5 Jenis Chipset yang Biasa Digunakan Pada Smartphone

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Ini dia 5 jenis chipset yang biasanya ada pada smartphone. Dari setiap jenis chpset, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

5 Jenis Chipset Yang Biasanya Ada Pada Smartphone (voi)

5 Jenis Chipset Yang Biasanya Ada Pada Smartphone (voi)

Ketika kita membeli smartphone, salah satu faktor yang sering kita perhatikan adalah jenis chipset pada smartphone. Keberadaan chipset ini sangatlah penting karena berfungsi sebagai pengatur utama dari kinerja yang terdapat dalam smartphone tersebut.

Pada saat ini, memiliki smartphone telah menjadi suatu keharusan bagi masyarakat. Selain berfungsi sebagai alat untuk berkomunikasi, smartphone juga dapat kita gunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya.

Ada berbagai cara untuk belajar dan mengembangkan diri, seperti mengikuti pembelajaran online, mengambil kursus daring, menjadi penjual di platform toko online, dan masih banyak lagi.

5 Jenis Chipset yang Biasa Digunakan Pada Smartphone
5 Jenis Chipset yang Umumnya Ada Pada Smartphone (VOI)

Ada 5 jenis chipset

Banyak perusahaan bersaing untuk terus melakukan inovasi guna meningkatkan kinerja chipset pada ponsel pintar. Berdasarkan dari akun Instagram Institut Teknologi Batam (Iteba), pada hari Rabu, 11 Mei 2022, terdapat beberapa jenis chip yang umum digunakan pada smartphone-smartphone.

BACA JUGA:  6 HP Gaming 3 Jutaan Terbaik di Tahun 2024, Ganteng Abis!

Dalam teks ini, akan kami jelaskan mengenai jenis chipset yang biasanya ada pada smartphone beserta keunggulannya.

1. Chipset Qualcomm Snapdragon

Qualcomm merupakan sebuah perusahaan asal Amerika yang umumnya mengembangkan chipset untuk sistem operasi Android. Chipset ini sangat populer di kalangan pengguna.

BACA JUGA: Qualcomm Akan Meluncurkan Snapdragon X Plus untuk Laptop Windows

2. Apple A (Fusion & Bionic)

Apple, sebagai perusahaan yang menggunakan sistem sendiri (Apple Ecosystem), juga menciptakan chipsetnya sendiri yang terkenal dengan sebutan seri A. Seri A ini terdiri dari Fusion dan Bionic yang saat ini kabarnya merupakan jenis chipset yang paling cepat di dunia.

3. Chipset Mediatek

Perusahaan dari Taiwan ini selalu menghadirkan chipset yang memiliki fitur canggih namun tetap terjangkau harganya. Ada beberapa produsen ponsel kelas menengah yang menggunakan jenis chipset MediaTek karena biaya produksinya yang lebih terjangkau.

BACA JUGA:  [Bocoran] Spesifikasi Infinix Note 40 Series, Akan Rilis Di Indonesia

BACA JUGA: Mediatek Dimensity 9400, Sebanding dengan Snapdragon 8 Gen 4?

4. Exynos

Chipset Exynos merupakan satu jenis chipset yang Samsung produksi. Dalam hal performa, chipset ini sejajar dengan chipset Snapdragon. Selain Samsung, chipset Exynos juga digunakan oleh produsen smartphone lain seperti Vivo dan Meizu sebagai pilihan mereka.

5. Chipset HiSilicon Kirin

Chipset ini merupakan buatan Huawei dengan memiliki kinerja yang sangat baik. Namun sayangnya, perkembangan chipset Kirin terhambat karena adanya larangan penggunaan teknologi dari Amerika Serikat yang menganggap bahwa Huawei menggunakan peralatan mata-mata dalam teknologinya.

BACA JUGA: Keberhasilan Huawei Membuat Chip 7nm Kirin 9000s: Tantangan bagi AS dan Rahasia di Baliknya

Itulah 5 jenis chipset yang biasanya ada pada ponsel pintar. Semakin mutakhir chipset yang digunakan pada ponsel pintar, tentu saja akan berpengaruh pada harga ponsel tersebut. Jadi, chipset mana yang digunakan pada ponselmu?

BACA JUGA:  Berikut ini Wujud Smartphone Pertama Yahoo
AndroidAppleChipsetJenis ChipsetSmartphone

Related Posts