TipsGadgetLaptop

Inilah Daftar Biaya Service Laptop Sesuai Dengan Kerusakannya

Laptop merupakah salah satu alat yang bisa membantu pekerjaan sehari-hari penggunanya, sama seperti gadget lainnya, laptop juga bisa rusak, kerusakan laptop ini ada yang ringan ada juga yang berat. Berbicara soal kerusakan laptop, kali ini Teknodaim ingin berbagi daftar harga service laptop sesuai dengan kerusakannya.

Kerusakan laptop itu bermacam-macam, tergantung dengan pemakaiannya, tapi yang biasa terjadi itu Windows bermasalah, kena virus, layar rusak, keyboard rusak, Touchpad bermasalah dan masih banyak yang lainnya.

BACA JUGA:

Berikut Daftar Harga Service Laptop Sesuai Dengan Kerusakan

Dalam tabel berikut ini, adalah beberapa jenis kerusakan, cara perbaiki laptop hingga biaya perbaikan laptop. Untuk merek laptop Asus, Acer, Lenovo, Toshiba dan segala merek laptop lainnya.

Jenis KerusakanJenis ServiceRata-Rata Biaya
SistemInstall Ulang50 ribu
KeyboardGanti Keyboard300 – 400 ribu
TouchpadGanti Touchpad200 – 400 ribu
BIOS CorruptFlash BIOS100 – 200 ribu
RAMGanti RAM350 ribu (Atau lebih)
HarddiskGanti Harddisk450 – 650 ribu
LayarGanti LCD800 – 1.5 juta
Layar kedipGanti Fleksibel200 ribu – 450 ribu
SpeakerPerbaiki / Ganti speaker100 – 350 (Atau lebih)
DVD Susah TerbacaGanti DVD Drive180 ribu
Baterai RusakGanti Baterai205 – 500 ribu
Motherboard RusakPerbaiki / Ganti Motherboard200 ribu – 3 juta
Engsel LonggarGanti Engsel100 – 200 ribu
Kipas berisikGanti kipas100 – 150 ribu
Processor PanasGanti Thermal Paste100 – 150 ribu

Perlu Dicatat!

Perlu kalian ingat, setiap tempat service mempunyai harga yang berbeda-beda, meski begitu harga yang akan kami beritahu merupakan sebagai harga patotan dari rata-rata.

1. Biaya Install Ulang

Biaya Install Ulang
Biaya Install Ulang | jurnalremaja.com

Pertama kita akan membahas biaya install ulang laptop. Kalian pasti pernah mengalami, ketika menyalakan laptop muncul pesan error, sistem terkena virus, sistem suka macet-macet, salah install driver dan lain sebagainya.

Kalau kalian mengalami kendala ketika baru menyalakan laptop, itu tandanya kalian harus melakukan install ulang. Kalau kalian bisa melakukan install ulang sendiri, tentunya harganya gratis, tapi kalau kalian tidak bisa dan meminta seseorang untuk melakukan install ulang, biasanya harga install ulang Windows sekitar 50 sampai 100 ribu.

2. Biaya Service Keyboard Laptop

Biaya Service Keyboard Laptop
Biaya Service Keyboard Laptop | futureloka.com/

Selanjutnya adalah biaya service keyboard laptop. Keyboard laptop merupakan salah satu bagian yang sering digunakan, seiringnya berjalan waktu kalau kalian sering menggunakan keyboard, pasti keyboard akan rusak.

Biasanya keyboard rusak itu efeknya ketika kalian mengetik maka tidak muncul huruf atau  tombol yang lepas. Nah kalau sudah seperti itu kalian harus melakukan perbaikan dan harga servicenya yaitu sekitar 300 sampai 400 ribuan termasuk jasa pasang dan keyboard baru.

3. Biaya Ganti Touchpad

Biaya Ganti Touchpad
Biaya Ganti Touchpad | pricebook.co.id

Harga service laptop berikutnya adalah biaya ganti Touchpad. Sama seperti keyboard. Touchpad merupakan salah satu bagian yang sering digunakan, seiring berjalannya waktu, kalau kalian sering menggunakan Touchpad, maka Touchpad akan rusak.

