Ini Dia 9 Jenis Monitor Dari CRT Hingga OLED

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Berikut ada 9 jenis monitor yang perlu kamu ketahui. Mulai dari jenis CRT hingga OLED.

9 Jenis Monitor Yang Harus Kamu Ketahui (siajun.com)

9 Jenis Monitor Yang Harus Kamu Ketahui (siajun.com)

Monitor adalah sebuah alat yang orang-orang gunakan untuk menampilkan data dari komputer. Fungsinya adalah sebagai perantara antara pengguna dengan komputer. Selain itu, terdapat berbagai jenis monitor komputer yang berbeda-beda.

Perkembangan monitor tidak secepat perkembangan CPU, smartphone, atau perangkat keras lainnya. Namun, monitor menjadi semakin menarik seiring berjalannya waktu karena selalu menghadirkan teknologi baru. Terlebih lagi, saat ini, teknologi yang digunakan dalam monitor juga sering digunakan dalam TV.

Ini Dia 9 Jenis Monitor Dari CRT Hingga OLED
9 Jenis Monitor yang Harus Kamu Ketahui (blogs.powercode.id)

Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang berbagai jenis monitor. Apa saja jenis-jenis monitor yang ada? Mari kita langsung simak penjelasannya berikut ini.

Monitor CRT

Layar monitor CRT, juga populer dengan nama Cathode-Ray Tube, adalah jenis monitor komputer yang populer pada era 80-an hingga awal tahun 2000. Jenis monitor ini menjadi salah satu yang pertama kali dikenal oleh banyak orang saat komputer mulai tersedia di pasaran. Saya juga mengenal komputer dan menggunakan monitor CRT sebagai penggunaan pertama saya.

Monitor CRT memiliki bentuk yang besar dan panjang dengan bentuk kotak yang lebar. Karena ukurannya yang besar dan menyerupai tabung, monitor ini sering orang-orang menyebutnya dengan nama monitor tabung.

Istilah “monitor tabung” juga tidak keliru. Hal ini karena di dalam monitor CRT terdapat tabung yang tidak berisi udara. Di dalam tabung tersebut terdapat sinar katoda atau elektron yang dipancarkan dengan kecepatan tinggi, yang kemudian memantulkan elektron dan membentuk pola di layar.

Cahaya dari sinar katoda akan terus memantulkan layar monitor dan berfungsi sesuai dengan sinyal masukan yang telah di-convert menjadi gelombang elektromagnetik. Inilah yang menyebabkan monitor CRT menghasilkan radiasi yang cukup tinggi.

Mengingat adanya tingkat radiasi yang tinggi, penggunaan monitor CRT sangat tidak penulis sarankan. Namun, saat ini hampir semua komputer sudah beralih dari penggunaan monitor CRT, meskipun masih ada penjual yang menjual monitor CRT bekas.

BACA JUGA:  4 Cara Mengecek Touchscreen HP Dengan Akurat

Monitor LCD (Liquid Crystal Display)

Monitor LCD adalah monitor yang sangat populer dan masih banyak orang-orang gunakan saat ini. Penggunaan monitor CRT telah berkurang sejak diperkenalkannya monitor LCD. Saya pribadi juga beralih ke monitor LCD dan merasa tidak ingin menggunakan monitor CRT lagi, terutama karena pengaruhnya terhadap kesehatan mata.

Monitor LCD adalah jenis monitor yang menggunakan cairan kristal di dalamnya. Cairan kristal ini tidak menghasilkan cahaya sendiri. Sebaliknya, cahaya diberikan kepada kristal-kristal tersebut oleh lampu neon putih yang terletak di bagian belakang.

Selama pengamatan saya, saya sering menemukan bahwa LCD memiliki berbagai teknologi yang tergantung pada jenis panel yang digunakan. Biasanya, berbagai jenis panel ini ditemui pada LCD yang terpasang di laptop. Berikut adalah beberapa contoh panel LCD yang umum digunakan pada laptop.

LCD TN (Twisted Nematic)

Teknologi panel LCD TN (Twisted Nematic) sangat populer dan banyak orang menggunakannya. Panel ini termasuk dalam kategori panel yang terjangkau secara harga. Kelemahan dari panel TN ini adalah kurangnya sudut pandang yang jelas ketika kita lihat dari berbagai sudut.

Di samping itu, panel TN memiliki reproduksi warna yang kurang baik dan kurang akurat. Namun, kelebihan panel TN terletak pada kemampuannya menghadirkan waktu respons yang sangat baik. Oleh karena itu, panel ini sangat cocok kita gunakan untuk bermain gim.

IPS (In-Plane Switching)

IPS adalah jenis panel LCD yang sangat baik. Monitor dengan panel ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi, warna yang akurat, dan sudut pandang yang lebih luas ketika kita lihat dari berbagai sudut. Karena alasan ini, monitor dengan teknologi IPS sangat populer.

Banyak orang mencari laptop dengan layar panel IPS karena kemampuannya dalam memberikan sudut pandang yang bagus. Namun, panel IPS memiliki respons waktu yang sedikit lebih lambat jika kita bandingkan dengan panel TN.

