3 Cara Mudah Untuk Melihat IP Address di Windows dan Android

in , , , , , , ,
Cara melihat ip address by teknodaim

IP Address adalah sebuah angka identitas yang sewaktu-waktu pasti kita perluin. Jadi sebagai pengguna, kita wajib tau bagaimana cara melihat IP Address yang bisa dilakukan di perangkat komputer ataupun smartphone. Silahkan simak lebih lanjut.

3 Cara Mengetahui IP Address

IP Address sendiri pasti dimiliki oleh perangkat atau gadget seperti laptop, smartphone Android dan juga oleh WiFi dan Modem. Karena jika IP Address tidak terdeteksi atau tidak ada, maka sebuah perangkat tidak bisa terhubung ke jaringan internet.

Buat kamu yang penasaran karena belum tau, atau memang lagi merluin nomor identitas tersebut, berikut beberapa cara mengetahui alamat IP dengan mudah:


1. Di Dekstop

Buat pengguna laptop atau komputer (PC), ini cara cek alamat IP kalian:

  • Pergi ke Control Panel, atau lewat Start kemudian ketik Control Panel.
  • Sekarang pilih Network and Sharing Center.
  • Cari opsi bertuliskan Local Area Connection atau Ethernet pada Windows 10 dan pilih Details.
Cara melihat ip address by teknodaim
  • Kemudian IP Address akan tampak.

Cara melihat IP Address lainnya yang bisa dilakukan bisa melalui CMD atau memberi perintah pada Command Prompt. Silahkan ikuti caranya berikut ini:

  • Buka CMD dengan mengetiknya di Start, dan tekan Enter.
  • Atau dengan menggunakan tombol Windows dan R secara bersamaan di keyboard, kemudian tulis CMD dan tekan Enter.
  • Pada pop-up CMD yang muncul, ketik perintah ipconfig/all dan tekan Enter.
  • IP Address akan tampak.

Atau kamu bisa melakukan pengecekan IP Address secara online melalui dua situs yang aman seperti ipaddress.com dan whatismyip.com. Kalau paham, lanjut berikutnya.


2. Di Android

Cara mengetahui IP Address selanjutnya adalah cara khusus buat para pengguna ponsel berbasis OS Android. Ada dua metode, tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi:

  • Pergi ke menu WiFi dan klik nama WiFi yang terhubung sekarang.
  • Maka IP Address akan langsung tampak.

Atau, menggunakan aplikasi cek IP Address bernama MyIP. Silahkan Download dan Instal, Klik Disini. Kemudian buka aplikasi itu dan IP Address ponsel akan tampak.


3. Di WiFi

Kemudian bagaimana cara mengetahui IP Address pada perangkat WiFi di PC ata laptop? Caranya sama saja dengan nomor satu tadi. IP Address WiFi yang kita cari di deskripsikan dengan nama Pv4 Default Gateway. Misalnya seperti punya saya nih:


Itulah tadi cara melakukan pengecekan alamat IP pada komputer dan smartphone dengan mudah, bahkan cuman butuh beberapa data saja. Semoga bisa bermanfaat.