Cara Menambah VRAM Agar Performa VGA Card Semakin Baik

in , ,
Cara menambah vram, cara meningkatkan vram dan apa itu vram by teknodaim

Pernahkah kamu mengetahui apa itu VRAM dan fungsinya? Sebagian mungkin sudah paham dan sebagian belum. Di pembahasan kali ini Teknodaim akan membahas tentang cara menambah VRAM atau cara meningkatkan VRAM, silahkan disimak.

Bisa dibilang VRAM adalah komponen yang memiliki fungsi sama layaknya dengan RAM. Namun VRAM akan menyimpan data dari GPU, sedangkan RAM adalah perangkat yang menyimpan data dari CPU. Itulah perbedaan RAM dan VRAM.

Cara Menambah VRAM Menunjang Performa VGA Card

Mengapa menambah VRAM akan menambah kinerja VGA Card atau kartu grafis pula? Karena fungsi dari VRAM sendiri adalah menjadi memori yang menyimpan data grafis yang akan di supply ke GPU untuk aktivitas render gambar ke monitor.

Jika kapasitas sebuah VRAM semakin tinggi, akan semakin baik pula kualitas gambar yang didapat pada monitor. Dan tentunya sangat diperlukan agar pengalaman bermain game jadi lebih Asique. Dan berikut adalah beberapa caranya:


1. Upgrade RAM

Cara meningkatkan VRAM yang pertama adalah dengan menambahkan RAM berkapasitas yang lebih besar. RAM ternyata membagi kapasitasnya sebagian untuk VRAM, contohnya RAM berkapasitas 4 GB, maka VRAM yang didapat adalah 512 MB.

Maka dari itu, jika komputer atau Motherboard yang ada di PC kamu punya dua slot RAM, silahkan diisi keduanya agar kapasitas VRAM pun ikut bertambah. Atau lakukan pengaturan pada Bios untuk membagi kapasitas VRAM dari RAM yang ada.


2. Atur Shared Memory di Bios

  • Restart atau Shutdown Windows.
  • Kemudian nyalakan kembali dan pastikan kamu menekan tombol Del atau Delete saat perangkat kembali menyala sebelum masuk ke proses Booting.
  • Jika berhasil maka kamu akan masuk ke pengaturan Bios.
  • Disana ada banyak pengaturan untuk Boot dan lain-lain.
  • Gunakan tombol kanan, kiri, atas dan bawah pada keyboard untuk geser pilihan.
  • Pilih Advanced dan tekan Enter untuk masuk ke pengaturan.
  • Cari opsi Shared Memory dan tekan Enter.
  • Maka kamu dapat mengaturnya sesuai kebutuhan.
  • Kemudian pergi ke opsi Save & Exit dan pilih Yes pada permintaan konfirmasi.
Cara menambah vram cara meningkatkan vram dan apa itu vram by teknodaim

Untuk melihat kapasitas yang ada pada VRAM, silahkan pergi ke Control Panel. Kemudian pilih Personalization dan Display. Lanjut ke Change Display Settings lalu masuk Advanced Settings. Disana informasi dan kapasitas VRAM akan tampak.


3. Menambah VRAM dengan Software

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan sebuah Software yang bernama 3D Analyzer, silahkan Instal terlebih dahulu. Download 3D Analyzer, Klik Disini. Setelah itu silahkan instal dan jalankan software. Kemudian kamu akan masuk ke panel.

Jika sudah sesuai dengan setelan yang dibutuhkan, sekarang klik Run. Maka performa dan kapasitas VRAM akan bertambah dengan pembagian dari kapasitas RAM. Atau kalian bisa menambah VRAM melalui setelan khusus di Virtual Memory.

  • Buka menu Start, klik kanan pada My Computer atau This PC.
  • Pilih Properties dan masuk ke Advanced System Settings > Settings.
  • Lanjut pergi ke Change pada Tab Advanced.
Cara menambah vram cara meningkatkan vram dan apa itu vram by teknodaim
  • Hilangkan centang pada opsi Automatically manage paging file size for all drives.
  • Setelah itu tentukan Drive yang akan dibuat untuk Virtual Memory.
  • Disarankan untuk menggunakan Drive C atau Drive temepat penyimpanan sistem operasi yang kamu gunakan.
  • Silahkan atur ukuran Virtual Memory sesuai keinginan dengan mengisi kolom Custom size.
  • Catatan! Ukuran custom Virtual Memory yang ideal adalah sebesar dua kali lipat dari yang tertulis awal dan empat kali lipat untuk penambahan maksimal dari RAM yang terpasang pada komputer atau laptop.
  • Setelah itu silahkan selesaikan dengan mengklik OK.
  • Restart perangkat dan efeknya akan bekerja.

Penutup

Sampai sini, kalian sudah bisa menambahkan VRAM sendiri di perangkat PC rakitan atau laptop kalian. Sebelum mengakhiri pembahasan, ada beberapa jenis VRAM yang juga ada baiknya untuk kalian ketahui. Diantaranya adalah meliputi:

Synchronous Graphics RAM (SGRAM). VRAM ini adalah jenis yang memiliki clock dan sudah tersinkronisasi dengan kecepatan CPU atau Central Processing Unit.

Multibank Dynamic RAM (MDRAM), yang dikembangan oleh MoSys. VRAM ini tergolong ke jenis yang punya kualitas tinggi, VRAM ini bekerja dengan membagikan data ke beberapa bagian menjadi 32KB, tapi dapat diakses secara terpisah.

Rambus Dynamic RAM (RDRAM). Komponen ini dikembangkan oleh perusahaan terkenal Rambus, dan memiliki bus khusus yang berfungsi untuk mempercepat arus data antara VRAM dengan frame butter. Terkait cara meningkatkan VRAM.

Terakhir ada Window RAM (WRAM). yaitu VRAM berkinerja tinggi dan memiliki bandwidth yang lebih besar ketimbang VRAM biasa. Sudah paham apa itu VRAM?


Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai apa itu VRAM dan poin utama kita yaitu tips atau cara menambah kapasitasnya. Silahkan dicoba dan bagikan ke teman kalian yang membutuhkan, terima kasih sudah mampir dan semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
5 Cara Ampuh Mengatasi RAM Usable di PC dan Laptop

Tinggalkan Balasan