Teknodaim

    In Ear Monitor, Alat Canggih Sering Digunakan Musisi

    Berikut ini ada penjelasan mengenai In Ear Monitor yang biasanya digunakan oleh musisi.

    Ariel Noah Pakai In Ear Monitor Di Telinganya (lifepal)

    Ariel Noah Pakai In Ear Monitor Di Telinganya (lifepal)

    Seringkali kita melihat bahwa penyanyi atau musisi yang tampil di konser selalu menggunakan earphone khusus. Earphone tersebut bukanlah earphone biasa, melainkan monitor panggung atau In Ear Monitor (IEM).

    Menurut cymatics.fm, dalam rangka memberikan pertunjukan yang baik, musisi harus dapat mendengarkan musik yang dimainkan saat mereka berada di atas panggung.

    Dengan adanya perkembangan teknologi yang canggih, speaker tradisional sudah tergantikan oleh IEM. Penggunaan IEM telah menjadi hal yang umum dalam pertunjukan musik live, sehingga musisi dapat menyesuaikan suara atau alat musik mereka.

    IEM ini terdiri dari sepasang earbud yang terlihat seperti walkie-talkie dan biasanya berada di pinggang musisi.

    In Ear Monitor, Alat Canggih Sering Digunakan Musisi
    Gambar In Ear Monitor (Twice)

    Bagian IEM

    Pada umumnya, sistem monitor telinga terdiri dari tiga bagian yaitu pemancar, penerima, dan sepasang earphone. Fungsinya adalah pemancar untuk mengirimkan suara pertunjukan ke penerima. Sementara itu, bagian penerima biasanya terpasang pada sabuk yang berguna untuk menempatkan earpiece.

    BACA JUGA:  4 Manfaat AI yang Harus Kamu Tahu Sebelum Trend Berlalu

    Pada paket sabuk memiliki kontrol volume yang memungkinkan musisi untuk mengatur suaranya. Earphone yang musisi gunakan juga memiliki rancangan untuk menghilangkan suara latar yang buruk. Jika In Ear Monitor telah diatur, maka dapat didengar dengan kualitas suara yang jernih dan jelas.

    BACA JUGA: Logitech G333, Earphone Gaming Pertama Dari Logitech Resmi Dirilis – Dafunda.com

    Fungsi In Ear Monitor Bagi Seorang Musisi

    Bagi setiap musisi saat tampil di panggung, penting untuk memperhatikan peralatan audio dan memastikan kualitas suara yang baik menjadi prioritas utama. Penggunaan IEM ini dapat membantu mengatasi berbagai masalah audio secara langsung dari sumbernya.

    Salah satu fungsi In Ear Monitor adalah untuk melindungi pendengaran musisi yang menjadi prioritas utama. Banyaknya kebisingan dan suara lain seperti angin atau teriakan penonton dapat mengganggu suasana hati musisi. Oleh karena itu, menggunakan earbud IEM menjadi solusi agar pendengaran tetap terisolasi dari suara luar yang mengganggu.

    BACA JUGA:  9 Skill Manusia Yang Tidak Bisa Digantikan AI

    Cara Menggunakan In Ear Monitor

    Menyiapkan dan menggunakan sistem IEM bisa bisa kita katakan cukup mudah. Para musisi bisa menganggapnya seperti menggunakan ponsel untuk mendengarkan musik melalui earphone bluetooth.

    Ponsel (sebagai pemancar) akan mengirimkan audio secara nirkabel ke earphone bluetooth (sebagai penerima). Bedanya, audio akan melalui mixer sebelum sampai ke earbud IEM.

    BACA JUGA:

    Kesimpulan

    Apakah setiap musisi perlu menggunakan IEM? Jawabannya tergantung pada situasi panggung. Jika musisi tampil di luar ruangan, maka In Ear Monitor adalah suatu kebutuhan.

    Namun, jika tampil di dalam ruangan, IEM mungkin tidak diperlukan. Di pasaran, terdapat set wireless earbud In Ear Monitorberkualitas bagus dengan harga Rp10 juta atau lebih.

    BACA JUGA:  Google Mengembangkan Asisten AI, Konon Akurasinya Tinggi!

    BACA JUGA: Huawei Hadirkan FreeBuds Pro: Earphone TWS yang Punya Suara Unggul – Dafunda.com

    Related Posts