Sejarah dan Perkembangan Internet Sampai Sejauh Ini

in , ,
Mengenal apa itu internet dan sejarah internet di dunia by teknodaim

Jika ditanya apa itu Internet, apa sih jawaban yang akan kamu lontarkan? Bagaimana caramu mendefinisikannya dari pengalaman kamu yang pernah menggunakan internet. Agar paham lebih dalam, yuk kita bahas sejarah internet sama-sama.

Perkembangan Internet di Dunia Teknologi Digital

Manusia dan jaringan internet adalah dua hal yang sudah sulit untuk dipisahkan, karena merupakan bentuk dari kemajuan teknologi. Sama seperti penggunanya manusia, internet juga punya sejarah tersendiri hingga sudah sangat canggih seperti sekarang ini.

Berdasarkan KBBI, internet dijelaskan sebagai jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit berinternet.


Tahun 1969

Berdasarkan catatan sejarah, internet muncul dan untuk pertama kalinya punya bibit pada tahun 1969. Dimana pada Oktober 1969 peneliti di Universitas California (UCLA), Los Angeles menciptakan sebuah proyek yang memunculkan kata Login.

Pada proyek tersebut, didapat ilmu pengetahuan bagaimana proses pengiriman data dalam bentuk kode biner pada dua komputer, komputer pertama mengirimkan kata LOG sedangkan komputer kedua mengirimkan kata IN.

Mengenal apa itu internet dan sejarah internet di dunia by teknodaim
Ilustrasi Perkembangan Internet by: Paessler

Internet lalu hadir sejak keberhasilan proyek Login tersebut. Proyek yang kemudian berlanjut ke proyek APRANET (Advanced Research Project Agency Network), proyek jaringan komputer itu adalah bentukan Departemen Pertahanan Amerika.

Pada pengerjaan proyek, didapat 4 komputer yang terhubung dengan institusi pendidikan ternama di Amerika antara lain Stanford Research Institute, University of California (UCLA), St. Barbara, dan University of Utah.

Kemudian tahun 1970 dan seterusnya, semakin banyak jaringan komputer yang dihasilkan. Proyek yang dinamai ARPANET tersebut dirancang khusus untuk kebutuhan militer guna mengontrol ancaman serangan nuklir, keperluan taktik militer dan lain sebagainya.


Tahun 1971

Setelah sukses digunakan untuk pemanfaatan urusan militer, jaringan APRANET kemudian mulai digunakan untuk pengiriman surat elektronik untuk pertama kalinya pada tahun 1971 yang dicetuskan simbol @ dalam alamat surelnya.

Seiring berjalannya waktu, Ratu Inggris mencoba mengirim email dengan menggunakan jaringan APRANET pada tahun 1973. Serta pengujian lain yang dilakukan oleh mahasiswa Imperial College London pada tahun 1976 kemudian.


Tahun 1983

Sejarah internet kemudian berlanjut ke tahun 80-an, tepatnya 1 Januari 1983. Dimana saat itu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) untuk pertama kalinya diimplementasikan ke sistem jaringan internet. Apa itu internet.

Para peneliti kemudian melakukan berbagai uji coba untuk mengembangkannya.


Tahun 1990

Masuk ke era 90-an. Dimana perkembangan atau pengembangan internet dilanjutkan oleh Berners-Lee dan para anggota timnya di sebuah organisasi riset nuklir yang berasal dari eropa (CERN). Mereka inilah yang menciptakan www atau World Wide Web.

www sendiri bisa didefinisikan sebagai bagian dari domain yang bertugas untuk menghubungkan sebuah situs dengan akses server domain.

Baca Juga: Mengenal Domain Serta Apa Fungsinya Secara Jelas.

Mengenal apa itu internet dan sejarah internet di dunia by teknodaim 1
Gambar: Ilustrasi Perkembangan Internet

Berners-Lee dan tim kemudian dibantu oleh oleh Robert Cailliau dari Belgia untuk mengembangkan penemuannya. Kemudian diciptakanlah bahasa pemrograman HTML dan HTTP. Berlanjut lagi ke tahun 1993, dimana Mosaic, situs pencari pertama dirilis.

Di era 90-an tersebut kemudian banyak bermunculan situs penyedia email dan layanan online seperti Yahoo, Amazon dan eBay. Sedangkan Google sendiri, hadir pada tahun 1998 dan berhasil menjadi salah satu raksasa besar di dunia sekarang ini.


Era 2000-an

Jejaring sosial atau yang lebih akrab disebut Sosmed, baru tiba di era 2000-an. Mulai dari Mark Zuckerberg dengan sosial media ciptaannya yang bernama Thefacebook (2003).

Kemudian ponsel pintar atau smartphone diciptakan dan dirilis oleh raksasa Apple. Perangkat tersebut adalah iPhone. Dan tahun 2009, menjadi hari jadi atau Anniversary internet yang ke-40. Kemudian di tahun 2010, Instagram ikut meramaikan internet.

Mengenal apa itu internet dan sejarah internet di dunia by teknodaim 2
Gambar: Livemint.com

Berselang beberapa tahun, pengguna internet dan sosial media terus melonjak hingga Instagram yang menembus angka 400 juta pengguna di tahun 2015. Sedangkan Twitter masih tercatat hanya punya kurang lebih 300 juta pengguna.

Dan seperti yang kita kenal sekarang, internet dan pecahan-pecahannya sudah memiliki kecanggihan yang maju pesat. Ditambah lagi dengan adanya berbagai Startup lokal berkualitas seperti Tokopedia dan Bukalapak. Perkembangan internet.


Kalau kamu sendiri, apakah ada sesuatu atau kontribusi yang ingin kamu berikan untuk dunia internet? Mungkin sekarang kamu sudah banyak melakukannya. Itulah tadi sedikit tentang sejarah dan perkembangan internet, semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
2 Metode Online Untuk Menghindarkan Anak dari Konten Negatif di Internet