Apple Siap Merilis Chip M4 dengan Kemampuan AI Canggih

Neli Rahmawati

Neli Rahmawati

Apple sedang mempersiapkan integrasi kecerdasan buatan (AI) yang canggih ke dalam chip inovatif M4 mereka.

Apple Inc. sedang dalam proses pengembangan chip M4 yang inovatif, yang akan memiliki kemampuan pemrosesan kecerdasan buatan (AI) yang belum pernah ada sebelumnya. Hal ini menandai langkah baru dalam inovasi komputasi.

Pada hari Kamis, Bloomberg News melaporkan bahwa Apple berencana untuk mengganti chip pada semua produk Mac mereka. Harapannya rencana ini dapat memberikan kebangkitan yang besar bagi industri PC yang telah mengalami penurunan setelah penjualan merosot saat pandemi.

Berdasarkan laporan tersebut, Apple berencana meluncurkan komputer yang telah diperbarui pada akhir tahun ini dan awal tahun depan. Produk tersebut akan mencakup iMac baru, MacBook Pro dengan ukuran 14 inci untuk kelas bawah, MacBook Pro dengan ukuran 14 inci dan 16 inci untuk kelas atas, serta Mac mini.

Baca Juga: Apple Dongkrak Kapasitas Baterai dan Teknologi Mutakhir

Integrasi Chip M4 dengan MacOS

Apple Siap Merilis Chip M4 dengan Kemampuan AI Canggih

Apple berencana untuk menonjolkan integrasi antara chip M4 dan versi macOS berikutnya, dengan fokus pada kemampuan AI. Mereka berjanji bahwa pengguna akan mengalami peningkatan yang signifikan dalam cara berinteraksi dengan perangkat mereka.

BACA JUGA:  5 Brand, Vendor Atau Merk Smartphone Terbaik Saat Ini (Agustus 2019)

Di sisi lain, perusahaan pesaing seperti Intel dan Qualcomm juga tengah mempersiapkan chip mereka sendiri. Nvidia, dengan keahlian mereka dalam chip kecerdasan buatan (AI), berencana untuk memasuki pasar PC dengan meluncurkan chip baru pada awal tahun 2025.

Namun, Apple nampaknya ingin menjadi yang terdepan dengan menekankan kemampuan pemrosesan kecerdasan buatan pada chip M4. Dengan kemampuan menangani tugas-tugas seperti memperpendek dokumen secara lokal tanpa perlu mengirimkan data ke awan.

Informasi ini muncul menjelang acara tahunan Apple untuk para pengembang pada bulan Juni. Di mana perusahaan pembuat iPhone akan mengumumkan kemitraan baru dalam bidang kecerdasan buatan dan memberikan peningkatan yang signifikan pada sistem operasi iOS.

Penurunan penjualan Mac sebesar 27% dalam tahun fiskal terakhir Apple yang berakhir pada bulan September menunjukkan bahwa perusahaan sedang mencari strategi untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk-produknya.

BACA JUGA:  Apple Watch Ultra 2 Resmi Rilis di Indonesia, Kepoin Harganya!

Pengenalan dari chip M3 terbaru dan juga perangkat MacBook Pro dan iMac yang menggunakan chip tersebut pada bulan Oktober. Kemungkinan juga hanya menjadi permulaan dari inovasi yang lebih besar yang akan datang.

Baca Juga: Ini Dia Keuntungan Jika “Apple Store” Ada di Indonesia

Perangkat Apple yang Memakai Chip M4 Pertama

Berdasarkan laporan Bloomberg, menyebutkan bahwa komputer iMac, MacBook Pro 14 inci versi standar, MacBook Pro 14 inci versi premium, MacBook Pro 16 inci, dan komputer Mac mini akan menjadi yang pertama menggunakan chip M4 pada tahun 2024.

Pada pertengahan tahun 2025, kita akan melihat pembaruan pada model MacBook Air dengan ukuran 13 inci dan 15 inci. Kemudian, pada akhir tahun tersebut, Mac Studio dan Mac Pro juga akan mendapatkan pembaruan.

Dengan penurunan penjualan Mac sebesar 40% dari tahun 2022 hingga 2023, Apple nampaknya berusaha keras untuk mengubah keadaan dengan peningkatan yang signifikan.

BACA JUGA:  Apple Beri Izin Aplikasi Emulator Game Retro di App Store untuk Pertama Kalinya

Diharapkan bahwa Chip M4, yang memiliki nama sandi Donan untuk Mac Mini, Brava untuk kelas menengah, dan Hydra untuk perangkat kelas atas seperti MacBook Pro, akan memiliki kemampuan untuk mendukung RAM hingga 500 gigabyte. Ini adalah peningkatan dari kapasitas RAM saat ini yang hanya mencapai 192 gigabyte.

Ketiga jenis chip tersebut akan memiliki kemampuan pemrosesan kecerdasan buatan (AI) yang lebih unggul daripada chip M3. Membawa harapan akan era baru dalam komputasi dengan dukungan AI.

Baca Juga: Ini Dia 2 Pilihan Warna Menarik dari iPhone 16 Pro

AppleApple ChipsetChip M4Prosesor

Related Posts