5 Tips Cara Memilih HP Second (Seken) dengan Baik

in , , , , ,
Cara memilih hp seken by teknodaim

Kemajuan teknologi membuat komunikasi, berbagi informasi dan bahkan aktivitas hiburan seperti bermain game bisa dilakukan dengan mudah saat ini. Perangkat yang digunakan kebanyakan adalah ponsel, cara memilih HP seken?

5 Cara Memilih HP Bekas / 2nd

Dibandingkan dengan komputer atau laptop, kebutuhan utama manusia akan teknologi lebih tertuju kepada perangkat HP Smartphone. Tidak semua orang bisa menikmati perangkat tersebut dengan membeli baru, karena beberapa faktor ekonomi.

Berbagai produsen smartphone saat ini terus-menerus menghadirkan inovasi baru yang mengusung teknologi baru pula. Harga HP sekarang sudah mulai bersahabat dengan masyarakat. Dengan spesifikasinya yang sudah cukup baik.

Bagi sebagian orang yang belum punya cukup budget untuk membeli HP yang diinginkan dengan harga distributor atau harga resmi dari produsen, alternatif yang bisa dipilih adalah dengan pergi ke penjual Second. Cara memilih HP bekas yang baik:


1. Cek Kondisi Fisik

Cara memilih hp seken by teknodaim 1
Gambar: Dailysocial

Hal pertama yang bisa kamu lakukan agar mengetahui kondisi sebuah barang, adalah dengan mengecek bagian body. Perhatikan apakah ada lecet atau goresan yang berpotensi bermasalah pada komponen vital barang. Misalnya pada sisi belakang.

Kemudian cek segel HP terlebih dahulu, perhatikan apakah segel masih utuh atau terlihat seperti sudah pernah di servis sebelumnya. Jika ada keanehan, coba tanyakan kepada si penjual barang. Pastikan juga apa saja kelengkapan barang itu.

Lihat sisi USB dan coba lakukan pengetesan Charging, apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah longgar-longgar. Ingat cara memilih HP seken satu ini.


2. Cek Spesifikasi dan Status Legal atau Ilegal

Cara memilih hp seken by teknodaim

Baru-baru ini, publik sudah diperingatkan agar tidak sembarangan membeli smartphone di pasar tidak dikenal. Karena berpotensi barang tersebut adalah produk Ilegal atau. Lakukan pengecekan IMEI, untuk caranya silahkan Klik Disini.

Maka dari itu, persiapkan sebuah perangkat bantuan yang punya data internet agar bisa mengecek IMEI HP atau smartphone yang akan dibeli. Langkah berikutnya silahkan cek spesifikasi HP, apakah sesuai dengan yang disampaikan penjual sebelum COD.


3. Cek Fungsi Tombol dan Fitur

Gambar: Okezone

Sekarang, silahkan cek kondisi fitur kontrol dari aksesoris dan software dari HP yang ditawarkan penjual. Seperti mengetes semua sisi layar sentuh di Android.

Lalu lanjutkan dengan pengetesan fitur digital seperti Wi-Fi, apakah dapat terkoneksi dengan internet atau tidak. Jika sudah tidak bisa lagi, bisa dipastikan ada yang Error atau komponen yang rusak. Coba tes nonton Youtube untuk beberapa waktu.


4. Cek Kondisi Baterai

Selain melakukan pengecekan pada bagian body, sekarang lihat kondisi sisi belakang di area pasokan daya yaitu pada bagian baterai. Lihat apakah baterai dalam kondisi baik atau sudah terlihat kembung dan tidak normal. Hati-hati ya.


5. Tanyakan Garansi

Jika barang yang dijual termasuk ke harga menegah atau kelas tinggi, tanyakan Garansinya apakah ada atau tidak. Karena tanpa garansi, bisa saja HP tersebut adalah sebuah produk HDC alias tiruan atau palsu. Cara memilih HP bekas yang baik.


Itulah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui sebuah HP atau smartphone apakah masih dalam keadaan layak pakai atau tidak. Yang paling penting, jangan cepat tergiur dengan barang Second yang terlalu murah dibanding barunya.

Sekian pembahasan dan sedikit tips cara memilih HP bekas yang bisa dilakukan saat bertransaksi. Ingat! Perhatikan fisik, cek kondisi dan fungsi, cek status IMEI serta pastikan bagaimana garansi dari barang yang dijual. Semoga bermanfaat.