Teknodaim

    10 Fitur Tersembunyi Android yang Belum Kamu Ketahui

    Dalam artikel ini, Teknodaim akan membahas setidaknya 10 fitur tersembunyi Android yang sebaiknya kamu ketahui. Daripada penasaran, yuk, langsung saja simak informasinya di bawah ini!

    Fitur Rahasia Android Yang Belum Kamu Ketahui (sevima)

    Fitur Rahasia Android Yang Belum Kamu Ketahui (sevima)

    Masih ada banyak pengguna smartphone Android yang belum akrab dengan fitur tersembunyi Android yang sangat membantu untuk mempermudah aktivitas sehari-hari kita.

    Maka dari itu, penulis telah mengumpulkan 10 fitur tersembunyi Android di sini. Tujuannya adalah untuk berbagi fitur tersembunyi Android yang bisa kamu terapkan pada smartphone Android-mu sehingga pekerjaan dan aktivitasmu menjadi lebih efisien dan mudah.

    10 Fitur Tersembunyi Android yang Harus Kamu Tahu

    Dalam artikel ini, Teknodaim akan membahas setidaknya 10 fitur tersembunyi Android yang sebaiknya kamu ketahui. Daripada penasaran, yuk, langsung saja simak informasinya di bawah ini!

    Hand Write Chrome

    Salah satu fitur tersembunyi Android yang pertama adalah menulis secara langsung di Chrome. futur ini akan membuat Android Anda terlihat lebih canggih dan keren. Jika Anda malas mengetik atau tangan Anda berminyak, fitur ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

    Untuk memulainya, Anda perlu membuka Google Chrome dan mengetikkan google.com. Kemudian, gulir ke bawah dan ketuk opsi pengaturan. Setelah itu, ketuk opsi pengaturan pencarian.

    Kemudian, temukan kolom yang berisi tulisan tangan atau hand write, kemudian aktifkan opsi tersebut. Setelah itu, kamu bisa langsung menggulir ke bawah dan menekan tombol save atau simpan.

    Jadi, semua yang kamu tulis menggunakan tangan akan dapat kamu temukan atau kamu baca di kolom pencarian Google Chrome. Selain itu, ini juga akan membuat smartphone kalian menjadi lebih pintar dan lebih stylish.

    Dark Mode

    Salah satu fitur tersembunyi Andoird yang dapat kamu gunakan adalah menggunakan Dark Mode. Dark Mode memiliki manfaat untuk menghemat penggunaan baterai pada perangkat Android Anda.

    Pada aplikasi messenger, kita juga memiliki opsi untuk mengubah tampilannya menjadi mode gelap. Caranya sangat mudah, cukup ketuk tiga titik di bagian kanan atas, kemudian pilih opsi “aktifkan mode gelap” atau “enable dark mode”. Setelah itu, tampilan messenger akan otomatis berubah menjadi mode gelap.

    BACA JUGA:  Begini Cara Reset HP Android Dengan Benar!
    10 Fitur Tersembunyi Android yang Belum Kamu Ketahui
    Fitur Tersembunyi Android yang Belum Kamu Ketahui (digitalinformationworld.com)

    Selain di aplikasi messenger, fitur ini juga dapat kamu aktifkan dalam daftar kontak telepon Anda. Caranya hampir sama, yaitu dengan mengetuk tiga titik di bagian atas, kemudian pilih opsi tampilan atau pilihan tampilan. Setelah itu, aktifkan mode gelap.

    Selain menggunakan messenger dan daftar kontak telepon, kalian juga dapat mengaktifkan fitur ini pada semua aplikasi yang Google buat, seperti YouTube, Google Maps, dan aplikasi lainnya.

    Jika Anda menggunakan YouTube, buka tab akun Anda dan pilih opsi pengaturan. Setelah itu, pilih menu umum dan aktifkan mode gelap atau dark mode.

    Safe Mode Pada Android

    Fitur yang ketiga adalah Safe Mode. Mungkin sebagian dari kalian sudah familiar dengan fitur ini, tetapi saya yakin banyak yang tidak tahu apa fungsi sebenarnya dari fitur ini. Fungsi utama dari fitur Mode Aman adalah untuk memeriksa aplikasi-aplikasi yang dapat membuat performa android menjadi lambat atau lemot. Selain itu, fitur tersembunyi Android ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki masalah restart otomatis atau kesulitan saat booting pada android kalian.

    Untuk mengaktifkannya, cukup tahan tombol power dan lakukan tap dan tahan “power off”.

    Silakan ketuk “oke” dan tunggu hingga perangkat Android Anda selesai restart untuk masuk ke Safe Mode. Setelah berhasil masuk, tampilannya akan berubah seperti ini.

    Jadi, kalian tidak dapat menggunakan aplikasi yang telah kalian pasang, tetapi hanya dapat mengakses aplikasi default yang ada pada smartphone.

    Jika ingin mengembalikannya ke kondisi awal, cukup melakukan restart pada smartphone Anda dan secara otomatis smartphone akan kembali ke pengaturan semula.

    Setiap jenis android mungkin memiliki perbedaan. Kamu hanya perlu mencari di Google sesuai dengan merek smartphone yang kamu miliki.