VA (Vertical Alignment)

VA (Vertical Alignment) merupakan jenis panel LCD yang terletak di antara panel TN dan IPS. Panel ini memiliki kemiripan dengan IPS. Keunggulan dari panel VA adalah kemampuannya dalam menampilkan warna yang lebih baik jika jika kita bandingkan dengan panel TN. Selain itu, sudut pandang layar dari panel VA juga lebih baik daripada panel TN.

BACA JUGA:  Smart TV Terbaru TCL Rilis, Berikut Kelebihannya

Namun, panel VA memiliki waktu tanggap yang lebih lambat daripada panel TN dan IPS. Meskipun demikian, hal ini tidak menjadi masalah besar bagi sebagian orang. Apalagi, panel VA memiliki kontras yang lebih tinggi dan keunggulan dalam menampilkan warna hitam yang lebih pekat.

BACA JUGA:

TFT (Thin-film Transistor)

TFT (Thin-film Transistor) adalah jenis monitor yang cukup terkenal. Monitor ini sebenarnya merupakan jenis monitor LCD yang telah di-upgrade dengan komponen tambahan. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambar yang jelas dengan resolusi tinggi atau memadai.

Teknologi yang digunakan dalam TFT berdasarkan penggunaan transistor untuk setiap piksel pada layar. Dengan adanya teknologi ini, layar dapat memperbesar dan menerangi gambar dengan lebih baik. Dapat penulis katakan bahwa TFT adalah teknologi layar yang menggabungkan kristal cair dengan kemampuan untuk menampilkan gambar dengan resolusi tinggi.

LED (Light-emitting diode)

LED (Light-emitting diode) adalah jenis layar yang telah di-upgrade dari LCD. Layar ini memiliki kualitas visual dan warna yang lebih baik daripada LCD. Selain itu, LED juga menghemat daya hingga 70% jikan kita bandingkan dengan LCD.

LED memiliki resolusi yang lebih tinggi. Selain itu, LED juga memiliki umur yang lebih panjang daripada LCD. Bahkan, LED juga lebih tipis dan ringan. Namun, perlu kita ingat bahwa harga LED lebih mahal daripada LCD.

Monitor DLP

Layar monitor DLP adalah jenis monitor dengan kualitas resolusi terbaik. Monitor ini menggunakan teknologi DMD (digital micromirror devices) yang bekerja dengan prinsip perangkat micromirror digital. Prinsip kerjanya adalah dengan memanfaatkan jutaan micromirror untuk mengatur cahaya secara digital.

BACA JUGA:  BenQ Rilis Zowie XL2586X, Monitor Gaming Terbaru, Yuk Kepoin!

Monitor ini adalah jenis monitor yang ideal untuk mengedit gambar atau video. Monitor ini juga sangat baik untuk bermain game. Namun, sayangnya, monitor DLP tidak terlalu populer.

BACA JUGA:

Monitor layar sentuh/Touchscreen

Monitor layar sentuh adalah jenis monitor yang dapat kita gunakan dengan menyentuh langsung layarnya. Teknologi ini menjadi sangat populer karena penggunaan yang luas dari smartphone dan tablet. Monitor touchscreen adalah jenis monitor yang berdiri sendiri dan telah dilengkapi dengan teknologi layar sentuh.

Kemajuan berikutnya adalah penggunaan monitor LCD atau LED yang dapat kita pasangkan dengan panel layar sentuh. Sebagai hasilnya, sekarang terdapat banyak monitor dan televisi LCD atau LED yang mendukung teknologi layar sentuh.

Penggunaan kombinasi teknologi layar sentuh dan panel layar lainnya sering kita temui pada smartphone atau ponsel pintar. Ponsel pintar yang tersedia saat ini memiliki berbagai jenis panel layar yang semuanya mendukung fitur layar sentuh.

Layar plasma

Layar plasma adalah jenis monitor yang cukup terkenal. Monitor ini menggabungkan konsep LCD dengan kualitas gambar yang bagus dan sudut pandang yang luas seperti monitor CRT.

Kemudian, teknologi tersebut menciptakan perangkat layar yang memiliki ketebalan yang tipis, ramping, namun tetap memberikan sudut pandang yang baik. Sebagai hasilnya, produk-produk seperti TV plasma pun mulai muncul di pasaran.

Sangat disayangkan, perangkat ini menggunakan daya listrik yang cukup besar. Selain itu, kontrasnya juga sangat tinggi. Dan yang paling utama, harga layar plasma cenderung lebih tinggi daripada jenis panel lainnya.

Monitor OLED

OLED adalah jenis monitor yang menggunakan semikonduktor pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik.

Monitor OLED merupakan jenis monitor yang memiliki ketebalan yang tipis. Namun sayangnya, monitor ini belum begitu populer di kalangan masyarakat. Alasan utamanya adalah harganya yang terlalu mahal, sehingga membuat monitor OLED dan TV OLED jarang diminati oleh banyak orang.

Jadi, itulah beberapa varian monitor komputer dan monitor TV yang ada. Semoga penjelasan ini berguna untuk kamu yang ingin mempelajari tentang berbagai macam monitor.

Layar LCDLEDMonitorMonitor KomputerMonitor TV

Related Posts