20 Tombol Kombinasi Jalan Pintas yang Ada di Adobe Photoshop

in ,
Tombol kombinasi adobe photoshop dan tombol pintas di photoshop by teknodaim

Photoshop adalah sebuah Software Editing yang benar-benar menjadi alat andalan para editor foto, desainer dan pembuat Thumbnail konten. Ditambah lagi dengan adanya tombol kombinasi Adobe Photoshop atau tombol pintas di Photoshop.

Fitur-fitur yang tersedia di Software besutan Adobe ini mempermudah seseorang untuk bisa berkreatifitas. Penggiat kegiatan editing yang menggunkaan Software ini pun beragam, ada yang pemula dan juga Professional pun menggunakan Photoshop.

Keyboard Kombinasi Photoshop

Bagi pemula mungkin akan menggunakan metode manual untuk menjalankan bagian per-bagian saat melakukan editing menggunakan Photoshop. Seperti halnya mengetik sesuatu yang padahal bisa di salin ulang alias Copy Paste.


1. Ctrl + N

Dengan menekan tombol Control bersamaan dengan tombol N pada keyboard, maka kita bisa membuka New Page atau halaman baru untuk mengedit sebuah foto tanpa harus cara manual menggunakan kursor pada mouse. Tombol pintas di Photoshop.


2. Ctrl + O

Tombol O yang dikombinasikan dengan Control pada keyboard, adalah Shortcuts pintas untuk membuka sebuah file dokumen yang bisa dimasukkan ke Photoshop. File atau data yang bisa di input ke Adobe Photoshop misalnya file PSD, PNG dan Jpg.


3. Ctrl + Q

Jika sedang buru-buru ingin membuka Software lain atau melakukan penutupan Photoshop karena ingin Shutdown komputer, kamu bisa ketik tombol Control dengan Q secara bersamaan. Maka perintah Close atau Quit akan diterima oleh Photoshop.

Atau bisa dengan menekan tombol Alt+Ctrl+W.


4. Ctrl + S

Untuk menyimpan sebuah proyek atau hasil foto yang sudah selesai di edit, silahkan gunakan kombinasi tombol Control dan S untuk menyimpan secara cepat.


5. Shift + Ctrl + S

Untuk menyimpan file atau hasil foto tanpa menduplikat atau Save As, kamu bisa tekan tombol Shift, Ctrl dan S pada keyboard untuk menyimpan hasil atau proyek baru.


6. Alt + Shift + Ctrl + I

Untuk melihat informasi foto atau file, seperti ukuran dan tanggal pembuatan, silahkan tekan tombol Alt, Shift, Control dan I secara bersamaan.


7. Ctrl + Z

Untuk membatalkan aktivitas terbaru, misalnya terjadi salah coret atau salah edit, batalkan atau Undo dengan menekan tombol kombinasi Control dan Z pada keyboard.


8. Shift + Ctrl + Z

Kombinasi antara Shift, Control dan Z adalah jalan pintas dari Step Forward.


9. Alt + Ctrl + Z

Sebaliknya, tombol kombinasi ini adalah untuk memberikan perintah Step Backward.


10. Ctrl + X

Untuk memotong sisi atau bagian dari foto yang di edit, gunakan kombinasi tombol Ctrl dan X bersamaan untuk memberikan perintah Cut.


11. Ctrl + C

Sama halnya dengan fungsi umumnya pada Windows, menekan tombol Control dan C bersamaan adalah memberikan perintah Copy atau salin sesuatu.


12. Ctrl + V

Seperti fungsi umumnya pula, perintah Paste atau tempel dengan menekan Control dan V bersamaan juga memberikan efek perintah yang sama di Photoshop.


13. Shift + F5

Untuk memfilter sisi foto seperti ingin ditambahkan warna bisa menggunakan perintah dengan tekan tombol Shift dan F5 bersamaan pada keyboard.


14. Ctrl + T

Menekan kombinasi tombol Control dan T bersamaan adalah untuk memberikan perintah Free Transform.


15. Alt + Shift + Ctrl + M

Untuk membuka menu secara cepat tanpa mengarahkan kursor mouse, bisa dengan menekan Alt, Shift, Ctrl dan tombol M bersamaan di keyboard.


16. Ctrl + K

Kombinasi tombol ini adalah untuk membuka opsi General.


17. Ctrl + M

Untuk membuat efek lekukan atau melengkungkan gambar yang di edit, bisa menggunakan kombinasi Control dan M sebagai tombol jalan pintas.


18. Alt + Ctrl + I

Untuk mengatur ukuran gambar atau foto (Image Size), bisa langsung menggunakan perintah pintas yaitu dengan menekan tombol Alt, Ctrl dan I secara bersamaan.


19. Ctrl + U

Kombinasi menekan tombol Control dan U bersamaan adalah pemberi perintah Saturation atau Hue.


20. Alt + Shift + Ctrl + K

Dengan menekan tombol kombinasi yang terakhir, maka kita akan masuk ke fitur untuk mengatur tombol-tombol pintas yang ada. Misalnya mengatur serta mengubah perintah tombol Ctrl + S untuk fungsi lain. Tombol kombinasi Adobe Photoshop.


Itulah berbagai keyboard kombinasi Photoshop atau perintah-perintah yang bisa dilakukan dengan metode cepat menggunakan tombol pintas seperti Copy Paste dengan menekan Ctrl + C dan Ctrl + V bersamaan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
Cara Mengubah Background Foto (Latar Belakang) dengan Photoshop

Tinggalkan Balasan