    Menurunkan Skala Animasi Transisi di Android

    Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah mengurangi tingkat animasi transisi. Jika Anda pernah mengalami kecepatan lambat atau lag saat membuka aplikasi atau menjalankan perintah di ponsel Android Anda, maka cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja ponsel adalah dengan mengurangi tingkat animasi transisi.

    BACA JUGA:  Spesifikasi Moto G9 Power yang Bawa Baterai Jumbo

    Untuk memulai, buka pengaturan di ponsel Anda dan gulir ke bawah. Pilih opsi “sistem”. Jika fitur opsi pengembang belum diaktifkan, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Untuk melakukannya, ketuk opsi “tentang ponsel” dan cari nomor bentukan atau build number. Ketuk nomor tersebut sebanyak tujuh kali.

    Setelah itu, kembali ke menu utama dan temukan opsi pengembang atau opsi developer. Ketuk opsi tersebut dan gulir ke bawah. Cari pengaturan untuk skala animasi transisi. Ketika Anda menemukannya, atur skala animasi transisi menjadi 0,5 kali. Setelah itu, Anda akan merasakan peningkatan kecepatan dan performa pada smartphone Anda.

    Dengan menggunakan metode ini, penggunaan aplikasi di Android akan terasa lebih responsif dan cepat.

    Mengubah Tampilan Ikon Aplikasi di Android

    Cara kelima adalah mengubah tampilan ikon aplikasi. Untuk melakukannya, cukup tekan dan tahan layar smartphone Anda. Kemudian, pilih opsi pengaturan layar utama. Di sana, Anda dapat memilih tampilan ikon yang sesuai dengan preferensi Anda.

    BACA JUGA:

    FAst Quick Setting

    Salah satu fitur tersembunyi Android adalah Fast Quick Setting. Ketika kita menggeser layar ke bawah pada status bar, kita akan melihat panel notifikasi. Lalu jika kita menggeser layar ke bawah lagi, kita akan melihat Quick Setting.

    Sebenarnya ada cara yang lebih cepat. Kamu bisa menggunakan dua jari dan menggesek ke bawah secara bersamaan. Dengan begitu, kamu akan langsung diarahkan ke Pengaturan Cepat. Jika kamu mengklik dua kali status bar, maka kamu akan langsung diarahkan ke panel notifikasi.

    Tombol Power dan Volume HP

    Cara ketujuh adalah menggunakan tombol volume dan power. Ketika sedang ada telepon masuk di smartphone, misalnya ketika kita sedang berada di kelas atau di bioskop, kita perlu mematikannya dengan cepat. Caranya cukup dengan menekan tombol power ketika ada telepon masuk. Dengan begitu, panggilan telepon akan secara otomatis dibisukan.

    BACA JUGA:  Redmi 13C 5G dengan Fitur dan Spesifikasi Terbaru!

    Untuk mengaktifkan fitur ini, langkah pertama adalah pergi ke menu pengaturan dan masuk ke opsi aksesibilitas. Setelah itu, gulir ke bawah dan aktifkan opsi tombol daya untuk menutup panggilan telepon. Dengan begitu, ketika ada panggilan masuk, Anda hanya perlu menekan tombol volume atau daya untuk menutupnya.

    Fast Copy

    Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah fast copy. Dengan memanfaatkan fitur dua layar, multitasking menjadi lebih canggih. Kita dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan.

    Sebagai contoh, saya membuka browser Chrome dan menyalin teks yang ingin saya salin. Cukup pilih teks yang ingin disalin, lalu seret atau tarik teks tersebut ke lokasi yang diinginkan. Dengan begitu, teks akan secara otomatis terpancang di tempat yang kita inginkan.

    Metode ini hanya dapat digunakan atau didukung oleh beberapa aplikasi saja. Jika ada aplikasi yang tidak mendukung metode tersebut, maka Anda harus melakukan copy paste secara manual.

    Mengubah Tampilan Google Widget di Android

    Salah satu fitur tersembunyi Android lainnya adalah mengubah tampilan Google Widget. Untuk melakukannya, buka aplikasi Google dan ketuk opsi “lainnya” yang ada di bagian bawah kanan. Pilih “sesuaikan widget” dan atur tampilan widget sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat mengubah logo, bentuk, warna, dan tingkat transparansi widget Google.

    Melihat Notifikasi di Aplikasi

    Cara terakhir adalah dengan melihat notifikasi di aplikasi. Kamu bisa melakukannya dengan mengetuk dan menahan aplikasi yang ingin kamu lihat notifikasinya. Setelah itu, kamu akan melihat notifikasi dari aplikasi tersebut.

    Sebagai ilustrasi di sini, saya akan menggunakan platform Google Maps sebagai contoh. Kamu bisa menambahkan lokasi tempat kerja atau rumah kamu.

    Selain itu, kamu juga bisa mencoba membuat notifikasi pop up WhatsApp. Namun, sayangnya hanya beberapa versi Android yang mendukung cara ini.

    Penutup

    Baiklah, itulah artikel mengenai fitur tersembunyi di Android. Semoga bermanfaat bagi semua pembaca. Nah, ada fitur apa yang sudah kalian ketahui dan fitur apa yang masih belum kalian tahu. Silakan berikan komentar kalian di bawah ini.

    Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Jangan lupa untuk memberikan komentar jika kamu sudah selesai membaca artikel ini. Artikel apa lagi yang ingin kita buat? Silakan berikan komentar di bawah.

    Related Posts