Perbedaan Motherboard ATX, Micro ATX Dan Mini ITX Serta Fungsinya Masing-Masing

in ,
Apa itu motherboard, dan jenis jenis motherboard by teknodaim

Jenis-jenis Motherboard, Apa Itu Motherboard – Motherboard adalah sebuah papan sirkuit yang memiliki fungsi utama sebagai papan induk utama untuk saling menghubungkan setiap rangkaian komponen yang dipasang.

Komponen yang dimaksud pada mobo atau motherboard meliputi processor, RAM, GPU, PSU, HDD, SSD, LED Strip serta yang lainnya untuk dapat menjalankan sistem operasi secara seimbang dengan bantuan Bios sebagai chip penghubung.

Fungsi dan Pentingnya Motherboard

Saat ini banyak orang yang memilih rakitan PC sendiri menggunakan komponen-komponen pilihan opsional sesuai keinginan masing-masing. Salah satunya memilih prosesor untuk kebutuhan gaming atau editing sesuai budget.

Namun mengganti komponen seperti prosesor pada sebuah PC atau komputer, bukan bisa dilakukan dengan sembarangan. Karena tidak semua motherboard mendukung atau cocok dengan setiap prosesor yang berbeda-beda pula.

Sesuai perkembangan, papan komponen yang banyak disebut orang dengan istilah mobo ini sudah berkembang pesat dengan kehadiran versi terbarunya yaitu socket LGA 1151 v2 untuk Intel dengan prosesor Coffelake series sedangkan tersedia socket AM4 untuk AMD dengan prosesor Ryzen series.


Baca Juga:


Perbedaan Motherboard ATX, Micro ATX Dan Mini ITX

Apa itu motherboard dan jenis jenis motherboard by teknodaim
Gambar: Termas Media

Poin utama bahasan ini adalah mengenai tipe-tipe pada motherboard yang wajib diketahui oleh pemula, orang yang masih baru dalam dunia rakitan PC atau bisa dibilang awam lah ya. Saat ingin membeli bagaimana cara membedakannya?

Misalnya kamu ingin membeli prosesor beserta motherboard yang sesuai, dan pilihan kamu adalah mobo yang mendukung socket LGA 1151 Kabylake, tingkatan terbaik berdasarkan kelasnya adalah dengan seri H, B dan Z.

Jenis-jenis motherboard. Kemudian kamu juga wajib paham perbedaan masing-masing antara motherboard tipe ATX, M-ATX dan Mini-ITX.


Apa Itu Motherboard ATX (Advanced Technology Extended)

Gambar: Situs Amazon

ATX adalah tipe motherboard yang standard atau normal untuk kebutuhan pekerjaan kantor dan penggunaan pribadi lainnya. motherboard ATX berukuran panjang dan lebar antara 305 mm dengan 244 mm yang mendukung VGA Card berukuran besar.

Tipe ini juga menyediakan slot memori dan PCIE dibandingkan dengan kedua tipe lainnya. Motherborad ATX menyediakan 4 bahkan lebih untuk slot memori, bahkan ada yang menyediakan hingga 8 slot.

Selain itu, tipe ini juga mempunyai 6 slot PCI maksimal yang terdiri dari 3 slot meliputi PCI-E x16, 3 buah slot PCI-E x1. Setiap vendor menyediakan menawarkan motherboard dengan slot yang berbeda-beda.

Selain itu, slot USB tipe ini lebih banyak dan sebagian seri ini menyediakan slot LAN yang sudah mendukung fitur killer LAN.

  • Wajib Kamu Tahu

Motherboard tipe ATX sendiri kebanyakan digunakan untuk kebutuhan bermain game berat, karena memang tipe mobo yang satu ini dapat menampung prosesor yang memiliki performa kuat. Ada fitur Overclock untuk prosesor, RAM dan GPU.

Bagi kamu yang suka nambang Bitcoin, motherboard ATX punya banyak slot PCI yang bisa dimanfaatkan untuk menanamkan banyak VGA. Tipe ini juga menyediakan fitur dual GPU untuk memaksimalkan performa grafis game.



Kalau mau rakit PC untuk digunakan sebagai server, tipe ATX adalah pilihan yang paling tepat. Punya banyak slot RAM, sehingga dapat membantu proses mengolah data atau aktivitas rendering jadi lebih cepat.

Sesuai dengan fitur banyak lengkap, Motherboard ATX adalah tipe yang paling mahal dibandingkan kedua tipe lainnya, terlebih lagi tipe yang dikhususkan untuk server dan gaming. Sekarang kita masuk ke bahasan jenis-jenis motherboard mini.

