Teknodaim

    Cara Memilih IEM yang Benar Agar Nggak Salah PIlih

    Berikut ini cara memilih IEM yang tepat dan benar. Tujuannya agar kamu nggak salah pilih.

    Cara Memilih Iem Yang Tepat Dan Benar (engadget)

    Cara Memilih Iem Yang Tepat Dan Benar (engadget)

    Ada berbagai macam earphone yang tersedia saat ini, termasuk salah satunya yang sedang populer yaitu In-Ear Monitor atau IEM. IEM dapat kitaikatakan memiliki kemampuan untuk menghasilkan suara yang lebih detail daripada jenis earphone lainnya, sehingga banyak disukai oleh penggemar musik. Namun, memilih IEM tidaklah mudah karena ada banyak faktor yang perlu kita pertimbangkan. Untuk itu, berikut adalah beberapa cara memilih IEM yang tepat.

    Memilih Yang Menggunakan Kabel Atau Bluetooth

    Cara memilih IEM pertama yang perlu kita pertimbangkan adalah apakah menggunakan kabel atau tidak? Menggunakan sistem bluetooth memiliki keuntungan karena tidak perlu repot dengan kabel, tetapi umumnya perangkat ini akan dibuang setelah beberapa saat karena baterainya tidak dapat diganti.

    Sementara itu, penggunaan kabel dianggap memiliki kualitas suara yang lebih baik dan dapat digunakan secara terus-menerus karena tidak memerlukan baterai, tetapi ada banyak opsi yang perlu diperhatikan.

    BACA JUGA:  Samsung Galaxy Tab A9 dan A9 Plus Kids Edition, untuk Anak-Anak!
    Cara Memilih IEM yang Benar Agar Nggak Salah PIlih
    Cara memilih IEM yang Tepat dan Benar (Shure)

    Jika kamu tidak suka repot dan lebih suka yang terdengar santai, lebih baik memilih yang menggunakan teknologi bluetooth. Namun, jika kamu mencari kualitas suara yang baik, penulis sarankan untuk menggunakan yang menggunakan kabel.

    Pilih IEM Yang Kabelnya Straight atau Over-Ear

    Cara memilih IEM yang ketiga yaitu ketika memilih jenis kabel untuk IEM, kita dapat memilih antara kabel straight atau over-ear. Kabel straight adalah kabel yang lurus dan mengarah ke bawah, sedangkan over-ear adalah kabel yang menggantung di belakang telinga.

    Kebanyakan orang lebih suka menggunakan kabel over-ear karena dapat mencegah IEM agar tidak mudah jatuh. Namun, ada juga beberapa orang yang tidak nyaman dengan penggunaan kabel over-ear dan lebih memilih kabel straight standar.

    Penting untuk memilih IEM dengan fitur kabel yang dapat kita lepas. Hal ini memungkinkan untuk mengganti kabel jika terjadi kerusakan pada kabel IEM. Sayangnya, IEM dengan fitur ini biasanya memiliki harga yang lebih tinggi jika kita bandingkan dengan IEM yang kabelnya tidak dapat kita lepas.

    Perhatikan jenis driver yang terpasang

    Biasanya, IEM yang beredar di pasaran menyediakan informasi tentang jumlah dan jenis driver yang IEM tersebut gunakan. Driver ini berhubungan dengan kualitas suara yang akan Anda dapatkan.

    BACA JUGA:  13 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di HP Android Dengan Mudah

    Umumnya, semakin banyak driver yang digunakan, semakin baik kualitasnya, dan juga semakin mahal harganya. Bagi pemula, penulis sarankan untuk memilih IEM dengan satu atau dua driver untuk setiap sisi, tetapi jika Anda menginginkan standar yang lebih baik, sebaiknya pilih yang menggunakan tiga driver.

    Driver dalam perangkat audio memiliki dua jenis, yaitu hybrid dan balance. Kedua jenis driver ini menghasilkan suara yang berbeda. Sebelum membeli, penulis sarankan untuk memahami perbedaan ini dan menyesuaikannya dengan preferensi musik Anda. Bahkan merek IEM juga dapat mempengaruhi karakter suara yang dihasilkan.

    BACA JUGA:

    Dengan Mempertimbangkan, “Memilih IEM Untuk Apa?”

    IEM pada dasarnya para musisi menggunakannya ketika di panggung oleh memantau suara yang mereka keluarkan. Bergantung pada alat musik yang mereka mainkan, maka IEM yang musisi gunakan juga berbeda.

    BACA JUGA:  4 Merk Sensor Mouse Gaming yang Hits di Pasaran

    Jika kamu seorang musisi, kamu harus memperhatikan cara memilih IEM yang satu ini. Tetapi jika kamu hanya seorang pendengar, kamu hanya perlu mengetahui suara apa yang sesuai dengan telingamu.

    Memilih eartips dan kabel yang sesuai

    Eartips merupakan bagian kecil dari karet yang ada di telinga. Meskipun ukurannya kecil, bagian ini memiliki peran penting dalam menghantarkan dan membentuk suara yang masuk ke telinga kita.

    Beberapa IEM (In-Ear Monitor) sudah lengkap dengan eartips dalam berbagai bentuk, bahan, dan ukuran sehingga tidak perlu membeli lagi. Namun, bagi yang tidak mendapatkannya, kita harus mencari eartips alternatif sendiri. Eartips menjadi pertimbangan terakhir dalam memilih IEM.

    Hal yang serupa juga berlaku untuk kabel. Terdapat berbagai jenis kabel yang menawarkan material yang berbeda untuk menghasilkan suara yang berbeda pula. Jika seseorang telah mencapai pemahaman tentang kualitas suara, maka perlu kita pertimbangkan juga material kabel yang IEM tersebut gunakan.

    Penutup

    Pertimbangan utama kamu dalam menggunakan IEM ini adalah untuk apa? Apakah hanya untuk mendengarkan musik, merekam, atau tampil di panggung?

    Menentukan penggunaannya akan membantu kamu memilih IEM yang sesuai. Selain itu, anggaran juga akan mempengaruhi pilihan IEM yang kamu dapatkan.

    BACA JUGA:

    Related Posts