Biasanya Touchpad rusak itu efeknya yaitu ketika kalian mengeser kursor menggunakan Touchpad, Touchpad tidak merespons atau sulit menggerakkan kursor. Harga perbaikannya pasti mahal, karena kabel Touchpad itu terhubung dengan motherboard.

4. Harga Flash BIOS

Harga Flash Bios
Harga Flash Bios | dimensidata.com

Kemudian harga flash BIOS. Nah jenis kerusakan yang satu ini jarang ditemui, nah ciri kerusakan ini yaitu ketika laptop nyala  tidak ada tanda layar BIOS atau tidak bisa masuk ke menu BIOS sama sekali.

Tujuan flash BIOS untuk menggantikan file BIOS lama ke yang baru. Untuk biaya harga flash BIOS yaitu sekitar 100 sampai 200 ribuan, dan flash ini biasanya cuman dilakukan di Service Center.

5. Harga Ganti RAM

Harga Ganti Ram
Harga Ganti Ram | medium.com

Harga service laptop selanjutnya yaitu biaya ganti RAM, seperti yang kita ketahui RAM merupakan salah satu komponen penting laptop. Kerusakan RAM laptop biasanya sering bluescreen dengan pesan memory error atau ketika laptop dinyalakan cuman blank hitam.

Nah untuk service RAM tergantung dengan jenis RAM, tipe, kecepatan, dan kapasitasnya. Sebagai contoh RAM 4GB DDR3 biasanya 350 sampai 400 ribuan. Selain itu sebagai saran bagusnya kalian ganti RAM di Service Center.

6. Memperbaiki Harddisk

Memperbaiki Harddisk
Memperbaiki Harddisk | tipskomputer.net

Harga service laptop berikutnya yaitu biaya memperbaiki Harddisk. Sama seperti RAM, Harddisk merupakan salah satu kompenen penting yang bisa membuat laptop menyala. Sebenarnya Harddisk itu tidak bisa diperbaiki tapi harus diganti.

Tapi dibandingkan dengan RAM, Harddisk ini sangat mudah saat menggantinya. Setiap Harddisk memiliki kapasitas dan jenis yang berbeda-beda, harganya sekitar dari 300 ribu ke atas dan untuk mengganti Harddisk sekitaran 50 sampai 100 ribu.

7. Harga Service Layar Laptop

Harga Service Layar Laptop
Harga Service Layar Laptop | http://bedjolaptop.com/

Kemudian harga service layar laptop. Seperti yang kita ketahui layar laptop merupakan salah satu komponen penting, dan kerusakannya biasanya yaitu layar tidak menampilkan gambar, muncul garis-garis vertikal atau horizontal dan lain sebagainya.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, kalian harus mengganti layar laptop lama dengan yang baru dan untuk harga LCD nya berbeda-beda mulai dari 700 ribu sampai 1 juta lebih. Terus untuk biaya pemasangannya cukup mahal yaitu sekitar 100 ribu lebih.

8. Ganti Fleksibel Layar

Ganti Fleksibel Layar
Ganti Fleksibel Layar | uplotify.id

Harga service laptop selanjutnya adalah biaya mengganti fleksibel layar. Buat kalian yang belum tau, kabel fleksibel ini merupakan komponen yang menghubungkan antara motherboard ke layar laptop.

Jenis kerusakan yang biasa dialami oleh komponen ini yaitu no display, kedap kedip dan lain sebagainya. Nah untuk biaya perbaikan kabel fleksibel layar itu sekitar 200 sampai 450 ribu, dengan catatan laptop kalian kabel fleksibelnya tidak menyatu dengan layar.

9. Service Speaker Laptop

Service Speaker Laptop
Service Speaker Laptop | taktiktop.com

Berikutnya adalah harga speaker laptop. Speaker merupakan salah satu bagian terpenting pada laptop, biasanya kerusakan speaker yang terjadi yaitu suara kresek waktu bunyi, atau tidak berfungsi sama sekali meskipun sudah coba diinstall driver.

Penyebabnya biasanya karena komponen speaker sudah tua atau ada kabel yang putus, untuk biaya perbaikannya sekitar 100 sampai 200 ribu, tapi kalau sudah 300 ribu lebih, biasanya itu ada sesuatu yang harus diganti.

