BeritaAplikasi

5 Perbedaan Facebook dan Facebook Lite yang Jarang Diketahui!

Banyak orang yang bertanya, perbedaan Facebook dan Facebook Lite itu apasih, kok sizenya beda jauh banget? Sebenarnya perbedaannya dikit doang dan tidak terlalu signifikan bagi para pengguna aplikasi Meta ini loh.

Bahkan Facebook Lite sendiri bisa dibilang memiliki nilai lebih dibandingkan Facebook Original dalam perbedaan kali ini. Mungkin terdapat dari kalian yang mengatakan bahwa Facebook Original itu nyatanya lebih baik ketimbang versi Lite.

5 Perbedaan Facebook dan Facebook Lite

5 Perbedaan Facebook Dan Facebook Lite
5 Perbedaan Facebook dan Facebook Lite | Deccan Chronicle

Memang benar, namun jika dipikir-pikir lagi, dari segi fitur maupun kecepatan, Facebook Lite tidak kalah jauh loh. Bahkan kamu mungkin akan berpikir untuk pindah ke versi Lite, karena perbedaannya dikit doang. Nggak percaya? Yuk langsung aja berikut 5 perbedaan Facebook dan Facebook Lite yang sudah Teknodaim rangkum untuk kamu.

1. User Interface atau Tampilan

User Interface Atau Tampilan
User Interface atau Tampilan | IDG

Jika kamu ingin memiliki tampilan yang elegan dan memiliki animasi yang mulus, pilih Facebook Original. Soalnya Meta memang fokus untuk mengupdate aplikasi versi tersebut ketimbang yang Lite.

Namun terdapat keuntungan yang besar juga disini untuk versi Facebook Lite. Walaupun tidak memiliki UI elegan atau animasi yang mulus, hebatnya aplikasi ini sangat ringan dan pastinya cocok untuk smartphone kentangmu.

2. Jaringan Internet

Jaringan Internet
Jaringan Internet | Google

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite selanjutnya ini akan membuat kamu berpikir-pikir. Soalnya Facebook Lite masih bisa memanfaatkan jaringan 2G di aplikasinya dan bisa berjalan juga secara lancar.

Sedangkan Facebook Original sendiri masih meminta jaringan 4G untuk membuat pengguna merasa nyaman saat menggunakan aplikasi tersebut. Mengingat jaringan 3G sudah mulai dimatikan di Indonesia, sekarang Facebook juga mulai fokus ke jaringan 4G untuk aplikasi mereka.

3. Biaya Internet

Biaya Internet
Biaya Internet | Facebook

Seperti yang kita ketahui, terdapat Mode Gratis di Facebook, yang dimana dapat membuat pengguna menggunakan Facebook tanpa biaya internet. Coba tebak, mana versi aplikasi yang memakan internet lebih banyak jika tidak mengatifkan fitur ini?

Benar, Facebook Original jawabannya, karena aplikasi versi tersebut memiliki berbagai animasi yang memerlukan biaya internet juga. Sedangkan Facebook Lite sendiri simpel dan tidak banyak gaya, yang dimana itu keunggulannya sendiri.

4. Keramahan Terhadap Smartphone Kentang

Keramahan-Terhadap-Smartphone-Kentang
Keramahan Terhadap Smartphone Kentang | UGD

Jika dipikir-pikir, perbedaan Facebook dan Facebook Lite yang paling mencolok adalah keramahan terhadap smartphone kentang. Biasanya para pengguna Facebook Lite itu memiliki smartphone yang jadul dan ingin menjelajah Facebook secara lancar tanpa hambatan.

Sedangkan Facebook Original sendiri itu memiliki size atau ukuran yang jauh lebih besar ketimbang Facebook lite, yaitu sekitar 84MB. Dengan size sebesar itu, tentu saja para pengguna smartphone kentang lebih memilih menggunakan versi Lite.


5. Size Aplikasi

Size Aplikasi
Size Aplikasi | Grid

Seperti yang kita ketahui, Facebook Lite jauh lebih ringan ketimbang Facebook Original. Soalnya size atau ukuran kedua aplikasi tersebut berbeda sangat jauh. Dimana Facebook Original memiliki size sekitar 84MB, sedangkan Facebook Lite memiliki size sekitar 2MB saja.


Itulah tadi 5 perbedaan Facebook dan Facebook Lite yang mungkin ingin kamu ketahui. Nah, setelah mengetahui perbedaannya, apakah kamu ingin berganti Facebook? Sampaikan pendapat kamu lewat kolom komentar mengenai mana versi aplikasi terbaik menurut kamu ya!

What's your reaction?

Related Posts