5 Cara Mengatasi HP yang Terkena Atau Tercelup Air

in , , , ,
Cara mengeringkan hp tercelup air dan cara mengatasi hp yang tercelup air by teknodaim

Salah satu kecerobohan yang tidak jarang dilakukan pengguna Smartphone adalah meletakan perangkat tersebut dekat dengan air. Jika tercebur, adakah cara mengatasi HP yang tercelup atau cara mengeringkan HP tercelup air yang bisa dilakukan?

Cara Mengatasi HP Terkena Air

Setidaknya ada 5 hal hal yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama yang harus disegerakan ketika ponsel sudah diangkat dari air. Silahkan jauhkan perangkat dari area berair terlebih dahulu, lalu silahkan ikuti tips-tips berikut ini:


1. Langsung di Shutdown

Cara mengeringkan hp tercelup air dan cara mengatasi hp yang tercelup air by teknodaim
Gambar: Tipsiana.com

Cara mengatasi HP yang tercelup pertama adalah dengan mematikan perangkat terlebih dahulu. Ketika ponsel atau smartphone sudah dalam keadaan basah kuyup, jangan panik dan melakukan pengecekan fungsi saat hidup. Langsung matikan.

Karena air adalah zat yang bisa dibilang musuh dari komponen-komponen elektronik. Karena aliran listrik DC tetap saja adalah api, dan benar saja! Air akan memadamkan api ketika sudah ketemu. Ingat, jangan panik dan matikan perangkat.


2. Copot Komponen yang Dapat Dipisah

Cara mengeringkan hp tercelup air dan cara mengatasi hp yang tercelup air by teknodaim
Gambar: Asep Boelle

Kemudian lepaskan baterai, SIM Card serta SD Card dari perangkat ponsel, dan kalau bisa lepas casing HP jika memungkinkan tanp merusak bagian-bagiannya. Hal ini adalah upaya untuk meminimalisir penyebaran air ke komponen elektronik.


3. Pengeringan

Gambar: Ilustrasi Cara Mengatasi HP Terkena Air

Setelah tahap kedua selesai dilakukan, segera taruh HP atau smartphone ke kain kering dengan mengelap bagian-bagian yang bisa dijangkau. Jangan ditiup, tapi tarik air keluar menggunakan Vacuum Cleaner. Dan jangan nyalakan HP dulu sementara.


4. Masukkan ke Beras

Gambar: Ilustrasi Cara Mengatasi HP Terkena Air

Sekarang, masukkan ponsel yang terkena air ke dalam kantung atau tempat penyimpanan beras. Karena beras dapat menyerap kelembapan air dengan cepat, jangan hidupkan ponsel kurang lebih selama 24 jam. cara mengatasi HP terkena air.


5. Jangan Lakukan Hal Berikut

Jangan mengeringkan HP di bawah terik matahari, karena dapat membuat komponennya jadi karatan. Serta jangan terlalu sering menggerakannya karena dapat mendorong penyebaran air semakin luas. Silahkan Share tips ini ke teman-teman.


Bukan berarti dengan cara diatas maka ponsel atau smartphone yang terlanjur tercelup atau terkena air dapat selamat ya. Setidaknya itulah beberapa cara mengeringkan HP tercelup air yang disarankan. Sekian dan semoga bermanfaat.