10. DVD Susah Terbaca

Dvd Susah Terbaca
Dvd Susah Terbaca | pinhome.id

Kemudian DVD susah terbaca. Biasanya laptop yang sudah berumur 2 tahun lebih pernah mengalami masalah ini, penyebab masalah ini yaitu komponen pembaca DVD sudah lemah. Jadi perlu menggantinya dengan yang baru, untuk harga DVD drive-nya sekitar 150 ribu dan untuk harga pemasangannya sekitar 200 ribuan.

11. Mengganti Baterai Laptop

Mengganti Baterai Laptop
Mengganti Baterai Laptop | telset.id

Harga service laptop selanjutnya yaitu biaya ganti baterai laptop. Berbeda dengan komputer yang full menggunakan arus listrik, laptop ini sama seperti ponsel yaitu gadget ini sama-sama memiliki baterai. Dengan baterai tersebut, laptop bisa nyala tanpa perlu arus listrik.

Penyebab baterai rusak biasanya tidak mau menyala kalau tidak ada arus listrik, tiba-tiba laptop mati ketika listrik mati padahal kapasitas baterai masih penuh, dan lain sebagainya. Untuk perbaikannya cukup mudah, kalian tinggal beli baterai dengan merek dan tipe yang sama.

12. Mengganti Motherboard

Mengganti Motherboard
Mengganti Motherboard | hot.liputan6.com

Harga perbaikan laptop berikutnya yaitu mengganti motherboard. Seperti yang kita ketahui Motherboard merupakan salah satu komponen yang sangat penting, lalu untuk perbaikannya juga sangat mahal.

Ciri dari motherboard yang rusak adalah komponen tertentu tidak berfungsi dengan normal sampai laptop tidak bisa menyala. Biaya perbaikan untuk motherboard yang rusak yaitu sekitar 800 ribu lebih,

13. Service Engsel Layar

Service Engsel Layar
Service Engsel Layar | medcom.id

Kemudian service engsel layar. Biasanya engsel layar laptop bisa rusak sesuai dengan jangka pemakaian yang lama sekali, tapi ada beberapa penyebab lain engsel layar rusak yaitu laptop jatuh. Untuk harga perbaikan engsel layar yaitu sekitar 100 ribu sampai 150 ribuan, tapi bisa jadi lebih mahal kalau harus ganti casing.

14. Ganti Kipas Laptop

Ganti Kipas Laptop
Ganti Kipas Laptop | fericy.com

Harga service laptop selanjutnya adalah biaya kipas laptop. Kipas merupakan salah satu komponen penting supaya laptop tetap dingin atau tidak panas. Ciri dari kipas laptop yang harus diperbaiki yaitu laptop berbunyi dengan keras.

Biasanya banyak debu atau memang ada bagian yang patah atau retak. Untuk kipas baru harganya sekitar 70 sampai 100 ribuan, dan untuk jasa perbaikannya yaitu sekitar 100 sampai 200 ribu. Kalau cuman penuh debu doang itu jauh lebih murah, malah gratis kalau kalia bisa membersihkannya sendiri.

15. Ganti Thermal Paste Laptop

Ganti Thermal Paste Laptop
Ganti Thermal Paste Laptop | pindahlubang.com

Harga service laptop terakhir adalah biaya ganti thermal paste laptop. Sama seperti kipas, Thermal atau pasta ini bertujuan supaya laptop tidak panas dan berjalan dengan lancar. Ciri kalau thermal paste sudah kering yaitu laptop terasa berat.

Biasanya pengguna laptop harus mengganti thermal paste dalam jangka waktu pemakaian tertentu. Kalau kalian bisa melakukannya sendiri harganya jauh lebih murah, kalian cuman perlu beli thermal pastenya sekitar 50 ribu. Kalau tidak bisa melakukannya sendiri paling sekitar 100 sampai 150 ribu untuk mengganti thermal paste.


Demikianlah daftar harga service laptop sesuai dengan kerusakannya. Setelah membaca artikel ini dan mengetahui harga servicenya, kira-kira nih kalian sering service laptop bagian yang mana? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim.

What's your reaction?

Related Posts