Mengenal Bahasa Pemrograman Dan Tips Mempelajarinya

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Bahasa pemrograman merupakan suatu alat yang membantu para programmer dalam menulis serangkaian perintah agar dapat […]

Mengenal Bahasa Pemrograman Dan Tips Mempelajarinya (universitas Multimedia Nusantara)

Mengenal Bahasa Pemrograman Dan Tips Mempelajarinya (universitas Multimedia Nusantara)

Bagi siapa saja yang ingin terlibat dalam bidang analisis data, penting untuk mempelajari bahasa pemrograman. Programming language berperan sebagai penghubung antara manusia dan komputer.

Sebelum membaca artikel ini, browser apa yang kamu gunakan untuk mencari kata kunci yang kamu tuju? Apakah itu Chrome, Safari, atau browser Firefox? Browser internet yang penulis sebutkan merupakan contoh hasil dari programming language.

Bahasa pemrograman adalah alat yang para programmer gunakan untuk menulis kode-kode tertentu yang nantinya akan menghasilkan berbagai jenis output, seperti website, aplikasi, dan perangkat elektronik.

Artikel ini akan membahas tentang apa itu bahasa pemrograman, mengapa programming language penting, dan beberapa contoh bahasa pemrograman yang sering para programer gunakan. Jadi, ayo kita baca!

Mengenal Bahasa Pemrograman Dan Tips Mempelajarinya
Mengenal Bahasa Pemrograman dan Tips Mempelajarinya (EKRUT)

Apa itu Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah suatu alat yang membantu para programmer dalam menulis serangkaian perintah agar dapat dilakukan oleh komputer untuk menyelesaikan tugas tertentu.

Komputer hanya dapat memahami sistem bilangan biner, yakni angka “1” dan “0”. Untuk memungkinkan programmer memberikan perintah yang dapat dipahami oleh logika komputer, mereka membutuhkan programming language sebagai sarana komunikasi.

Tujuan utama dalam pembuatan bahasa pemrograman adalah untuk mencapai tujuan tersebut.

Fungsi

Bahasa memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari manusia sebagai sarana untuk berkomunikasi. Hal yang sama juga berlaku untuk programming language. Bahasa pemrograman berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara komputer dan manusia, khususnya para programmer.

BACA JUGA:  Wanita Ini Dipecat karena Jarang Menggunakan Laptop saat Kerja WFH

Namun, perbedaan antara bahasa manusia dan bahasa komputer sangat jelas. Programming language menghasilkan berbagai hal, seperti sistem operasi, aplikasi desktop, aplikasi seluler, situs web, dan bahkan perangkat teknologi yang kita gunakan setiap hari, seperti ponsel.

BACA JUGA:

Jenis Bahasa Pemrograman

Menurut Codecademy dan Investopedia, berikut adalah beberapa jenis programming language yang ada:

Low-Level Language atau Bahasa Mesin

Low-level language tingkat rendah merujuk pada bahasa yang mendekati kode mesin atau bahasa asli komputer. Bahasa ini biasanya sulit untuk manusia pahami karena terkait erat dengan penulisan kode mesin dan berhubungan dengan komponen hardware di dalam komputer.

Instruksi pada low-level language memiliki kendali langsung sehingga masih diperlukan untuk menjalankan fungsi-fungsi yang terkait dengan struktur fisik komputer.

Bahasa Rakitan atau Assembly Language

Assembly Language adalah jenis bahasa pemrograman yang memiliki rancangan agar mudah dipahami oleh manusia. Meskipun termasuk dalam low-level language, bahasa ini tidak sekompleks machine language.

Jenis bahasa ini diperlukan untuk menyambungkan antara high-level language (seperti Python atau SQL) dengan perangkat keras yang ada di dalam komputer.

BACA JUGA:  5 Cara Mengirim File dari Laptop ke HP yang Paling Sering Digunakan

High-Level Language

High-level language adalah jenis bahasa yang lebih mirip dengan cara manusia berkomunikasi. Dalam bahasa tingkat tinggi, umumnya menggunakan kata-kata seperti perintah, permintaan, jalankan, objek, dan sebagainya. Kata-kata ini familiar dalam kehidupan sehari-hari dan mudah untuk manusia pahami.

contoh bahasa pemrograman

Ilmu Komputer menjelaskan beberapa programming language yang umum para programmer gunakan, termasuk:

Python (High-Level Language)

Python merupakan salah satu high-level language yang sangat terkenal. Keunggulan Python terletak pada kemudahannya bagi pemula, penggunaan syntax yang sederhana, ketersediaan library yang luas, dan mampu berintegrasi dengan berbagai programming language lainnya.

Python adalah programming language yang sering para programmer gunakan untuk membangun berbagai jenis aplikasi, termasuk aplikasi untuk layanan keuangan, ilmu data, dan berbagai bidang lainnya.

Python adalah bahasa pemrograman serba guna yang memungkinkan pengembang untuk menggunakan berbagai gaya programming, seperti fungsional, reflektif, berorientasi objek, dan lain sebagainya.

JavaScript (High-Level Language)

Seperti halnya Python, Javascript adalah high-level language yang sangat populer dan banyak kita temukan di berbagai organisasi. Bahasa ini sering para programmer gunakan untuk membuat website interaktif dan mengatur perilaku website.

Dengan menggunakan Javascript, para pengembang dapat menciptakan elemen-elemen interaktif pada website, seperti peta interaktif, tombol yang dapat kita klik, grafik animasi, dan berbagai fitur lainnya.

BACA JUGA:  Mengenal Sejarah, Fungsi dan Cara Mengelola HTML (Ilmu Bahasa Pemrograman)

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang sangat sesuai untuk pengembangan web, aplikasi mobile, pengembangan game, serta pembuatan server web.

PHP (High-Level Language)

PHP merupakan programming language yang telah ada sejak lama. Bahasa ini digunakan untuk mengembangkan sisi server pada website ketika diperlukan informasi dari server.

PHP adalah bahasa pemrograman yang dapat kita modifikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu, PHP juga merupakan software open source yang memungkinkan setiap orang untuk menggunakannya secara gratis.

Salah satu keunggulan PHP adalah mampu berintegrasi dengan berbagai jenis alat pemrograman lainnya.

Bahasa pemrograman C++ (High-Level Language)

C++ merupakan bahasa pemrograman yang digunakan secara umum, berorientasi objek, dan merupakan perkembangan dari C language. Bahasa ini digunakan untuk menciptakan program komputer serta berbagai jenis perangkat lunak, termasuk game, editor video, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa perusahaan terkenal yang menggunakan programming language C++ seperti Google, Amazon, Firefox, Winamp, dan Adobe.

Tips Mempelajarinya Untuk Pemula

Jika kamu berminat untuk menjadi ahli dalam bidang analisis data, maka penting untuk mempelajari progamming language.

Untuk pemula, sebaiknya memulai dengan mempelajari high-level language seperti Python. Bahasa ini memiliki sintaks yang lebih sederhana dan mudah dipahami. Selain itu, penggunaan Python juga sangat populer. Jika kamu mengalami kesulitan, kamu tidak perlu merasa sendirian karena ada banyak komunitas tempat para penggemar Python belajar bersama.

Bahasa PemrogramanKomputerPemrograman KomputerProgamming Language

Related Posts