2 Metode Ampuh Untuk Menghapus Folder Windows Old di Komputer dan Laptop

in , , , ,
Cara menghapus windows old by teknodaim

Cara Menghapus Folder Windows Old – Salah satu hal yang wajib agar dilakukan pengguna OS Windows adalah selalu Update pembaruan yang disediakan oleh Microsoft. Termasuk melakukan Upgrade ke versi Windows yang paling aman saat ini.

Cara Menghilangkan Folder Windows Old

Ketika selesai melakukan Upgrade Windows, misalnya dari OS usang Windows 7 yang dipindah ke Windows 10. Windows sendiri tidak akan lansung menghapus data lama dan menaruhnya menjadi sebuah Backup menjadi folder Windows Old.

Tanpa kita sadari, sebagian besar kapasitas HDD atau SSD yang kita gunakan sebagai penyimpanan utama akan termakan oleh folder tersebut. Tapi tenang, folder Windows Old tidak bersifat permanen karena akan hilang dalam 30 hari.

Jika baru selesai melakukan Upgrade atau pindah versi Windows, dan menemukan Disk Space banyak terpakai! Pastinya itu adalah karena efek dari folder Windows Old. Kalau sudah tidak butuh, berikut cara menghapus folder Windows Old:


Cara Pertama | #1

  • Bagi pengguna Windows 10, silahkan tekan tombol Start pada keyboard dan tulis Storage atau cara manual dengan pergi ke Setting > System > Storage.
Cara menghapus windows old by teknodaim
  • Sekarang temukan Change How We Free Up Space atau pada versi terbaru, klik Configure Storage Sence or run it now.
Cara menghapus windows old by teknodaim
  • Kemudian centang opsi seperti yang terlihat pada gambar berikut:
Cara menghapus windows old by teknodaim 1
  • Silahkan klik Clean now untuk menghapus data-data sisa dan folder Windows Old.
  • Lamanya proses penghapusan tergantung ukuran file Backup yang ada di folder tersebut. Karena folder tersebut berisi file cadangan OS kita sebelumnya.

Cara Kedua | #2

Jika cara pertama tidak bekerja, ada satu lagi metode yang bisa jadi alternatifnya. Yaitu dengan melakukan Disk Cleanup. Cara menghilangkan folder Windows Old:

  • Buka Disk Cleanup dengan pergi ke Start kemudian ketik Disk Cleanup.
  • Atau melalui metode manual, klik kanan HDD atau SSD penyimpanan sistem klik Properties dan pilih opsi Disk Cleanup di tab utama yang tampil.
Metode #1

Atau:

Metode #2
  • Sistem akan mendeteksi atau melakukan pemeriksaan kepada penyimpanan sistem operasi terlebih dahulu. Misalnya pada Drive C:
  • Kemudian akan muncul pop-up baru. Klik Clean Up System Files dan akan muncul pop-up tab baru yang lainnya. Scrool ke bawah dan centang Previouse Windows Installation.
  • Kemudian klik OK dan muncul permintaan penghapusan.
  • Klik Delete Files dan pilih Yes.

Selesai, sekarang folder Windows Old di OS baru sudah tidak ada lagi alias bersih. Atau kalau mau alternatif yang sedikit Ekstrim, silahkan buka Command Prompt dan tulis perintah takeown /F C:\Windows.old\* /R /A kemudian tekan tombol Enter.

Lanjutkan dengan cacls C:\Windows.old\. /T /grant administrators:F dan tulis Y untuk mengonfirmasi permintaan. Terakhir, ketik perintah rmdir /S /Q C:\Windows.old\ dan tekan tombol Enter untuk menghapus folder Windows Old.


Ingat bahwa folder Windows Old akan terhapus otomatis dalam 30 hari, jika kamu masih punya banyak kapasitas yang kosong sebaiknya biarkan saja. Namun bila benar-benar membutuhkan Free Space tambahan, silahkan hapus folder tersebut.

Sekian tentang cara menghilangkan folder Windows Old secara manual yang bisa dilakukan, terima kasih sudah mampir di Teknodaim Media dan semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
Cara Mudah Mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10