Tips

Mengenal Arti Kata Overload Dalam Pengiriman Paket

Buat kalian yang suka belanja online, pasti pernah mengalami yang namanya Overload. Mungkin sebagian dari kalian sudah tau apa itu Overload, tapi sebagian orang, terutama yang baru mencoba belaja online dan mengalami hal ini pasti bingung dengan apa yang terjadi. Maka dari itu kali ini Teknodaim akan membahas arti Overload dalam pengiriman paket.

Biasanya momen Overload ini sering terjadi bila ada diskon besar-besaran atau momen tertentu lainnya. Perlu kalian ingat Overload yang akan kita bahas ini cuman dalam konteks pengiriman paket via ekspedisi saja.

BACA JUGA:

Arti Overload Dalam Pengiriman Paket

Apa itu overload? Arti overload dalam bahasa Indonesia yaitu diluar kapasitas. Maksud dari kata ini yaitu barang yang dikirim terlalu banyak, dan melebihi kapasitas yang bisa dijalankan oleh pihak layanan pengiriman.

Sebagai contoh layanan pengiriman cuman bisa mengirim 1000 paket dalam satu hari. Namun paket yang masuk ke layanan pengiriman tersebut melebihi 1000 paket, tentunya pihak pengiriman akan kewalahan dalam memproses paket tersebut. Itulah kondisi yang disebut Overload.

Efek Pengiriman Overload

Efek Pengiriman Overload
Efek Pengiriman Overload | sindunesia.com

Setelah mengetahui arti Overload pengiriman paket, sekarang kita akan membahas efek dari Overload. Jadi efek dari pengiriman Overload yaitu hampir semua paket akan mengalami keterlambatan.

Nah sebagai contoh kalau kalian membeli barang dan menggunakan jasa pengiriman dalam waktu 1 sampai 3 hari. Lalu terjadi Overload, maka paket yang akan datang ke rumah bisa mencapai 1 minggu atau lebih.

Kapan Overload Bisa Terjadi?

Kapan Overload Bisa Terjadi
Kapan Overload Bisa Terjadi | cantik.tempo.co

Jadi kapan Overload biasa terjadi? Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Pengiriman Overload biasanya terjadi di hari-hari tertentu, seperti ketika diskon besar-besaran, mendekati hari raya, waktu liburan atau akhir tahun. Namun tidak menutup kemungkinan Overload bisa terjadi di hari biasa dan kondisi biasa.

Solusi Menghindari Overload

Solusi Menghindari Overload
Solusi Menghindari Overload | kargo.tech

Sekarang kita sudah tahu arti Overload merupakan kondisi dimana pihak layanan pengiriman menerima paket yang melebihi kapasitas mereka, sehingga pengiriman jadi terlambat. Terus apakah ada solusi untuk menghindari Overload? Jawabannya ada, berikut solusi menghindari Overload pengiriman:

1. Gunakan Layanan Pengiriman Cepat

Solusi menghindari Overload yang pertama adalah dengan menggunakan layanan pengiriman cepat. Ketika belanja online kalian bisa menggunakan jasa pengiriman 1 sampai 3 hari atau instan day, sehingga paket kalian tidak akan terjebak Overload dan bisa segera sampai.

2. Ambil Paket Sendiri

Solusi selanjutnya dengan mengambil paket sendiri, cara yang satu ini terbilang cukup rekomendasi dan menghemat waktu. Bila paket yang kalian beli sudah dekat dengan rumah kalian, kalian bisa mengambil langsung ke gudang pengiriman, dengan begitu paket kalian tidak akan terjebak Overload.

3. Belanja Lebih Awal

Solusi berikutnya yaitu belanja lebih awal. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Overload biasa terjadi di hari tertentu dan adanya diskon besar. Kalau sekiranya barang yang kalian beli sangat penting dan harus segera digunakan. Kalian bisa belanja jauh sebelum hari besar, dengan begitu paket kalian tidak akan terjebak.

4. Pengiriman dan Penerima Menghubungi Pihak Pengirim

Kalau sekiranya paket kalian masih jauh, lalu tidak bergerak sama sekali. Kami menyarankan kalian menghubungi penjual untuk meminta tolong menghubungi pihak pengirim. Dengan begitu pihak ekspedisi akan menghubungi bagian terkait untuk mendapatkan informasi lebih lanjut yang nantinya akan disampaikan lagi kepada kalian.


Demikianlah pembahasan soal arti Overload dalam pengiriman paket. Setelah membaca artikel ini, kira-kira nih apakah informasi yang kami bagikan bisa menjawab pertanyaan kalian? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim.

What's your reaction?

Related Posts