  • Kelebihan

Kesimpulannya adalah tipe ATX menyediakan berbagai macam ukuran slot untuk VGA, menyediakan banyak slot RAM dan PCIE, kemudian ada fitur overclock yang lengkap. Tipe ini juga cocok digunakan untuk kegiatan mining Bitcoin.

Satu lagi, tipe ini memberikan peluang lebih luas untuk upgrade komponen lainnya, terutama prosesor. Tipe-tipe motherboard punya ini masing-masing.

  • Kekurangan

Motherboard ini berukuran cukup besar yang membuatnya tidak muat pada casing berukuran sedang atau standard. Motherboard ATX relatif lebih mahal.


Apa Itu Motherboard Micro ATX?

Tipe berikutnya adalah mobo Micro ATX, yaitu tipe yang hampir sama dengan versi sebelumnya namun memiliki fitur dan ukuran yang lebih sedikit. Sedikit disini berarti ada fitur yang dihilangkan alias dipangkas.

Ukurannya sendiri adalah 244 mm x 244 mm. Dibandingkan tipe Motherboard ATX, tipe ini Support dan dapat diletakan pada casing berukuran kecil atau casing ukuran standard. Slot RAM dan PCIE mobo yang satu ini juga lebih sedikit.

Untuk slot memori, Motherboard M-ATX hanya menyediakan maksimal dua slot saja. Slot PCIE dari tipe ini tetap sama dengan masing-masing satu buah slot PCI-E x16 dan satu buah slot PCI-E x1. Slot USB yang disediakan masih cukup.

Tipe M-ATX banyak digunakan untuk aktivitas rendering ringan serta bermain game yang lebih ringan-ringan juga karena fitur overclocking pada tipe ini yang terbatas. Meskipun hanya menyediakan dua slot RAM, kamu bisa menggunakan dual channel dengan ukuran 8GB.

Dari segi harga, tipe ini memiliki harga yang bisa dikatakan biasa-biasa saja atau standard sesuai dengan kelasnya.

  • Kelebihan

Dengan ukurannya yang bisa dikatakan sedang, motherboard ini memiliki harga yang relatif lebih murah dan muat pada casing berbagai ukuran.

Jika kamu ingin merakit PC menggunakan motherboard tipe yang satu ini ingat! Harganya memang relatif lebih murah, namun M-ATX hanya mendukung aktivitas standard atau game-game yang masih tergolong ringan saja.

  • Kekurangan

Sayangnya, M-ATX tidak mendukung VGA Card berukuran besar, fitur overclocking nya terbatas, serta slot RAM dan PCI yang disediakan lebih sedikit.


Apa Itu Motherboard Mini ITX?

Gambar: Anand Tech

Tipe terakhir adalah Mini ITX, yaitu mobo berukuran kecil lebih kecil dari dua tipe sebelumnya. Motherboard Mini ITX hanya berukuran panjang dan lebar antara 170 mm x 170 mm saja. Tentunya, tipe yang satu ini muat dalam casing kecil.

Kalau mau rakit mini PC untuk aktivitas-aktivitas yang ringan, mobo yang bisa kamu gunakan pastinya adalah tipe M-ITX. Dengan ukurannya yang seadanya, slot RAM dan PCI hanya disediakan masing-masing satu slot saja.

Satu slot untuk memori, dan satu slot PCI untuk satu buah slot PCI-E x16, 3 buah slot PCI-E x1. Untuk fungsional, tipe ini mendukung penggunaan kantoran seperti kegiatan multimedia ringan dan kurang cocok untuk editing dan rendering.

Kalau untuk youtube an, nonton video di Platform serupa atau hanya browsing-browsing saja, rakit mini PC dengan Mini-ITX sebagai motherboard nya cukup kok. Harganya pun bisa terbilang paling murah, tergantung vendor juga sih.

  • Kelebihan

Berukuran kecil, serta cocok digunakan untuk keperluan Office atau kegiatan ringan lainnya.

  • Kekurangan

Dengan ukurannya seadanya, tentunya membuat hanya beberapa VGA Card saja yang muat di casing kecil untuk mobo tipe ini. Yang harus kamu tahu berikutnya adalah Mini-ITX Tidak bisa di overclock.


Itulah tadi berbagai tipe-tipe motherboard atau jenis-jenis motherboard yang ada. Apa itu motherboard ATX, M-ATX serta motherboard M-ITX.

Jika ingin rakit Personal Computer untuk kegiatan gaming dan bahkan ingin menggunakan VGA Card serta prosesor yang lagi populer sekarang ini, tipe yang direkomendasikan adalah motherboard ATX karena kualitas dan kuantitasnya.

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *