menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comBeritaIni Cara Tepat Untuk Melacak Ponsel yang Hilang

Ini Cara Tepat Untuk Melacak Ponsel yang Hilang

Cara Melacak Ponsel Hilang

Pada zaman teknologi yang sudah modern saat ini, perangkat ponsel sudah seperti teman hidup untuk mengisi luang waktu kosong, bahkan dapat menjadi partner untuk bekerja sekaligus untuk bermain game. Tetapi, tidak sedikit juga kasus ponsel yang hilang sehingga membuat pengguna smartphone kini harus tahu mengenai cara melacak ponsel yang hilang.

Kebanyakan para pengguna smartphone saat ini sering lengah dan menimbulkan celah untuk para pelaku untuk dapat melakukan tindak kejahatan. Dan pengguna yang lengah tersebut pun kebanyakan tidak terlalu tahu mengenai cara mengantisipasinya. Untuk itu, kamu perlu tahu mengenai cara melacak ponsel yang hilang dengan tepat yaitu sebagai berikut.

3 Cara Melacak Ponsel yang Hilang

Sejujurnya, cara-cara ini tidak akan berhasil 100% tetapi setidaknya memiliki kemungkinan untuk memecahkan permasalahan mengenai ponsel yang hilang tadi. Untuk caranya sendiri, kamu bisa simak berikut ini.

JANGAN LEWATKAN •
Samsung akan Berhenti Produksi Galaxy Note Series?

1. Mengunakan IP Address

Cara Melacak Ponsel Hilang 1
Ilustrasi IP Address | WordPress.com

IP Address merupakan deretan angka yang berisi antara 32 bit hingga 128 bit. angka tersebut merupakan kode yang biasa kita pakai sebagai alamat identifikasi untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan Internet.

Untuk langkah pertama ini, kamu memerlukan perangkat tambahan seperti komputer atau kamu bisa meminjam smartphone temanmu. Setelah itu kamu bisa masuk ke 3 situs berikut, Iplocation.net, Ipfingerprints.com dan iplocation.com. Situs-situs tadi akan mengarahkanmu untuk memasukkan angka IP Address, untuk dapat melihat lokasi perangkat tersebut.

2. Melacak Ponsel yang Hilang Menggunakan Aplikasi

Cara Melacak Ponsel Hilang 2
Ilustrasi GPS Smartphone | Shutterstock

Aplikasi bantuan yang dapat kamu andalkan antara lain ada Google Maps dan Find My Device. Kedua aplikasi tersebut sama-sama berfungsi untuk melacak suatu perangkat yang sudah terhubung sehingga membuatnya dapat pengguna lacak lokasinya.

Dengan Google Maps, kamu bisa melihat GPS pada perangkat mu walaupun dalam keadaan power off. Sementara untuk aplikasi Find My Device, dapat melihat lokasi perangkatmu ketika sudah dalam keadaan power on dan terhubung ke Internet.

JANGAN LEWATKAN •
Jaringan 5G di iPhone 12 Bikin Baterai Lebih Boros?

3. Menggunakan Akun Device Khusus

Cara Melacak Ponsel Hilang 3
Ilustrasi Find My Device | Android Authority

Cara ketiga ini hanya berlaku bagi pengguna ponsel keluaran pabrik tertentu, yang punya merk terkenal dan teknik pengaman sendiri. Perangkat yang mempunyai device khusus tersebut antara lain Xiaomi (MI Account), Samsung (Samsung ID) dan iPhone (iCloud).

Dengan menggunakan bantuan device khusus tersebut, memungkinkan penggunanya untuk lebih mudah dalam melacak perangkat mereka. Yaitu dengan cara login pada website
Find My Device pada platform masing-masing.


Itulah tadi 3 cara melacak ponsel yang hilang dari Tekdoaim menurut sumber yang tertera. Kalau punya informasi tambahan, bisa langsung aja tulis ke kolom komentar yang tersedia.


Tambah Komentar