsel ke printer. Sebelumnya, kamu harus mentransfer file dokumen ke komputer terlebih dahulu sebelum bisa mencetaknya menggunakan printer.

    BACA JUGA:  Apa Itu Kabel SATA? Dan Apa Fungsinya?

    BACA JUGA:

    Mencetak Dokumen Secara Langsung Dari Smartphone

    Sekarang, hal itu tidak lagi menjadi masalah. Dengan bantuan USB OTG, kamu dapat mencetak file langsung ke printer tanpa harus terhubung ke PC terlebih dahulu. Tentu saja, teknologi OTG ini sangat mempermudah pekerjaan kamu, bukan?

    Salah satu fungsi kabel OTG adalah untuk mengendalikan kamera DSLR. Caranya adalah dengan menginstal aplikasi pengendali kamera yang tersedia di Play Store terlebih dahulu.

    kabel OTG Berguna Untuk Mengontrol Kamera DSLR

    Setelah itu, kamera akan terhubung secara langsung dengan ponsel kamu sehingga kamu dapat memanfaatkan berbagai fitur yang ada pada kamera hanya melalui ponsel.

    BACA JUGA:  Apa itu Kabel OTG? Ini Dia Pengertian Yang Harus Kamu Ketahui!

    Dengan demikian, ponsel pintar dapat berfungsi sebagai kamera DSLR juga. Kamu dapat mengatur kontras, fokus, kecepatan rana, dan lain-lain melalui ponsel.

    Kabel OTG Dapat Mengubah Ponsel Menjadi Power Bank

    Kamu juga bisa menggunakan smartphone sebagai power bank menggunakan kabel USB OTG. Ini memungkinkan kamu untuk mengisi daya ponsel orang lain yang membutuhkan.

    Selain untuk menyimpan daya tambahan, USB OTG juga memungkinkan kamu untuk menghubungkan dua ponsel. Dengan demikian, kamu dapat saling berbagi berbagai jenis file seperti musik, video, foto, dan lain sebagainya.

    Bermain Game Dengan Joystick

    Bagi sebagian orang, bermain game di smartphone tidak begitu menyenangkan karena layar ponsel yang terbatas. Namun, dengan USB OTG, kamu bisa memainkan game di ponsel kamu seolah-olah sedang bermain di play station.

    Langkah pertama, hubungkan joystick ke HP menggunakan kabel USB OTG. Setelah itu, kamu dapat menikmati bermain game di ponsel menggunakan joystick tersebut.

    Menonton Video Ponsel di TV

    Mungkin tidak begitu menyenangkan menonton film di ponsel karena layar yang terbatas, bukan? Tapi jangan khawatir, dengan teknologi OTG, kamu dapat menikmati film-film yang ada di ponsel kamu dan menontonnya di televisi.

    Ini akan membuat gambar menjadi lebih besar dan pengalaman menonton video menjadi lebih menyenangkan.

    Nah seperti itulah fungsi kabel OTG yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu, akan gunakan untuk apa? Yuk, sharing di kolom komentar!

    Related Posts